13 Sep 2021

Integrasi Multi Moda Transportasi Pertama di Indonesia

 

KAI berkolaborasi dengan perusahaan transportasi Bluebird, guna melakukan pemesanan tiket kereta dan taksi dengan lebih mudah. Masyarakat bisa mengakses melalui aplikasi KAI Access, untuk memesan dan melakukan pembayaran.

Kolaborasi ini juga menjadi integrasi multimoda transportasi pertama di Indonesia yang meliputi integrasi layanan hingga ke sistem pembayaran.

Kerjasama mencakup First Mile yaitu transportasi penjemputan dari lokasi awal ke stasiun keberangkatan.

Semakin luasnya jangkauan kerja sama, diyakini mampu meningkatkan aksesibilitas, kemudahan, dan kenyamanan mobilitas bagi masyarakat pengguna transportasi massal, serta sebagai wujud nyata peningkatan kualitas layanan transportasi darat melalui kolaborasi transformasi digital kedua perusahaan.

Menurut Didiek Hartantyo , Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero), peluncuran layanan First Mile memberikan kemudahan aksesibilitas, integrasi, dan kenyamanan kepada pelanggan KAI untuk memanfaatkan taksi.

Diharapkan sinergi ini akan melahirkan inovasi, guna memperluas fitur-fitur layanan yang telah tersedia dalam aplikasi KAI Access. Tujuannya tidak lain demi kenyamanan, kepercayaan, serta keselamatan kepada para pelanggan.

 

Sementara itu, Direktur Niaga KAI Dadan Rudiansyah menambahkan, diharapkan animo masyarakat berkereta semakin meningkat dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai kebijakan pemerintah.

Oya, layanan First Mile dan Last Mile, sementara ini hanya untuk layanan Kereta Api Jarak Jauh. Pemesanan layanan dapat dilakukan bersamaan dengan pemesanan tiket keretanya, ataupun terpisah dengan pemesanan tiket kereta.

Sementara itu untuk pemesanan layanan tambahan taksi, bisa dilakukan bersamaan dengan tiket kereta, di halaman Rincian Pemesanan, lalu pilih layanan tambahan taksi melalui menu “Taksi”.

Jika dilakukan terpisah dengan pemesanan tiket kereta, maka pilih terlebih dulu kode booking tiket kereta yang akan ditambahkan layanan First Mile dan Last Mile, lalu pada halaman Detail Tiket pilih menu “layanan” dan selanjutnya pilih menu “Taksi”. 

Pengguna KAI Access dapat menikmati fitur FixedPrice, untuk memaksimalkan kenyamanan saat bepergian. Fitur FixedPrice memberikan skema harga pasti kepada para pengguna terlepas dari situasi di jalanan yang tidak menentu, termasuk macet sehingga memberikan ketenangan ekstra dari perjalanan firstmile maupun lastmile hingga tempat tujuan.

Saat ini layanan First Mile dan Last Mile, dapat digunakan untuk stasiun keberangkatan dan kedatangan yaitu Gambir, Pasar Senen, Bandung, Semarang Tawang, Semarang Poncol, Yogyakarta, Surabaya Gubeng dan Surabaya Pasar Turi. Kedepan jumlah stasiun yang melayani akan ditambah secara bertahap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA