22 Sep 2021

Program Jakarta Film Fund Mencari Pembuat Film Baru


Di tengah pandemi, Jakarta Film Week, festival film berskala internasional menghidupkan semangat berkreasi para pelaku industri perfilman.

Salah satu program yang dihadirkan adalah Jakarta Film Fund, kompetisi ide cerita untuk pembuatan film pendek yang memberi dukungan produksi, teknis, dan pelatihan untuk lima proposal yang terpilih.

Hingga pendaftaran hari terakhir, terhitung 141 proposal film pendek. Jumlah ini menunjukkan tingginya minat pembuat film untuk mengikuti kegiatan yang diinisiasi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta. 

“Ini sangat menggembirakan, sebab Jakarta Film Week tidak hanya menjadi momentum bangkit kembalinya industri perfilman, tapi juga mendorong regenerasi sineas di Indonesia,” ungkap Lisa Siregar,  koodinator program Jakarta Film Week.

Dari proposal ide cerita terdaftar, telah dikurasi dan 10 proposal ide cerita terpilih berhak mengikuti pitching forum. Dari pitching forum tersebut.

Kemudian disaring menjadi lima proposal terbaik, yang mendapatkan dana bantuan produksi masing-masing sebesar Rp 30.000.000,-.

Juri berkompeten yang  memilih lima proposal terbaik,  tiga diantaranya,  Gumilar Ekalaya, selaku Plt. Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Yoesep Anggi Noen, sutradara dan penulis skenario dan Ahni Ariatama mewakili Dewan Kesenian Jakarta.

Beberapa narasumber yang akan berpartisipasi, Irfan Ramli, Gita Fara,  Andhy Pulung dan Yosep Anggi Noen.

Berikut Lima pemenang proposal ide cerita Jakarta Film Fund yang terpilih adalah; And That What Married is (Vivian Felicia Idris), One Night in Chinatown (William Adiguna), Ringroad (Andrew Kose), Sebelum malam Hari, Kita Masih Bersama (Cindyfia Gusdiah Wati) dan Suatu Hari di Tempat pemancingan (Mohamad Alfath Kamil).

Semua film telah selesai diproduksi akan ditayangkan pada saat festival berlangsung, yaitu pada 18 hingga 21 November 2021.

 

Selain Jakarta Film Fund, masih ada program lainnya yang bisa diikuti oleh para pembuat film dalam dan luar negeri, yaitu program Film Submission.

Pembuat film dapat berpartisipasi dengan mendaftarkan film panjang dan pendek melalui situs www.jakartafilmweek.com dibuka hingga 30 September 2021.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA