15 Feb 2021

Inspirasi Hidup Sehat Melalui Buah

Saya masih ingat, ketika memenangi blog competition bertema kebiasaan hidup sehat. Cara penyerahan hadiah cukup unik, yaitu saya diberdirikan di timbangan besar. Saya ada di satu bagian, di seberang adalah buah yang dimasukkan kardus.

Ada kejadian lucu sekaligus memalukan, ketika buah diletakkan di sisi timbangan tetapi tak lekas terangkat. Semangka super besar, nanas super berat, apel, jambu, melon, jeruk, buah naga, terus ditumpuk dan ditumpuk. 

Beriringan gemuruh tepuk tangan, tawa penonton tak bisa disamarkan melihat proses penimbangan. Musababnya adalah berat badan saya yang jumbo, akhirnya musti ditebus dengan lima kardus besar isi buah.

Rasanya lega begitu pengungkit terangkat, menyelamatkan saya dari muka merah padam. Setelah acara timbang badan, saya masih mendapat kiriman sampai beberapa bulan ke depan.

Selepas kejadian ini, masalah berat badan belum selesai. Jalan kemana-mana tubuh ini terasa berat, kaos dan celana tak muat. Kepala kerap pusing, kecapekan sedikit saja masuk angin. Hingga saya mendapat kesempatan, mengikuti lomba dengan tema obesitas. 

Terbukalah sisi gelap di benak, bahwa gemuk saya adalah gemuk tidak sehat. Saya mendapat jadwal konsultasi degan ahli nutrisi, dan sungguh membuka lebar pikiran. Betapa selama ini saya salah menerapkan gaya hidup, sangat membuka kemungkinan sakit parah kalau diteruskan. 

Terutama soal konsumsi makanan, banyak yang harus dikoreksi. Buah dan sayur menjadi asupan wajib konsumsi, saya disarankan mengurangi karbohidrat hindari gorengan. Makan dan minuman manis diabaikan, memperbanyak air putih atau sesekali teh tanpa gula. Satu tak boleh kelupaan adalah Olah Raga.

Sejak saat itu, saya giat berolah raga diimbangi makan buah dan sayuran. Perlu upaya keras merubah kebiasaan, terutama aktif bergerak dengan makan teratur. Seminggu dua minggu mulai terasa perubahan, jarum di timbangan badan bergerak turun.

Tanpa terasa lima tahun berjalan, saya jatuh bangun mempertahakan gaya hidup sehat. Dan asupan kaya serat salah satunya buah, benar-benar menjadi inspirasi.

Semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. Mantap. Saya juga penggemar berat buah buahan. Sarapan dan makan malam dengan buah, kecuali saat kuliner he..he...Semoga bisa konsisten kayak Om sapa dunia

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya