14 Feb 2021

Atasi Kepadatan Hari Senin KAI Commuter Siapkan Rekayasa dan Himbauan Pengguna KRL

dok KAI

Hari Senin adalah hari dimulai kesibukan, maka tak heran kalau dibarengi kepadatan di transportasi massal. Termasuk KRL Commuter Line, terjadi lonjakan pengguna tertinggi. Pada hari Senin (8/2) lalu saja, tercatat 389.275 pengguna KRL.

Mengantisipasi kepadatan yang sama, KAI Commuter menghimbau pengguna untuk memanfaatkan hari Minggu untuk kembali ke tempat beraktifitas selama hari kerja. KAI Commuter juga melakukan penyesuaian jadwal operasional, mengacu pada penerapan Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) 2021 (berlaku sejak 10 Februari). 

Jam operasional perjalanan KRL Commuter Line Jabodetabek adalah 04:00 - 22:00 WIB. Pada 10 Februari KAI mengoperasikan 984 KRL, dan per senin (15/2’21) menjadi 986 perjalanan dengan 93 loop yang beroperasi.

Pola operasi perjalanan KRL lintas Bekasi – Manggarai/Jakarta Kota, KAI Commuter akan mengatur sejumlah pola operasional perjalanan KRL, antara lain:  Pukul 07.20 tersedia pemberangkatan dari Stasiun Bekasi tujuan Stasiun Manggarai ; Memperpanjang relasi perjalanan KRL No.1361 yang sebelumnya hanya sampai Stasiun Manggarai (relasi Bekasi-Manggarai), diperpanjang relasi tujuannya hungga Stasiun Jakarta Kota (relasi Manggarai-Jakarta Kota) dengan jadwal keberangkatan tetap sama pada pukul 08:08 WIB.

Pada lintas Bogor/Depok – Manggarai/Jakarta Kota, KAI Commuter melakukan perubahan pola operasi perjalanan dengan memperpanjang relasi sejumlah perjalanan KRL dari Stasiun Bogor, yaitu:

- Perjalanan KRL KA 1097 dengan jadwal pemberangkatan dari Stasiun Bogor 07:55 WIB (sebelumnya hanya sampai Stasiun Depok), mulai Senin berubah relasi perjalanannya menjadi tujuan akhir Stasiun Jakarta Kota (relasi Bogor-Jakarta Kota)

- Perjalanan KRL KA 1103 jadwal keberangkatan Stasiun Bogor 08:25 WIB dengan tujuan Depok (relasi Bogor-Depok), mulai Senin esok berubah untuk mengakomodir kebutuhan penggunanya menjadi tujuan akhir perjalanan ke Stasiun Manggarai (relasi Bogor-Manggarai).

KAI Commuter melakukan pengaturan kuota dinamis, agar jumlah pengguna  KRL bisa diatur di seluruh lintas. Terutama Lintas Bogor, Depok, Bekasi, Cikarang dan beberapa stasiun. Guna menjaga physical distancing, dengan jumlah 74 orang di dalam tiap kereta. 

Pada hari Senin pagi, pengguna yang memiliki lokasi aktifitas berbeda saat hari kerja disarankan memanfaatkan hari minggu untuk kembali.

Sementara kesibukan pengguna KRL di hari-hari kerja, fokus pada jam sibuk pukul 07.00-08.00 WIB di pagi hari dan pukul 17.00-18.00 WIB pada jam sibuk sore hari.

Dengan perubahan dan penambahan perjalanan ini, diharapkan mendapat dukungan dan pengguna bisa beradaptasi.

Untuk jadwal terbaru KRL Commuter Line, silakan diakses melalui www.krl.co.id.  Atau bisa dilihat melalui aplikasi KRL Access di platform Android maupun iOS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya