17 Mar 2020

Prudential Indonesia Lahirkan Pengusaha Muda Papua Profesional dan Tangguh

Penerima Apresiasi Program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda, dari Prudential Indonesia- dok Prudential


Siapapun pasti turut bangga, kalau melihat anak-anak muda berprestasi. Mereka dengan darah muda segar, tak henti berbuat yang terbaik dan terus menginspirasi orang di sekelilingnya.
Termasuk 33 anak-anak muda Papua, yang baru saja lulus dalam program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda (Youth Entrepreneurship Education).

Mungkin, sebagian kita ada yang memandang Papua dengan sebelah mata. Padahal, Papua dan anak-anak mudanya tak kalah hebat dan keren.
Buktinya, pada pertengahan bulan februari lalu,  PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dibantu Prestasi Junior Indonesia (PJI) mengumumkan 33 pengusaha muda professional baru Papua .

Nah, para pengusaha muda Papua ini, siap menjadi super Papuanpreneurs, melanjutkan perjuangan membangun usaha serta menjadi inspirasi dan panutan bagi para pemuda Papua lainnya.
Saya sendiri dibuat takjub, sembari merenung dan introspeksi, tentang apa yang sudah saya lakukan untuk orang sekitar – jadi malu pada diri sendiri.

Hadir pada kesempatan istimewa, Bapak Rinaldi Mudahar, Country CEO, Community Investment Prudential Indonesia,  dalam sambutannya beliau menyampaikan, bahwa selama hampir 25 tahun di Indonesia, Prudential Indonesia berkomitmen tidak hanya memberikan perlindungan jangka panjang, tetapi juga berkontribusi secara berkelanjutan, memberdayakan dan menyejahterakan komunitas.

Dan program Youth Entrepreneurship Education adalah wujud kerja nyata Prudential Indonesia, “Setelah mengikuti pendampingan dan pembinaan intensif selama 9 bulan, 33 pengusaha muda lulusan program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda siap melangkah lebih jauh untuk menciptakan kesuksesan serta memberikan dampak positif di komunitasnya masing-masing.” Ujar Rinaldi.

Saya bisa menyaksikan, wajah wajah muda penuh semangat dan optimisme tinggi, cerminan masa depan Papua yang lebih baik.
Kemudian Prudential Indonesia meyakini, bahwa sektor kewirausahaan memiliki peranan sangat besar guna mendorong pertumbuhan perekonomian.

Sebagai negara berkembang, kewirausahaan di Indonesia sangat bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru.
Kewirausahaan juga mampu menyerap tenaga kerja dan mengurangi jumlah pengangguran, meningkatkan pendapatan masyarakat serta meningkatkan produktivitas.

Hal itu pula lah yang menjadi salah satu alasan Prudential Indonesia menyelenggarakan program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda ini,” imbuh Rinaldi.

Upaya Prudential, sejalan dengan upaya Pemerintah yang terus mendorong geliat ekonomi kerakyatan secara merata termasuk Papua.
Pertumbuhan penduduk usia produktif di Papua sedang meningkat, Indeks Pembangunan Manusia Papua mengalami kemajuan hingga 60,06 pada 2018 dengan memiliki 18 ribu UMKM.
Rinaldi Muhadar (tengah) bersama, Dr Drs. Benhur Tomi Mano, Walikota Jayapura- dok Prudential
Pada kesempatan yang sama, DR. Drs. Benhur Tomi Mano, MM, Wali Kota Jayapura menyatakan dukungan penuh kepada program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda.
Pemerintah Kota Jayapura, melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Jayapura, siap dalam upaya pembinaan pengusaha muda lulusan program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda ini.

Selamat kepada para lulusan yang berhasil mengembangkan kapasitas dirinya sebagai pengusaha muda melalui program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda.  Saya juga berterimakasih atas upaya Prudential Indonesia yang melihat dan memaksimalkan potensi pengusaha muda di Jayapura,” ucap Walikota Papua

Prudential Indonesia dengan “We DO Good”-nya, berkomitmen mewujudkan kebajikan dan memberdayakan masyarakat.
Terdapat pilar“Pemberdayaan Indonesia Timur” sebagai bagian dari inisiatif Community Investment Prudential Indonesia.  Sekaligus menjadi langkah konkrit Prudential Indonesia,  guna mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di wilayah Papua.

Program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda, dimulai akhir 2018 dengan berbagai tahapan mulai dari analisis, pendaftaran, penyaringan.
Kemudian masuk tahap seleksi pada 2019, disajikan dalam bentuk workshop untuk melihat kemampuan dan komitmen para pemuda dalam mengikuti program.

Untuk lebih mengasah wawasan dan pengalaman, peserta workshop diajak mengikuti pameran, seperti di pasar mama-mama hingga kegiatan PRURide Indonesia 2019 di Yogyakarta. Seluruh lulusan diajak merasakan langsung, dampak program untuk kemajuan bisnis mereka.

Tercatat 87,8% pengusaha muda,  kini lebih menyadari pentingnya pengelolaan keuangan bisnis. Mereka mulai memiliki kemampuan, melakukan pelaporan keuangan dengan baik.
Sepanjang Mei 2019 hingga Januari 2020, 23 dari 33 peserta workshop, telah berhasil memberdayakan komunitas di sekitarnya. Total Jumlah karyawan diperkerjakan meningkat 46%, ada yang mengalami peningkatan omzet bisnis mencapai 3.890%.
Tiga peserta workshop penerima apresiasi dari Prudential

Prudential Indonesia, juga memberi apresiasi kepada tiga lulusan terbaik. Mereka adalah Paideia Gratia Sumihe  pemilik brand “Gracys Curls” yaitu bisnis gel khusus rambut keriting (pas banget buat kaum muda Papua).
Kemudian kepada Yafeth Wetipo dengan “Highland Roastery” yaitu bisnis kopi khas Papua. Waw, pecinta kopi, kalian musti rasakan kopi Papua. Dan satu lagi kepada Agustina Maria Ayomi pemilik bisnis salon dan anting sekam Wamena “Tine Salon”.

Yeaaay, selamaat !!!

Eit’s, masih ada lagi. Agar dampak baik ini sustain, Prudential Indonesia mendokumentasikan seluruh proses, semangat dan harapan dari seluruh lulusan program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda melalui buku “Super Papuanpreneurs”. (kereeen)

Kedepannya, Prudential Indonesia akan tetap melanjutkan komitmennya untuk mengembangkan kewirausahaan di Indonesia timur agar makin banyak pengusaha muda yang dapat membantu mengoptimalkan perekonomian di wilayah mereka dan mendukung peningkatan perekonomian secara nasional,” tutup Rinaldi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya