29 Okt 2016

Kekuatan Content Sebagai Brand Blogger [Gathering Serempak]

Narasumber "The Power of Content" Serempak -dokpri
27 Oktober 2016 adalah Hari Blogger Nasional, bertepatan Blogger hadir di acara Gathering Serempak. Bertempat di BINUS FX Sudirman, kami mendapat pencerahaan tentang "The Power of Content". Acara semakin semarak dan menarik, karena dress code hari ini adalah "touch of nationality". Blogger berbaju sentuhan daerah, dengan ornamen yang mudah dikenali.
Ibu Ratna dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), menjadi pembicara perdana menyampaikan "Keberhasilan pembangunan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dalam rangka mewujudkan kesetaraan gender, perlu mendapat dukungan dari semua pihak dan stage holder."
Bertepatan dengan hari blogger juga, Ibu Ratna berharap Blogger lebih kreatif dan berperan serta mendukung program KPPPA.  Antara pemerintah, masyarakat dan swasta, harus mengawal content yang berkualitas. Seputar Perempuan dan Anak (Serempak), dapat menyajikan Power of Content yang mendukung keberhasilan program KPPPA.
Keberhasilan pembangunan, tidak bisa lepas dari kualitas sumberdaya manusia. Pada point ini jelas, peran perempuan sangat penting dalam mendidik anak-anak dengan penuh kasih sayang.
Melihat dinamika yang terjadi, informasi dan teknologi musti dimanfaatkan. Perkembangan terkini atau isu tentang Perempuan dan Anak, harus disebarkan pada masyarakat. Karena masyarakat, sebagai pemanfaat dan penerima utama hasil pembangunan.
Tahun 2016 serempak ingin dijadikan portal interaktif, sebagai jembatan antara masyarakat dengan KPPPA. Masukan-masukan dari masyarakat akan difilter, tidak terbatas pada artikel tapi juga pada kegiatan langsung. Menemukenali kekuatan perempuan dari semua sisi, sehingga potensi perempuan benar-benar terangkat.
Teknologi tak dapat dipisahkan dalam kehidupan, harus ada usaha untuk mendapatkan value.
Three Ends sebagai program utama KPPPA, adalah
1. Upaya mengakhiri/ meminimalisasi terjadinya kekerasan terhadap Perempuan dan Anak.
2. Upaya bersama mengakhiri Human Traficking.
3. Upaya meningkatkan ekonomi Keluarga
Tahun 2017 KPPPA mendorong keterwakilan perempuan di politik, tidak hanya politik praktis tapi keterlibatan dalam pengambilan keputusan.
-o0o-
Kang Maman Suherman sebagai pembicara kedua, cukup memukau peserta yang hadir. Beliau tak seperti presentasi pada umumnya, tapi menyentuh kalbu peserta yang hadir. Sungguh saya merasakan sesuatu yang beda, gaya komunikasi yang sangat bagus.
"Seorang ibu menolong anak yang hangus terbakar, orang mengira meninggal karena ledakan tabung gas. Setelah diusut bukan itu sebabnya, tetapi karena ibunya gagal diperkosa. Si pemerkosa membakar rumah, agar jejak kelakuan bejat hilang jejak. Persoalan perkosaan bukan soal rok mini, tapi karena otak mini." --keren banget kan--
Data Komnas Perempuan tahun 2016, terdapat ada 321.752 kekerasan seksual terhadap perempuan. Artinya setiap hari, terjadi kekerasan seksual sebanyak 35 kali. Indonesia menjadi negara terbesar, untuk korban perdagangan manusia. Data dari organisasi migran, 50 % TKW menjadi korban perdagangan manusia.
Cara pandang sebagai blogger harus dirubah, perempuan bekerja jangan dianggap mencari tambahan. Perempuan sebagai pilar utama keluarga, bahwa kehadirannya sangat penting bagi keluarga.
Perlu dibuat Pusat Koordinasi Pelayanan Terpadu di 34 titik. Pusat Krisis Ibu dan Anak, Kelompok Perlindungan Anak tingkat Desa. Sampai ada satgas perlindungan perdagangan perempuan dan anak, yang berdiri di Pelabuhan dan Bandara sebagai pintu gerbang negara. --Persolan perempuan bukan persoalan perempuan tapi persoalan kemanusiaan-- (Keren abis).
Inna R Muwani, Deputi Head of marketing Program Binus Bussines School Jakarta -dokpri
Ibu Inna R Muwani, selaku Deputi Head of marketing Program Binus Bussines School Jakarta. Menyampaikan "Blogger sangat perlu branding, agar dikenal pembacanya. Branding adalah sebuah identitas, yang membedakan satu blog dengan blog lain."
Aturan Branding ;
1. Kenali target audience ;  Siapa pembaca anda, harus disesuaikan baik materi tulisan atau gaya bahasa.
2. Tema; Kita tidak bisa menjadi apa saja untuk siapa saja, tapi jadilah seseorang menjadi satu kelompok. Spesifikasi tulisan, akan diterima pada segmen tertentu
3. Pilih Nama Blog ; Tentu menyesuaikan segmen market, sehingga pembaca mudah mengingat.
4. Pilih Warna, Fonts, Logo, Tagline
Pasarkan tulisan anda, melalui share di medsos, comment dan commet, kemudian perhatikan SEO.  
Ani Berta, Blogger pernuh dedikasi -dokpri
Ani Berta menjadi pembicara ketiga, seorang blogger ternama dan penuh dedikasi.
Ani Berta cukup prihatin, melihat beberapa blogger yang kurang "bertanggung jawab". Hanya senang datang ke suatu acara, tapi tidak pernah membuat tulisan.
Sifat tulisan ada yang berupa hard news, sehingga musti cepat publish supaya tidak kehilangan moment. Tenggat waktu maksimum 2 hari, dengan memperhatikan unsur 5 W 1 H.  Selain itu ada type feature stories, perlu narasi, wawancara, obeservasi, pengalaman dan kepiawaian mengambil sudut pandang.
Agar menjadi tulisan berkarakter, sebaiknya perhatikan hal berikut :
- Interview
- Data
- Verifikasi
- Reporting/ Laporan
- Dokumentasi pendukung ; (foto, Video, Infografis)
- Opini yang logis.
- Bisa Mengundang orang tergerak melakukan sesuatu.
Pembicara terakhir Bapak Erwin dari Nawala,
Beliau berkisah awal mula ngeblog, kemudian berkecimpung di IT. Pak Erwin juga mempelopori, pembuatan filter yang memblokir situs tidak mendidik. Hal ini berangkat dari usahanya di warnet, yang kerap mengetahui anak-anak membuka situs dewasa. Kini lebih focus pada bidang IT, tiga tahun sudah tidak mengupdate blog.
-0o0-
Secara keseluruhan, Gathering Serempak membuka wawasan baru. Sebagai laki-laki, tidak ada salahnya melibatkan diri dalam mendorong kesetaraan hak dan kewajiban. Sebagai suami dan ayah, saya mulai dengan menerapkan di keluarga kecil di rumah.

kalau saja setiap rumah, suami istri dan anak saling menghormati dan menyayangi. Niscaya permasalahan kekerasan terhadapa perempuan dan anak, bisa diminimalisir atau dinihilkan. -salam Serempak-

8 komentar:

  1. aku paling suka kata-kata kang Maman. Beliau ini memang jago megolah kata-kata yaa. Kayaknya kita-kita boleh nih minta kang Maman ngajarin kita mengolah kata-kata ya

    BalasHapus
  2. Gaya Kang Maman serius tapi santai ☺

    BalasHapus
  3. Wah, acaranya seru ya, udah kebayang dari ulassn di blog ini, kaya ilmu

    BalasHapus
  4. Blogger menjadi salah satu pemegang peran penting penyebaran informasi di jagad maya. Oleh karenanya perlu perhatian lebih dari berbagai pihak. Terlebih oleh blogger itu sendiri terhadap konten yang diberikan. Salam hangat

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya