Sabtu, 12 Mei 2018

Melihat Lebih Dekat Produksi Kulkas Halal Sharp Indonesia


Jurnalis dan blogger dalam kunjungan parbrik Sharp Indonesia di Karawang - dokpri


Kulkas Halal Sharp? rasanya masih belum terlalu percaya. Sejauh pengetahuan saya, belum pernah ada kulkas dengan sertifikasi Halal selain kulkas produksi Sharp.
Tapi bicara kulkas, membawa ingatan pada masa masih penganten baru. Sebagai pasangan muda yang tinggal di rumah kontrakkan, kulkas menjadi barang wajib ada –mungkin anda berpendirian sama, hehehe.
Perabot rumah tangga ajaib ini, --seolah-- menjadi ‘penyelamat’ perut pasangan baru. Maklum, di kontrakkan hanya tersedia peralatan masak seadanya.

Setiap ada makanan siap santap dan belum habis, kulkas menjadi tempat menyimpan – yang saya anggap – paling tepat.
Alhasil jangan kaget ya, kalau membuka pintu kulkas di rumah kontrakkan kala itu, layaknya membuka kotak harta karun.
Ada semangkuk sayur lodeh, setengah porsi pagut lele campur opor tempe –di wadah yang sama--  dan sambal terasi berjajar di rak tengah, di atasnya ada irisan buah dan sepotong puding, di bagian freeser ada es beku berisisihan es kelapa muda dibungkus plastik-- hahaha.
Begitu kulkas terbuka, Indera penciuman sudah kebal, disambut dengan campur baur aroma aneka makanan --hahaha.
display produk Sharp di loby pabrik - dokpri
Belakangan ada yang membuat saya terhenyak, ketika medsos sedang ramai membincangkan perihal Kulkas Halal.
Iya, Kulkas halal !  masih bingung kan? saya sendiri juga sempat bingung. Sampai akhirnya mendapat pencerahan, ketika ikut dalam “Kunjungan Pabrik Sharp” di Karawang.

Ketika kaki ini sampai di kawasan pabrik PT. Sharp Electronics Indonesia (SEID), saya dibuat terkagum-kagum.
Di atas lahan seluas 31 hektare di Karawang International Industrial City (KIIC), berdiri pabrik yang merupakan pabrik electronik rumah tangga terbesar dimiliki Sharp di seluruh dunia.

Dari pabrik yang luar biasa inilah, Sharp membuat terbosan baru, yaitu menghadirkan Kulkas dengan sertifikasi halal dari Mejelis Ulama Indonesia (MUI).
Inovasi Sharp Indonesia terbilang cukup ‘out of the box’, saya yakin belum ada produk kompetitor yang kepikiran membuat kulkas berlabel halal.

Peluncuran Kulkas Halal Sharp, selain dalam rangka menyambut datangnya bulan Ramadhan, juga melihat kebutuhan konnsumen muslim di Indonesia.

Turut serta dalam acara kunjungan pabrik Sharp, Tadashi Ohyama, beliau belum lama ditunjuk sebagai Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia.
Di awal kepemimpinan Presdir baru, Sharp Indonesia berinovasi dengan label halal pada produk Kulkasnya—hebat pastinya.
Tadasyi Ohyama, Presiden Direktur Sharp Indonesia - dokumentasi detik,net

Kami akan mencoba membawa lebih banyak produk terbaru yang semakin canggih serta terus mengembangkan produk- produk yang sesuai dengan karakteristik konsumen Indonesa,” Ujar Tadashi.

Sharp Indonesia, terhitung jeli melihat peluang pada konsumen muslim Indonesia yang sangat peduli dengan label halal.
Sejalan dengan komitmen Sharp, selalu mengedepankan kebutuhan konsumen dan menjamin mutu serta kualitas produk kulkas.

Tak mengherankan, jika mengacu data yang dikeluarkan bulan Maret 2018, Sharp tampak menguasai pasar hingga 26,6%.
Angka market share ini sekaligus memantapkan PT.Sharp Indonesia, sebagai produsen kulkas nomor satu di Indonesia.
Afka Aditya, Produk marketing Sharp Indonesia -dokpri

Afka Aditya, selaku Produk Marketing Sharp Indonesia, mengakui adanya tantangan dari management untuk terus menciptakan sesuatu yang baru.
Hingga akhirnya tercetus sebuah ide, tentang kebutuhan konsumen muslim Indonesia akan keutamaan produk halal.
Halal ketika diterapkan pada kulkas, halal pada material digunakan dan konteks produksinya,” ujar Afka di hadapan jurnalist dan blogger.

Lebih lanjut, Afka juga meluruskan opini netizen di medsos, bahwa dengan label halal di Kulkas Sharp, bukan berarti bahan makanan yang haram berubah halal ketika disimpan di kulkas Sharp.
Namun label halal di kulkas Sharp, lebih pada keinginan memberikan jaminan keamanan pada konsumen untuk menggunakan kulkas Sharap.


Pada kesempatan yang sama, hadir Dr, Ir, H Muslich, Msi, Head of QA & Standart LPPOM MUI sekaligus Senior Auditor LPPOM MUI.
Menurut Muslich, Sertifikasi produk Lemari es dan Freezer rumahan, akan memberikan ketentraman umat, memudahkan sertifikasi produk lainnya, serta meningkatkan reputasi produk Sharp sebagai produk halal.

Sifat sertifikasi halal pada kulkas adalah sukarela, dengan menerapkan standart sertifikasi HAS 23.000, meliputi ; Kebijkan prosedur dan 11 kriteria Sistem Jaminan Halal (SJH).
Kajian MUI melalui dua sisi, yaitu secara sains (melalui LPPOM-MUI) dan secara agama (melalui kumpulan ulama di komisi fatwa MUI).

LPPOM-MUI mengechek fakta kandungan produk sekaligus mengkaji dari sains dan teknologi serta menjadi saksi proses produksi secara menyeluruh.
Hasil temuan tersebut, dibawa kepada komisi Fatwa MUI untuk menjelaskan status kehalalan produk tersebut.

Dalam acara kunjungan istimewa ini juga, saya tercerahkan perihal pemberian sertifikasi halal, yang selama ini saya tahu hanya pada makanan, obat dan kosmetik.
Ternyata barang gunaan juga sangat bisa dilabel halal, sebagai contoh aktual adalah label halal yang diperoleh kulkas Sharp pada 28 Maret 2018.

Tak tanggung-tanggung, SHARP Indonesia sukses mengantongi sertifikasi halal internasional (Cerol-SS 23000) dengan status A, kategori produk lemari es dan freeser produksi dalam negeri.

Kunjungan ke Pabrik Kulkas Halal Sharp

Melihat proses produksi Kulkas Halal, menjadi hal yang baru buat saya. Makanya saya cukup antusias, ketika tiba saatnya mengunjungi pabrik Sharp Indonesia.
Lima proses musti dilalui dalam produksi Kulkas Halal Sharp, sampai siap dipasarkan ke konsumen Indonesia.
Proses produksi kulkas halal Sharp - dokpri


Adalah Pre-PU Process, PU Process, Total Assy Process, Door Foaming and Assy, serta final Assembly and inspection process.

Secara garis besar proses produksi lemari es Sharp adalah sebagai berikut ;

  • Dari bahan baku dibuat case atau cabinet sesuai tipe lemari es yang hendak diproduksi.
  • Kemudian dilakukan proses penambahan pelat
  • Pelapisan polyurethane untuk insulator (agar udara dingin tidak keluar)
  • Perakitan kabel dan compressor
  • Test room
  • Cek kebocoran
  • Finishing
  • Packing
Kulkas halal Sharp siap dipasarkan -dokpri


Semua proses dilakukan, dengan perpaduan tenaga manusia dan tenaga robot pintar. Sehingga bisa terukur kecepatannya, dan bisa dipastikan kapasitas produksi.
Kulkas Halal Sharp produksi Pabrik SEID Karawang, untuk  memenuhi kebutuhan pasar di seluruh Indonesia.
Sementara untuk kemungkinan ekspor ke negara lain, tidak menutup kemungkinan apalagi untuk negara mayoritas muslim lainnya.

2 komentar:

  1. Keren ya Sharp Indonesia ini, produknya sudah terkenal sangat bagus,ditambah saat ini bersertifikat halal dari MUI. Jadi pengen ganti kulkas yg bersertifikat halal nih

    BalasHapus
  2. saya malah baru tahu kalau produk elektronik juga bisa diberi label halal dari MUI, bukan hanya produk konsumsi

    BalasHapus

Daftar Blog Saya