31 Mei 2018

Mobil88 Solusi Mendapatkan Mobil Bekas Berkualitas untuk Mudik


blogger Gathering Mobil88 -dokpri


Hari ini saya ada kegiatan jam 15, berarti masih punya waktu – pagi hari—untuk menyelesaikan PR tulisan – termasuk tulisan ini. Untuk kegiatan di seputaran Jakarta, biasanya saya berangkat dua jam sebelum jadwal dimulai. Berharap tidak telat sampai lokasi, sekaligus menghormati pengundang dengan datang lebih awal.

Namun, jalanan ibukota sangat tidak bisa diprediksi.  Pernah satu hari, di pintu keluar jalan tol daerah Veteran arah Tanah Kusir, terjadi kemacetan luar biasa. Kendaraan berjalan merambat, berusaha lolos dari simpul kemacetan.

Taukah biang kemacetan itu? Ternyata mobil mogok, posisinya persis di tengah-tengah  jalan hendak lepas keluar tol menuju Raya Veteran arah Tanah Kusir. Akibatnya kendaraan lain mau keluar tol tertahan, pun mobil hendak menuju tanah kusir terhambat – sempurna sudah.

Bayangkan, kalau hal ini terjadi saat mudik (amit amit semoga tidak ya). Kalau jalanan macet saat mudik, memang sudah lazim terjadi setiap tahun. Tapi kalau mobilnya yang mogok, bisa-bisa lebaran nungguin mobil di jalan.

Sampai ada guyonan, kalau beli mobil bekas buat mudik di tempat tidak tepat, sebaiknya sekalian beli tenda, siap-siap buat jagain mobil kalau mogok di jalanan’ ujar Halomoan Frischer, Presiden Direktur Mobil88 di acara Blogger Gathering bersama Mobil88, yang digelar di daerah Jakarta Selatan, pada akhir Mei 2018.

Acara Blogger gathering Mobil88 Ki-Ka Rally Marlina, Halomoan F, Aris H -dokpri
Acara keren ini, memberi pencerahan tentang pentingnya waspada membeli mobil bekas. Apalagi jelang lebaran, tiga minggu sebelum hari raya sampai hari H (lebaran), terjadi peningkatan siginifikan penjualan mobil bekas.
Ya, mobil bekas menjadi incaran pemudik. Karena proses jual beli relatif singkat, hari itu dilihat langsung bayar bisa dibawa pulang, atau paling lambat besok (tergantung sistem pembayaran).

Sementara untuk membeli mobil baru, kendaraan tidak bisa langsung pakai untuk mudik. Butuh 14 hari kerja mengurus STNK, memerlukan waktu tiga bulan mengurus BPKB. Eits, saya pernah  baca di portal berita, kertas STNK dan BPKB kosong.  Kalau kejadian (kertas kosong) lagi, kita musti menunggu lebih lama membawa mobil dengan aman dan tenang.

Mengapa mudik dengan mobil pribadi lebih diminati ? Aris Harvenda, selaku Editor otomotif kompas.com, yang didapuk sebagai moderator acara membeberkan alasannya.
(note; peningkatan sebesar 13.9%, penggunaan mobil pribadi untuk mudik terjadi tahun 2016 – 2017)
Waktu lebih flexible :
Gak usah mudik deh, kalau kita pergi ke luar kota (di luar hari raya) dengan pesawat atau kereta. Kita musti menyesuaikan waktu dengan jadwal keberangkatan pesawat atau kereta. Karena ada proses check-in dilalui, berarti kita harus berada di Bandara atau Stasiun kereta beberapa jam sebelum keberangkatan. Berangkat dari rumah sekian jam lebih awal, itupun kita musti jaga-jaga dengan kondisi jalanan yang macet.
Sementara lalu lintas ibukota jelang mudik, menuju Bandara atau stasiun pasti lebih butuh usaha ekstra. Meski jarak tempuhnya tetap, tapi waktu tempuh jadi molor tidak terkira.

Mudik dengan mobil sendiri, membuat kita leluasa mengatur waktu berangkat, menyesuaikan situasi kondisi. Bisa berangkat dini hari atau malam, dipilih waktu sekiranya lalu lintas Ibu kota lebih lengang.

Tidak Ada Batasan Barang Bawaan
Saya kebayang (karena pernah mengalami), mudik saat masih punya balita, banyak printilan dibawa. Mulai dari susu sekalian termosnya, diapers, baju bayi, bedak, minyak telon dan sebagainya, butuh satu tas khusus untuk keperluan balita.  Belum koper untuk bawaan ayah ibunya, oleh-oleh untuk orang tua dan saudara di kampung.
Mudik dengan pesawat, ada batasan berat barang bawaan (20kg/ orang). Kalau mudik ajak balita, bisa –bisa kita musti menyiapkan dana tambahan untuk bagasi. Repot kan.
Pernah dong melihat, atap mobil dipasang roof box saat perjalanan jauh. Mudik dengan mobil sendiri, tidak ada batasan membawa barang bawaan. Asal bagasi dan tempat lain cukup, barang apapun bisa dibawa serta.

Tips Membeli Mobil Bekas

Jangan Tergiur Harga Murah ; ini dia penyakit konsumen, suka kalap dengan harga murah. Contoh paling mudah kalau ada discount, langsung beli padahal tidak terlalu butuh. Tapi semurah-murahnya mobil bekas, tetap saja nominal uangnya banyak. Jangan sampai, sudah senang dapat mobil harga miring, tapi malah tekor di kemudian hari.

Beli di Tempat Resmi dan Terpercaya : mendekati lebaran, biasanya ‘penjual nakal’ memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan. Bujuk rayu dikerahkan kepada calon konsumen, untuk keuntungan pribadi. Ujung-ujungnya, konsumen dirugikan, banyak spare part minta diganti, mesin musti diservice total.

Cek dan Richek : Jangan lupa chek body dan kondisi mobil, bahaya kalau mobil dibeli bekas tabrakan, bekas terendam banjir atau modifikasi. Chek juga dokumen kendaraan, jangan sampai nomor mesin dan nomor rangka tidak sesuai dengan dokumen.

Terkait membeli mobil bekas, pengalaman tidak mengenakkan dialami Rally Marlina, Penyiar Radio dan Pembalap Nasional.  Gara-gara terkesan dengan tampilan luar mobil, tanpa pikir panjang langsung dibeli. Setelah dibeli dan beberapa waktu dipakai, timbul masalah dengan mesin.  Begitu dibuka kap mesin, ternyata nomor rangkanya tidak sama.
mesinnya pernah dirombak untuk balapan,” ujar juara 1 GT Car Challenge 2007 Round 3 ini.

Pengalaman buruk tidak berhenti di situ, saat mobil dibawa untuk perjalanan jauh via tol. Rutin mampir di rest areaternyata mendapati radiator bocor. Akhirnya Rally kapok, membeli mobil bekas di tempat yang tidak resmi. “sebaiknya beli di tempat yang ada guarantee, mobil jelas perawatannya,” pesan Rally Marlina.
Aris Harvenda dan Rally Marlina -dokpri

Cara Jitu Membeli Mobil Bekas untuk Mudik


Perjalanan mudik, bagi saya tidak hanya sekedar perjalanan pulang kampung. Kalau hanya mau ke kampung halaman saja, kapanpun bisa dilakukan tanpa menunggu lebaran. Namun, mudik saat lebaran, (bagi saya) tak ubahnya sebuah perjalanan spiritual.

kalau meeting dengan kolega bisa dengan video confrence, tapi tidak pas kalau dipakai untuk silaturahmi” Ujar Halomoan Frischer.

Ayah ibu, adalah dua orang paling berhak kita haturkan permohonan maaf. Ibu telah melahirkan dan mendidik kita, ayah dengan segenap upaya mencari nafkah untuk anak-anaknya. Yang masih bisa bersua orang tua, jangan disia-siakan kesempatan. Agar tidak menyesal di belakang hari, ketika dua orang tua sudah tiada.

Tren penjualan di pasar otomotif, selalu meningkat pesat jelang lebaran. Oknum penjual nakal, biasanya mengeluarkan stok mobil jelek sudah ngendon sejak stahun lalu. konsumen yang kepepet, dengan mudah tertipu muslihat penjual nakal.

Kalau ada yang bilang, “yang penting beli mobil dulu, nanti bisa service di bengkel.” Haloo..., jelang lebaran bengkel juga antre. Antrean mobil lain yang datang lebih dulu banyak, bisa-bisa mobil kita beli baru service setelah lebaran.
Halaoman Frischer, Presiden Direktur Mobil88 dalam acara Blogger Gathering Mobil88 - dokpri

Mobil88 sudah tigapuluh tahun beroperasi, terus melakukan perbaikan berkelanjutan demi pelayanan paripurna kepada konsumen. Mobil88 adalah dealer mobil bekas, anak usaha dari PT Astra International.

Apa jaminannya kalau beli mobil bekas di Mobil88 ?” tanya seorang blogger

Mobil tidak bermasalah : Setiap mobil yang didisplay di counter Mobil88, telah melewati serangkaian tahap cheking.  Pertama pada saat pembelian, ada karyawan ditraining khusus dan bertanggung jawab, mendeteksi apakah mobil yang akan dijual di Mobil88 adalah mobil bagus. Kemudian masuk dealer ada proses inspektion, dilanjutkan dengan proses rekondisi. Setelah mobil didisplay dan dibeli konsumen, sebelum diserahkan ke pembeli dilakukan pengechekan lagi.
Empat tahapan checking di Mobil88, dilakukan untuk meminimalisir human eror, sehingga mobil pindah tangan ke konsumen dalam kondisi bagus

Dokumen lengkap dan sesuai : kepemilikan mobil, musti didukung dengan dokumen atau surat-surat resmi (STNK, BPKB). Sebagus apapun mobil dibawa mudik, kalau mobil bodong akan berurusan dengan polisi. Nah dengan tahap chek awal di Mobil88, memastikan kesesuaian dokumen, sehingga konsumen aman tidak berurusan hukum.

Odometer tidak pernah diputar : Mobil88 berani menjamin, mobil bekas yang dijual di Mobil88 tidak pernah diputar odometer-nya (penunjuk KM). Kalau ada yang menawari mobil murah dengan odometer rendah, sebaiknya jangan langsung girang. Baru ketahuan ketika mesinnya overheat, salah satu dampak odometer sudah diputar.

Mobil tidak pernah tabrakan : mobil yang pernah tabrakan dan terkena strukturnya, mempengaruhi kestabilan saat dipakai di jalan tol lancar dengan kecepatan tinggi (jangan melebih batas kecepatan maksimal ya). Mobil berlari sedikit miring, padahal sedang berada di jalanan rata.

Mobil tidak pernah terendam banjir : mobil yang terendam banjir,  rentan terjadi kerusakan pada transmisi listrik, beberapa komponen tidak berfungsi. Tenang, checking di Mobil88  bakal menyaring mobil terdampak banjir.  Mobil jenis ini dijamin tidak lolos, berjajar di display counter Mobil88.

Bagaimana kalau mobil sudah aman, beberapa bulan kemudian diketahui ternyata mobil sengketa?” tanya moderator Aris Harvenda

Tiga dasawarsa perjalanan Mobl88, membuatnya kaya pengalaman dengan kasus tak terduga. Pernah menjual mobil dalam kondisi mobil (fisik atau mesin), surat-surat resmi dichek samsat sudah clear. Masalah terjadi saat balik nama tapi diblokir, setelah diurus ternyata riwayat mobil ada kaitannya dengan money laundry.

Mobil88 bertanggung jawab dengan program  buy back guarante, harga tidak berubah dengan harga saat konsumen  membeli” tegas Halaoman, "Pernah ada konsumen bilang, saya butuhnya mobil bukan uang,"

Mobil88 menyiapkan pilihan, konsumen bisa menukar dengan mobil lain seharga sama, atau ganti mobil lebih mahal dengan menambah kekurangan – tergantung kesepakatan.

O’ya, konsumen Mobil88 bisa mendaftar sebagai member AstraWorld. Keuntungan menjadi member AstraWorld,  salah satunya mendapatkan layanan Emergency Roadside Assistance (ERA), yaitu layanan selama 24 jam sehari 7 hari seminggu, ketika terjadi situasi darurat di jalan.
Promo cashback Mobil88 -dokpri

Pada ujung tulisan ini, saya punya kabar bagus, Mobil88 punya promo, “Ramadan dan Lebaran Untung Mobil88.” Promo berlaku di semua cabang, selama periode 23 Mei – 30 Juni 2018 dalam bentuk cash back.  Selain itu, Mobil88 menyediakan layanan purnajual tambahan bagi konsumen yang membeli mobil seken, dalam bentuk layanan servis gratis dipadu dengan asuransi serta bebas biaya car detailing.
Mumpung lebaran masih dua minggu lagi, periode promo Mobil88 masih berlaku, tunggu apa lagi, yuk segera ke dealer Mobil88 terdekat untuk kebutuhan mobil bekas untuk mudik.

3 komentar:

  1. Mudik pakai mobil sendiri emang lebih enak ya.

    BalasHapus
  2. Beli Mobil Bekas emang paling recommended di Mobil88, gak perlu khawatir kena tipu-tipu seller :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya