13 Okt 2022

Kebangkitkan Industri Film Indonesia di Jakarta Film Week

 

Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta, berkolaborasi dengan Yayasan Super Delapan Milimeter mengadakan festival tahunan Jakarta Film Week 2022. Festival film berskala internasional, sebagai perayaan kebangkitan film Indonesia setelah dihantam pandemi COVID-19.

Perhelatan berlangsung dari tanggal 13 hingga 16 Oktober 2022 dan menjadi kali kedua digelar di Jakarta. Festival dibuka pada Kamis, 13 Oktober 2022, di CGV Grand Indonesia, Jakarta dan dihadiri langsung oleh Andhika Permata selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta.

“Syukur alhamdulillah, Jakarta masih bisa menjadi tuan rumah untuk festival bertaraf internasional ini. Jakarta Film Week 2022 hadir kembali untuk bisa memperkuat industri film, yang terus berusaha menyesuaikan dengan era pasca-pandemi,” ujar Andhika

Jakarta Film Week membawa pesan bahwa Jakarta memiliki satu festival penting yang mendukung kebangkitan kembali industri perfilman pasca-pandemi. Mendorong perfilman Indonesia mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan menjadi tamu yang mempesona di dunia internasional.

Jakarta Film Week tahun ini dihadirkan, untuk menjelajahi era baru bersama penonton melalui film-film pilihan dari berbagai belahan dunia, serta kegiatan bersama dari berbagai pelaku industri dan komunitas film, baik lokal maupun internasional.

Jakarta Film Week tahun 2022, sebagai optimisme akan era baru di industri perfilman. Tidak hanya menggaet filmmaker tanah air, tetapi juga lingkup internasional. Sehingga Jakarta mampu bersaing dengan kota-kota global lain di dunia, seperti Cannes di Perancis, Busan di Korea Selatan, Tokyo di Jepang hingga Los Angeles di California-Amerika Serikat.

Penyelenggaraan tahun kedua Jakarta Film Week, ibarat babak baru dengan visi yang segar, kemunculan cerita-cerita yang memperluas horizon, lahirnya generasi baru dengan keterampilan digital yang menjanjikan.

Melengkapi edisi baru kali ini, hadir Jourdy Pranata yang berperan sebagai Festival Ambassador. Dengan kehadirannya diharap dapat menambahkan warna di Jakarta Film Week 2022.

“Senang sekali bisa menjadi bagian dari Jakarta Film Week. Bangga bisa ambil bagian di dalam festival yang bisa menghadirkan film-film dari dalam dan luar negeri. Harapannya dengan hadirnya festival ini bisa terus membakar semangat filmmaker, aktor dan semua pegiat film untuk menghadirkan karya-karya yang lebih beragam lagi dan terus berkembang,” ujar Jourdy.

Sebagai informasi, Jakarta Film Week tahun ini menerima 461 film submission dari berbagai negara dan tercatat ada 28 negara turut andil berpartisipasi. Dari total submission, terdapat 88 film yang ditayangkan, baik film panjang maupun pendek yang dapat disaksikan secara daring maupun luring.

Dengan hadirnya kemeriahan Jakarta Film Week 2022 diharapkan menjadi wadah bagi para pelaku industri film Indonesia, terutama di Jakarta agar semakin berkembang baik secara wacana, keterampilan juga pengembangan jaringan.

Seluruh program dan informasi terkait Jakarta Film Week sudah dapat diakses di laman www.jakartafilmweek.com dan Instagram @jakartafilmweek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA