4 Okt 2022

No Ribet, Ganti Oli dan Service Rutin di Planet Ban !

 

Planet Ban, nama yang sangat familiar. Tidak seperti persepsi saya, yang sekedar menjual dan atau melayani ganti ban saja. Ternyata di Planet Ban, juga bisa ganti oli dan service rutin. Saya mengalami dan merasakan sendiri, betapa praktisnya  di Planet Ban.

Tidak sampai setengah jam, prosesi service rutin dan ganti oli kelar dikerjakan petugasnya. Sehingga saya tidak perlu berlama-lama, bisa memanfaatkan waktu untuk kegiatan produktif lainnya.

Pengalaman saya di Planet Ban, akan saya kisahkan. So, baca sampai tuntas ya.

------

Motor bisa diibaratkan pengganti kaki, selalu siap sedia mengantar empunya berkegiatan. Sejak merantau puluhan tahun lalu, keseharian saya nyaris selalu dengan motor. Meski sekarang memilih bertransportasi publik, motor tetaplah menyertai saya.

Mulai untuk mengantar jemput anak sekolah, menuju stasiun atau halte bus. Pun anak lanang yang sudah bujangan, bergantian memakai motor. Agar kinerjanya maksimal, maka kendaraan roda dua ini musti dirawat. Jangan sekadar dipakai, tetapi tidak diperhatikan keadaannya. Kalau mogok, kita sendiri yang susah, kan.

Perawatan yang paling standart, adalah ganti oli dan service rutin berkala. Kalau jadwal perawatan motor saya, biasanya (sekitar) dua atau tiga bulan sekali. Mengingat pemakaian motor, hanya untuk jarak dekat atau di seputaran Tangsel saja.

Dan sebagai anak motor, saya lumayan gontai ganti bengkel untuk service. Mulai bengkel resmi, sampai bengkel milik perorangan. Mulai bengkel yang nyaman, sampai bengkel kecil dan tempat duduk seadanya.

Biasanya saya bakal kembali ke tempat yang sama, kalau bengkel tersebut bagus layanan dan hasilnya. Meskipun (misalnya) bengkelnya kecil, lokasinya masuk gang atau di kampung, dan duduknya bersebelahan drum isi oli bekas. Lebih-lebih akan kembali dan betah, kalau bengkelnya bagus, luas, nyaman, dan layanannya keren.

Dari kebiasaan berpindah bengkel satu ke bengkel lain, saya bisa membuat perbandingan. Bagi saya besaran harga akan menjadi wajar, jika sesuai kualitas dan layanan diberikan. Kemudian saya tidak enggan, merekomendasikan bengkel kepada teman, saudara, kerabat, atau istri. Agar kalau service motor, ke bengkel langganan saya.  

No Ribet, Ganti Oli dan Service Rutin di Planet Ban !


Menjelang akhir bulan september, adalah jadwal ganti oli dan service ringan. Indikasi itu semakin jelas, setelah belakangan tarikan gas kurang mantap. Dan lajun motor tidak maksimal, sehingga waktu tempuh sedikit lebih lama.

Mengetahui hal demikian, istri merekomendasikan Planet Ban. Kebetulan istri memang sering ganti oli dan service ringan, ke Planet Ban arah Stasiun Pondok Ranji. Si suami dibujuk dengan menjabarkan kelebihan, yang memantik keinginan membuktikan.

Di Planet Ban Kampung Utan saja yah,” ujarnya

(Berikutnya petugas menglarifikasi, Planet Ban WR Supratman).

Ragil kami sekolah, di lokasi yang berdekatan dengan Planet Ban. Istri yang biasa jemput, mengetahui kalau ada Planet ban yang baru buka. Setelah menuruti rekomendasi, memang benar yang dikatakan istri.

----

Ya, Planet Ban Wr Supratman, luas, bersih dan nyaman. Petugasnya bernama Mas Abdul dan Mas Bayu, menyambut dengan ramah dan helpfull. Siang itu saya direkomendasikan oli X-Ten, yang tempak mendominasi rak di Planet Ban.

X-Ten memiliki kandungan ester, yang membuat oli tahan lama bisa dipakai motor sampai 5ribu KM. Meski memiliki masa pakai lebih panjang dari oli biasa, penguapannya cukup rendah. Menggunakan oli ini, tarikan mesin lebih enteng berlangsung sampai selesai masa pakai. Memiliki ketahanan tinggi terhadap panas, membuat performa mesin stabil saat temperature mesin tinggi.

Ada yang unik di Planet Ban, service ringannya lain dengan bengkel biasa saya datangi. Biasanya saya melihat, petugas membuka mesin dan mencuci onderdil dengan cairan (pertalite/ pertamax).

Mas Abdul tak tampak membongkar mesin, tetapi membuka jok dan memasukan cairan aditif. Rasa penasaran saya dijawab, bahwa cairan ini yang membantu membersihkan kerak karbon dari mesin. Sistem pengabutan terbilang singkat, yaitu saat mekanik membuka pedal gas sampai RPM tinggi. Efeknya adalaj, kerak karbon terbuang dan ikut terbakar.

Kegiatan awal ini, memakan waktu sekitar 10 menit-an. Dan tangan si mekanik, tak perlu belepotan bekas membuka dan membersihkan mesin secara manual. Dan kemudian mengganti oli, juga tidak perlu membuka mur di bagian bawah motor. Cukup disedot dengan mesin vacum, kemudian setelah bersih baru diisikan oli X-Ten. Membuang oli lama dan mengisi yang baru, membutuhkan waktu sekitar 10 menit—cepat ya.

Lagi-lagi Abdul menawarkan saya, untuk download aplikasi Planet Ban, untuk mendapatkan potongan harga. Dan total saya bayar Rp. 81.500,- , dari harga awal Rp. 89.000,-. Benar-benar praktis, dan tidak memakan banyak waktu.

Terbersit keinginan di benak, ingin mengulang pengalaman yang sama di tempat ini. No ribet, ganti oli dan service rutin di Planet Ban. Semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA