11 Okt 2017

IPEKA IICS Jakarta Hadirkan Transformasi Pendidikan Abad XXI ‘Digital Classroom’



IPEKA Digital Classrom -dokumentasi pribadi

Era digital, membawa dampak perubahan di semua sektor kehidupan. Tak hanya di sektor ekonomi, sosial, budaya atau politik, sektor pendidikan juga mulai bertransformasi.
Konsep belajar digital menjadi sebuah keniscayaan, mendorong pengembangan kemampuan siswa dan guru, baik dalam komunikasi, komputasi, kolaborasi dan berpikir kritis serta kreatif.
Teknologi memiliki peranan penting, untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Teknologi di dunia pendidikan, mampu menjadi sarana pembelajaran yang baik bagi siswa dan atau guru sekaligus.
Berdasarkan survey yang dilakukan Deloite pada Oktober 2016, 75% guru percaya, bahwa konten pembelajaran digital akan menggantikan buku teks cetak dalam sepuluh tahun ke depan.

Sementara 81% guru juga meyakini, bahwa pemanfaatan teknologi di sekolah dapat membuat perbedaan positif pada pembelajaran.
IPEKA INTEGRATED Christian School (IICS) Jakarta, menghadirkan solusi implementasi Digital Classroom. Didukung perangat Chroomebook dan ekosistem Google, memberi ruang bagi siswa dan guru berdiskusi secara real time.
Bayangkan, belajar tak lagi membawa buku fisik yang tebal dan berat, tapi sudah berbasis digital, semua materi disulap dalam notebook.
Bapak Handoyo, selaku Chief Executive Officer IPEKA, dalam sambutan di acara launching IPEKA Digital Classroom menyampaikan, “ Kalau melihat perkembangan dunia pendidikan begitu cepat, artifisal intelegent (kecerdasan buatan) sudah dibahas sejak 20 tahun lalu. Saat ini, artifisal intelegent berkembang begitu cepat, di Jepang ada satu test, robot bisa diprogram mendapat informasi dari internet. IPEKA memikirkan yang terbaik untuk anak didik, setiap anak diharapkan tidak hanya pintar menghapal dan memahami  tapi juga bisa berpikir kritis,  kreatif dan berkolaborasi dengan teman.”
IPEKA IICS Jakarta, menyadari pentingnya peranan teknologi dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Pengaplikasian metode blended learning dalam Digital Classroom, memungkinkan terjadinya proses pembelajaran yang dinamis, tak ada batasan waktu dan tempat dalam belajar.
IPEKA bersama Accer, bekerjasama memanfaatkan teknologi sebagai sarana pembelajaran yang efektif dan efisien. Didukung google classroom, sebagai sarana untuk penyampaian materi. Hal ini tentu perlu persiapan matang, tidak hanya dari sisi perangkat teknologi tapi juga pendidiknya.
Accer, Google bersama IPEKA IICS bekerjasama, pada masa mendatang setiap anak yang masuk IICS mendapat satu unit chromebook, sebagai media pembelajaran. Media ini bisa dipakai sekolah atau rumah, akan dimulai dari kelas 7 dan kelas 10.
Dukungan ekosistem gogle dan perangkat Chromebook, memungkinkan siswa menyimpan dokumen dengan aman di cloud dan dapat diakses kapanpun dan dimanapun.
Herbet Ang, selaku President Director Accer Indonesia, pada kesempatan yang sama menyampaikan,” IPEKA adalah salah satu yayasan sekolah di indonesia, memiliki 13 sekolah salah satunya IICS. Tiga brand ternama bersinergi untuk dunia pendidikan, membawa teknologi terbaru untuk dunia pendidikan agar lebih maju. Pendidikan adalah tulang punggung perkembangan bangsa, Accer bekerjasama dengan dua partner hebat, menerapkan teknologi paling mutakhir kepada siswa di IPEKA.”
Launching IPEKA Digital Classroom -dokpri
Mengapa Accer memilih IPEKA ?
Mencermati hasil Ujian Nasional (UN),  beberapa kejuaran di Olympiade nasional dan international, nama IPEKA tercatat sebagai salah satu pemenang.
Dengan track record seperti itu, Accer yakin, implementasi teknologi akan membuat IPEKA menjadi lebih baik,” tambah Herbert Ang.
Dalam Digital Classroom di IICS, seluruh unit Acer Chromebook yang digunakan, telah dilengkapi dengan berbagai aplikasi pendukung dari google. Seperti Google Chrome Gmail, Google Drive tanpa batas kapasitas memori, Google Search, App List Button, Youtube, Hangout, Classroom, Calender dan Sites.
Bapak Johan Wijdaya perwakilan dari Accer of Intel Indonesia menyampaikan, “Sebagai perusahaan teknologi, Accer of Intel terus melakukan inovasi banyak bidang terutama pendidikan. Sebagai salah satu the biggest player di dunia pendidikan, Accer of Intel mewujudkan program CSR dalam bentuk program edukasi.”
Digital classroom di IPEKA, menjadi paling pertama menawarkan solusi ini. Hal ini membuktikan, bahwa IPEKA berani melakukan gebrakan dan inovatif. 
Suasana Belajar di 'IPEKA Digital Classroom' -dokpri
Pendidikan adalah pondasi, agar bangsa ini bisa achieve di masa depan. Tidak hanya pada tingkat global, tapi juga tingkat nasional indonesia.
Saya bayangkan, kalau langkah ini diikuti institusi pendidikan lain di Indonesia. Masa depan bangsa ini, pasti lebih berkualitas dengan generasi yang punya daya saing hebat.

6 komentar:

  1. wah, sekarang laptop sudah menjadi kebutuhan para pelajar ya....sesuailah dengan perkembangan teknologi yg pesat.

    BalasHapus
  2. Sistem pendidikan berbasis digital seperti ini pastinya menjadi perkembangan terbaru yg membawa pada kemajuan teknologi

    BalasHapus
  3. Seneng ya anak-anak di IPEKA, punya pengurus yang bener-bener peduli dengan perkembangan dan kemajuan anak didiknya :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya