13 Mei 2024

Sarapan Bubur Ayam Gratis di Depok !

Teman-teman, familiar dong bubur ayam. Biasanya menjadi menu sarapan, tidak terlalu berat tapi cukup mengganjal perut. Nah, buat yang tinggal di daerah Beji Depok – Jawa Barat, ada kabar gembiri. Teman-teman bisa sarapan bubur ayam, secara gratis setiap hari.

Kegiatan mulia ini, sudah berjalan hampir tiga tahun. Diinisiasi Sonny Herdrawan, yang prihatin mendapati mural bertuliskan ‘Tuhan Aku Lapar’. Maka terhitung akhir Agustus 2021, bubur ayam gratis dibagikan di sekitar pintu keluar Tol Kukusan Depok. 

---- 

Secara pribadi, saya mengenal  Pak Sonny. Beliau juga rutin, membagikan makan siang selepas sholat Jumat di Graha Bintaro. Kerap berbagi menu buka puasa, serta aktif di aneka kegiatan sosial.

Pandemi berdampak pada melambatnya roda ekonomi, sehingga daya beli masyarakat melemah. Banyak PHK, warga kelas bawah semakin terjepit.  

Berbagi bubur ayam gratis, adalah jalan ninja membantu warga yang kesulitan makan. Dengan terpenuhi sarapan, ada energi menjemput rejeki.

Saat ini tersedia 120 porsi, dengan pendanaan 70% dari kantong pribadi, sisanya dari donasi berbagai kalangan.

Kalau mau libur, sehari sebelumnya kami kasih tahu dulu ke mereka (warga) supaya besoknya tidak nungguin. Di sini semua boleh makan, semua boleh berbagi. Tidak ada batasan,” ujar Sonny. 

Sesekali ada warga, nitip makanan atau susu kedelai gratis. Diantara pengantre, ada yang kemudian bersedia menjadi relawan. Ada tiga hingga empat relawan, membantu berbagi bubur ayam gratis sampai habis.

Setiap pengantre dibatasi maksimal mendapatkan dua porsi. Tetapi kalau benar-benar membutuhkan lebih (untuk lansia atau orang sakit), tetap dilayani sesuai kebutuhan.

Mengenai aksinya berbaginya, Sonny tidak kawatir dianggap riya atau sombong. Menyoal niat adalah urusan personal dengan Alloh, sebab yang utama adalah membantu orang yang membutuhkan.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA