12 Mei 2024

Bertahanlah Meski Sedang di Fase Sejatuh jatuhnya


Anugerah kehidupan ini, sejatinya sungguh dahsyat dan luar biasa. Kita semua manusia fakir, dibukakan banyak kesempatan yang tak terduga. Atas ijin-NYA dipinjami ilmu dan kebisaan, sebagai bekal menjalani menyelesaikan problem kehidupan.

Hari ke hari sedemikian sangat berharganya, berlalu hanya sekali selanjutnya pergi. Selaras dengan pameo, waktu ibarat pedang. Waktu bisa menebas siapapun, yang lalai dan atau abai menjaga waktunya.

Bahwa setiap keputusan, tidak bisa lepas dari pertanggungjawaban. Bahwa setiap laku perbuatan, pasti beriringan dengan risikonya (baik/ buruk). Tugas kita adalah, memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

Karena hari esok adalah misteri, apapun kejadian sangat bisa terjadi. Bahwa naik turunnya, bahwa lapang sempitnya keadaan, bahwa jatuh bangkitnya seseorang. Sangatlah tidak terprediksi, di luar jangkauan akal manusia. 

------

Di usia nyaris setengah abad, saya telah dipertemukan hidup dengan aneka kejadian dan pengalaman. Bahkan terhadap kejadian, yang sama sekali tidak terbersit di benak. Pasalnya, sependek pengetahuan yang terbatas ini. Saya telah berusaha, menjalani keharusan hidup sebagaimana mestinya.

Namun tak bisa dipungkiri, bahwa pengalamanlah yang mengantar pelajaran-pelajaran baru. sehingga lebih hati-hati, berucap, bersikap dan atau mengambil keputusan. Karena manusia hidup tidak sendiri, akan bersinggungan dengan yang lain.

Ada saatnya, kita disampaikan pada fase yang cuku berat. Fase yang menguras energi, butuh kesiapan lahir maupun batin. Fase yang menguji kesabaran, sekaligus menangguhkan pelakunya.

Tahapan hidup sangat menantang ini, mau tak mau musti dihadapi. Karena sudah menjadi jatah, yang suka tak suka tak bisa ditolak. Tetapi dari ujian berat ini juga, kan terbuka sudut pandang baru.

Maka bertahanlah, meski sedang di fase sejatuh-jatuhnya. Karena hari esok adalah misteri, kita tak cukup ilmu tuk mengetahui.  Yang kita bisa, adalah mepersembahkan usaha sebaik-baiknya. Sekaligus menggantung harap, bersua dengan kebaikan tanpa perhitungan.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA