14 Mei 2024

Ini Dia Film Pendek "Basri & Salma in a Never-ending Comedy"


Setelah ditunggu-tunggu, akhirnya film pendek Indonesia "Basri & Salma in a Never-ending Comedy" ditayangkan di sebuah platform. Film durasi 15 menit, ditayang mulai tanggal 14 Mei 2024. Mengisahkan sepasang suami istri, Basri dan Salma.

Film pendek ini telah meraih apresiasi luar biasa, di kancah internasional setelah di tahun 2023. Sebagai film pendek Indonesia pertama yang tampil di Festival Film Cannes ke-76. Diproduksi sutradara muda berbakat asal Makassar, Khozy Rizal.

"Basri & Salma in a Never-ending Comedy" merupakan sebuah karya yang menghadirkan cerita yang hangat dan mengharukan.

Menceritakan perjalanan Basri dan Salma, seorang pasangan suami istri yang telah menikah selama lima tahun. Mereka menjalani kehidupan sederhana dengan mengoperasikan sebuah odong-odong di suatu karnaval. Namun, meskipun mereka selalu menghibur anak-anak orang lain, mereka belum dikaruniai momongan sendiri. 

Konflik-konflik panas, keraguan diri, dan dinamika keluarga yang menyebalkan menjadi bagian dari perjalanan mereka, mengungkapkan berbagai aspek yang menghambat kebahagiaan rumah tangga mereka.

"Basri & Salma in a Never-ending Comedy" juga memberikan gambaran tentang kultur patriarki yang masih kental di Indonesia. Memperlihatkan struktur keluarga, yang didominasi figur laki-laki sebagai kepala keluarga.

Kemudian si wanita seringkali, diharapkan mengorbankan aspirasi mereka demi keluarga. Meskipun wanita telah memperoleh peran yang lebih besar dalam masyarakat, namun banyak aspek dari kultur patriarki masih bertahan.

Ada banyak hal menarik yang menjadi alasan menonton film ini. Selain cerita yang dekat dengan kehidupan sehari-hari, "Basri & Salma in a Never-ending Comedy" juga memiliki sederet prestasi.

Menjadi film pendek Indonesia pertama yang berhak bersaing memperebutkan Palme d’Or untuk film pendek di Cannes, serta berhasil tayang di Sundance Film Festival pada edisi ke-40.

Bahkan, film ini berhasil memenangkan penghargaan Best Short Film in Humor/Satire category di 2024 Filmfest Bremen.

Setelah penayangan perdana di Cannes tahun lalu, kini Anda bisa menikmati "Basri & Salma in aNever-ending Comedy" eksklusif hanya di platform nonton

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA