8 Jan 2024

Jualan Bubur Ayam Keuntungannya untuk Berbagi

Kompasianer’s.

Saya punya teman, memiliki jiwa filantrophy sangat tinggi. Perkenalan kami, dimulai dari kegiatan berbagi di daerah Bintaro. Ketika itu, beliau menggawangi warung berkah. Warung yang didirikan, oleh komunitas haji.

Banyak program makan gratis, diadakan di warung berkah. Misalnya 10 piring buka puasa gratis, bagi yang puasa senin-kamis. Bagi pengemudi ojek online, mendapat harga diskon dan free es teh. Setiap hari jumat, membagikan puluhan bungkus nasi rames.

Warung berkah di Bintaro, hanya bertahan (lebih kurang) satu tahun. Karena kesulitan pendanaan, sehingga operasionalnya tidak bisa diteruskan.

Beruntung teman juga mengelola warteg, lokasinya di daerah Ragunan Jakarta Selatan. Warung dengan aneka program diskon, yang kemudian diadaptasi untuk warung berkah Bintaro. Memasuki 2014 terpaksa tutup, karena biaya sewa naik bangunannya rusak (pemilik tidak mau menanggung biaya renovasi).

---- 

Menyoal jiwa filantrophy teman satu ini, tidak perlu saya ragukan. Terhitung sejak 2021, mengadakan burayam gratis di daerah Depok. Ide ini tercetus, setelah membaca mural “Tuhan aku butuh makan”.

Ketika itu pandemi sedang berlangsung, banyak orang kesulitan mencari nafkah. Sehingga kelaparan ada di mana-mana, dan menerbitkan semangat berbagi kawan satu ini. Berbagi bubur ayam gratis, sebagai bekal untuk menghadapi hari.

Kini setelah pandemi mereda, program berbagi tetap dilanjutkan. Meski beliau musti jatuh bangun, mengusahakan donatur tak jarang dengan uang pribadi. Kemudian setelah warteg di Ragunan tutup, penggantinya adalah berjualan bubur ayam (yang diberi nama Burayam Beji).

Burayam Beji didirikan dengan tujuan mulia, yaitu memback-up operasional burayam gratis. Sehingga keuntungan dari burayam Beji, digunakan untuk pengadaan bahan bubur.

Lokasi burayam Beji dan Burayam gratis berbeda, meski tidak terlalu jauh. Tetapi tetap dibuat beda, lebih lengkap di Burayam Beji (karena untuk dijual).

Yang unik di Burayam Beji, memakai toping cheese stik, cuanki, emping mlinjo dan ada dua pilihan sambal (sambal merah & sambal kacang). Selama masa grand opening, ada harga promo Rp.8.000,-/ porsi (mormalnya Rp.10.000,-).

Kompasianer’s, yang warga Depok silakan mampir. Lokasi burayam Beji bisa dilihat di google map, buka pagi jam 05.30 – 10.00 , dan sore jam 17.00- 21.00 wib.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA