29 Sep 2023

Film tentang Kisah Hidup Catharina Leimena Si Gurunya Guru Vokal

Ada sosok besar di bidang musik, dan telah melahirkan banyak nama besar. Misalnya, Putri Ariani, musisi Indonesia yang menjadi salah satu penyanyi terbaik di Panggung America's Got Talent atau Sheila on 7, Group Band penyelamat festival musik nyaris gagal, karena pengisi utama bermasalah.

Ada musisi dibalik layar, setia mengabdikan dirinya sepanjang hayat di dunia musik. Adalah Catharina Wiriadinata Leimena, nama yang mungkin masih asing bagi orang awam. Namun karir Catharina, benar-benar memukau di industri musik Tanah Air.

Catharina Wiriadinata Leimena, lebih dikenal dengan Catharina Leimena. Seorang guru musik legendaris, kiprahnya sudah lebih dari setengah abad. Di antara para penyanyi bersuara hebat, Catharina dikenal sebagai seorang penyanyi opera. 

Yuk, mengenal sosok luar biasa ini. Berikut fact tentang sosok Catharina Leimena ;

  1. Menekuni aliran seni vokal “bel canto” atau menyanyi indah. Di Indonesia, tak banyak yang mampu bernyanyi sepertinya, dan Catharina adalah salah satu yang mumpuni di bidang tersebut.
  2. Mementaskan opera sejak tahun 1970-an, selalu konsisten memajukan musik asal Italia tersebut. Tak cuma hebat di atas pentas, ia juga turun langsung mengajar muridnya agar dapat menjadi penerusnya.
  3. Pernah duduk di Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia, namun bakat menyanyinya terus diasah. Hingga berhasil mendapat beasiswa, di Accademia di Santa Cecilia untuk seni musik. Selepas itu, melanjutkan ke Conservatorio di musica “Giuseppe Verdi”, Milan, Italia untuk seni vokal dan opera.
  4. Pada 1965, Catharina lulus Diploma per il Canto Artistico, ikut dalam pergelaran karya-karya Claudio Monteverdi dengan dirigen muda Riccardo Mutti di hadapan Paus Paulus VI di Vatikan dan Teater Lugano, Swiss.
  5. Hingga usia senjanya, Catharina setia dengan musik. Ia menjadi pengajar, ia dijuluki “gurunya guru vokal”. Ia percaya bahwa menyanyi itu bukan cuma membutuhkan bakat, tapi juga kemampuan berpikir yang tinggi. Karena untuk menyanyi diperlukan nalar dan logika.

Penasaran dengan sosoknya yang begitu luar biasa? Kamu bisa melihat bagaimana ia berkarir dan pentas dengan begitu indahnya lewat sebuah film dokumenter tentang dirinya. Film yang disutradarai oleh Patar Simatupang itu berjudul Catharina Leimena: Show Must Go On.

Film yang pernah menjadi Nominasi Film Dokumenter Panjang Terbaik di Festival Film Indonesia 2021 ini sedang tayang di Bioskop Online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA