12 Sep 2023

Lebih Praktis Lelang di IBID Secara Online

Suasana di head office IBID


Setiap mendengar kata lelang, terbayang di benak saya adalah salah satu scene di film Mr Bean. Banyak orang (peserta lelang) berkumpul di satu ruangan, barang dilelang diletakkan di panggung. Kemudian ada orang yang memandu lelang, dan peserta menawar tinggi-tinggian harga.

Tidak salah yang saya bayangkan, tapi itu dulu. Lelang di era digital jauh lebih praktis. Dan Balai Lelang yang kredibel di bidang perlelangan, adalah IBID Balai Lelang Serasi. Berdiri tahun 2007, anak perusahaan PT. Serasi Autoraya (SERA) dibawah naungan Group Astra.

Saya semakin tercerahkan soal lelang, ketika berkesempatan hadir di IBID Blogger Youtuber Gathering. Kegiatan diadakan di Head office IBID, di Kawasan Industri Pulogadung Jakarta Timur.  Membuat saya terpahamkan, mengapa IBID bisa survive dan menjadi balai lelang tepercaya.

Kini IBID memiliki 10 cabang di Indonesia, telah mengadakan lelang di lebih dari 30 kota di Indonesia. Dan ada inovasi keren di IBID, selain otomotif juga melelang alat berat, scrap dan produk lifestyle. Produk lifestyle bisa berupa alat musik, jam tangan, sepeda, tas, perlengkapan bayi, dan lain sebagainya.

Kalian yang diluar Jakarta, sangat bisa ikut lelang atau titip jual (secara online) di IBID. Yaitu dengan mengakses aplikasi IBID atau website, kemudian melakukan registrasi, beli NPL, chek jadwal lelang, chek daftar lot, hingga proses titip jual aset pribadi maupun perusahaan.

Aplikasi IBID bisa diunduh di Google Play Store atau App Store atau mengakses melalui website www.ibid.astra.co.id  . Kalian bisa eksplor aplikasi IBID, untuk update segala informasi perihal lelang IBID. Bagi pemula sangat penting, guna mengetahui jadwal lelang, prosedur lelang, persyaratan , dan lain sebagainya.

So, lelang bisa semudah dan sepraktis itu kan.

-------

Demo ACV

Saya mendapatkan jawaban di sesi side tour, alasan IBID bisa menjadi balai lelang tepercaya. Ketika peserta gathering, diajak mengikuti tahapan chek mobil sebelum dilelang di IBID. Adalah melewati proses ACV (ASTRA Car Valuation), sebagai layanan inspeksi yang akurat, transparan dan detil.

Melihat proses ACV, menurut saya sangat paripurna. Yaitu mengechek secara langsung oleh ahlinya, kemudian disambungkan dengan aplikasi. Mulai chek kondisi mesin, satu persatu tidak bisa dilewatkan (karena base on aplikasi). Mengechek kondisi eksterior dan interior, akan ketahuan bagian cacat termasuk di tempat tersembunyi sekalipun.

Yang menakjubkan adalah chek body mobil, dengan alat OBD Scaner, alat yang sanggup mendeteksi body secara detil. Dimulai dari body mobil bagian depan, samping kanan dan kiri, bagian atas, bagian dalam, hingga body belakang. Mencermati data diaplikasi dan chek langsung, dijamin tidak ada bagian yang luput dari inspeksi.

Waktu saya mengikuti demo-nya, petugas mengetahui bahwa pintu mobil pernah diserempet. Sehingga ada yang berubah di bagian engsel pintu mobil, membuat tidak nyaman saat dibuka atau ditutup.

Lebih Praktis Lelang di IBID Secara Online

Saat ini IBID memiliki tiga metide lelang ;

Live Auction ; metode lelang secara langsung dan bersamaan di waktu yang sama, dapat diikuti seluruh peserta lelang dari berbagai lokasi. Peserta bisa mengakses aplikasi IBID, atau bisa mengikuti lelang via website. Metode lelang ini diadakan setiap hari Rabu dan Sabtu di Jakarta, untuk luar kota menyesuaikan jadwal kantor cabang.

Timed Auction ; Metode lelang berjangka, diselenggarakan eksklusif di aplikasi IBID. Setiap unit dilelangkan dengan jangka waktu tertentu, biasanya 1 – 3 hari. Calon peserta lelang bisa melihat obyek lelang, secara online ataupun offline selama lelang berlangsung. 

Flash Auction ; Metode lelang online IBID terbaru, diadakan secara real time dalam kurun waktu singkat (1-2 jam), dapat diikuti secara eksklusif melalui aplikasi IBID. Lelang dengan Flash Auction, saat ini diberlakukan untuk lelang mobil. Peserta lelang bisa melihat obyek lelang secara online (fitur live streamming), dan bertanya menggunakan livechat.

Lelang di IBID menawarkan banyak benefit ; Bisa diikuti dari mana saja ; Memberikan informasi mobil yang trasnparant ; range harga jual/beli diketahui ; sistem lelang 100% jujur ; pembayaran aman ; banyak promo menarik dan NPL Unlimited.

Flyer Cara Lelang di IBID

--- 

Bagi kalian yang ingin titip jual lelang, IBID mempersembahkan 2 tipe lelang.

Titip jual reguler ; Dilakukan di cabang IBID, dengan membawa unit ke lokasi pool terdekat. Proses penjualan dilakukan secara terbuka, trasnparant, bisa produk otomotif atau non otomotif.

Titip Jual Eksklusif ; Layanan yang cocok, menjual mobil second secara cepat dan dapat dilakukan di mana-mana. Proses lelang secara online dalam jangka waktu tertentu, melalui live streaming di aplikasi IBID.

Cara Titip Jual di IBID ;

  • Melakukan registrasi (web/ aplikasi IBID), lengkapi data diri
  • Isi formulir, pilih tempat inspeksi
  • Team IBID akan menghubungi dalam waktu 2 x 24 jam (hari kerja)
  • Inspektor memberi rekomendasi (berdasarkan hasil inspeksi)
  • Isi Form perjanjian kerjasama (Penitip & IBID)
  • Pilih jadwal lelang flash auction terdekat yang diinginkan. Proses lelang selama 15 menit.
  • Jika menemukan pemenang lelang, barang dibawa ke Pool IBID dan penitip diberikan surat serah terima barang.
  • Informasi pembayaran disampaikan via email
  • Pencairan dana ke akun rekening terdaftar, selambat-lambatnya H+2 (hari kerja), setelah pemenang lelang melunasi tagihan.

Eit’s, titip jual lelang lifestyle juga ada di IBID. Barang dijual cukup beragam, mencakup ; aksesoris otomotif, audio, elektronik, fashion, gaming, handphone, kamera, komputer & laptop, maninan & hoby, olahraga, perlengkapan bayi, perlengkapan kantor, rumah tangga

Lelang lifestyle biasanya diadakan di minggu terakhir setiap bulan, menawarkan berbagai kemudahan. Yaitu ; proses penjualan yang cepat, karena terdapat 1000 pembeli aktif di IBID ; transaksi secara online ; transaksi aman & tepercaya tanpa CoD ; Harga direkomendasikan dengan harga lelang terbaik ; Biaya titip lelang hanya 2,5 persen.

Cara titip lelang barang lifestyle, tidak jauh beda dengan barang otomotif. Hanya di proses isian formulir, memilih “barang non otomotif”. Kalian yang ingin mengetahui lebih detil, silakan berselancar di www.ibid.astra.co.id atau unduh aplikasi IBID di Google Play Store atau App Store.

Ikuti Juga akun media sosial resmi IBID di bawah ini.

Instagram   : @ibid_balailelangserasi

Facebook   : IBID - Balai Lelang Serasi

TikTok         : @ibid_balailelangserasi

YouTube     : IBID - Balai Lelang Serasi

Twitter        : @ibid_lelang 

IBID Blogger Youtuber Gathering


10 komentar:

  1. Jadi suatu nilai lebih ya..karna membeli kendaraannya pun kualitas kendaraan di lelang IBID  cukup terjamin lantaran sudah melewati proses inspeksi secara menyeluruh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, betul . dan proses inspeksi berjalan transparant.

      Hapus
  2. Cara lelang di IBID sungguh memudahkan yaa..
    Jadi sekarang tuh partisipannya gak harus hadir ke lokasi lelang, tapi bisa ikutan lelang online di web/ aplikasi IBID. Dengan mengikuti jadwal lelang yang telah ditentukan, semoga mendapatkan barang yang sesuai dengan kebutuhan dengan harga terbaik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hikmah dari pandemi, lelang di IBID bisa via online kak

      Hapus
  3. Dengan adanya lelang via website ini jadi membantu buat yang sedang mencari barang lelang dengan harga terjangkau maupun yang ingin melelang barangnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikut lelang tidak harus datang ke lokasi lelang kak, bisa via online

      Hapus
  4. Iya akupun baru tau pas ke IBID ada lelang secara online gini..dah gitu mobilnya dijual dg kondisi apaadanya jadi kita gk di bohongin... ada mobil incaran aku mas, kondisinya baru lagi

    BalasHapus
  5. Kalau sudah terpercaya seperti IBID ini, tidak ragu deh ikut lelang online. Mengikuti perkembangan zaman, dari kota lain bisa ikut lelang online kan sangat membantu, ya.

    BalasHapus
  6. Reputasi IBID sudah tepercaya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA