8 Nov 2022

Penasaran Tom Yum


Saya termasuk, tidak pemilih soal makanan. Sedari dulu merantau, apa saja dimakan asalakan halal. Maka ketika bekerja di perusahaan media, kemudian networking bertambah. Saya kerap diundang di aneka acara, dan berkesempatan menikmati menu-menu restoran.

Alhasil mulai kenal, menu Chinese food, Jappanese food, Italian Food dan lain-lainnya. Namun ada yang membuat perasaan, adalah menikmati lezatnya Tom Yum. Saban acara, saya belum menemui menu satu ini.

Ya, soup tom yum, hidangan khas Thailand yang memiliki perpaduan rasa asam dan pedas. Mengamati gambarnya saja, saya langsung terpesona. Warna kuah yang kuning kemerahan, bumbu diiris sedang namun menyolok. Seolah menampilkan, rasa pedas dan asam di menu tersebut.

Saya perhatikan ada serai, daun jeruk purut, lengkuas, jeruk nipis, kecap ikan dan beberapa bumbu lainnya. Sehingga selain sedap, juga memiliki khasiat obat dan bahan herbal.  Seperti cabai bisa untuk obat batuk, membantu sistem pernafasan, melancarkan sirkulasi darah dan jantung. Jeruk nipis untuk membantu mencegah batuk, flu, bahkan untuk mengobati penyakit kudis.

Sampai akhirnya kesempatan tiba, bersama anak dan istri bekesempatan makan di Restauran Khas Thailand di Jakarta Selatan. Beberapa menu khas diorder sudah dihapal, daaan Tom Yum menjadi menu paling diincar.

Satu mangkuk besar Tom Yum, kini ada di meja depan tempat saya duduk. Tak sabar ingin segera mencecap nikmat, menu dengan cita rasa autentic negara asalnya. Penampakkan Tom Yum, persis seperti yang pernah dilihat di foto. Rasanya seperti ingin "balas dendam", perutpun mendadak lapar bahkan sangat lapar.

Udang ukuran besar mencuat, jamur bulat berebut perhatian. Bumbu- bumbu diiris memanjang, berpadu kuah asam pedas. Satu persatu bahan utama nangkring di cekungan sendok, antri masuk ke dalam mulut. Tak ingin sedikitpun ingin, saya melewatkan citarasa guna membayar penasaran.

Mangkok yang semula penuh, kini menyisakan irisan bumbu dan residu. Puas bisa menyantap Tom Yum, yang diolah chef restaurant khas Thailand.

Rasanya benar-benar puas, menjelejah citarasa tom yum autentic dengan bumbu khas Thailand. Ujung lidah tidak terlalu kaget, meski menu diolah dengan bumbu sangat berani.  Saya jadi berandai-andai, suatu saat bisa menikmati semua makanan di Thailand.

Semoga saja kesempatan emas menghampiri, sehingga lebih leluasa bereksplorasi. -salam-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA