26 Jun 2015

Mau Koleksi lebih 500 Ribu Buku Tanpa Ribet? Ini Solusinya


CIPIKABOOKS (dokpri)

Jauh sebelum saya belajar menulis dan memiliki blog pribadi, membaca sudah menjadi kegemaran. Waktu lulus SMA dan belum berpenghasilan, saya kerap mengunjungi toko buku terkenal. Berjam-jam waktu saya luangkan, demi "melahap" buku buku bacaan. Pernah satu petugas keamanan mengawasi, berdiri beberapa meter di belakang agak ke samping. Tentu terlihat dari sudut  bola mata, namun saya cuek pura pura tidak tahu. Karena saya hanya membaca buku, sama sekali tak terbersit niat mencuri.

Setelah mulai bekerja dan memiliki penghasilan, mengoleksi buku pilihan dilakukan. Saya cukup tahu tempat buku murah, yang menjual buku langsung dari penerbit. Kala itu di sudut jalan Praban Surabaya, toko kecil ini sering saya sambangi. Sampai beberapa petugas hapal wajah, memberi discount khusus setiap membeli buku. Satu demi satu buku saya kumpulkan, hingga tak terasa berjajar panjang. Kerepotan mulai terjadi dan saya alami, ketika beranjak pindah ke Ibukota. Dengan penghasilan yang masih pas pasan, berpikir ulang mengirim buku via post. Akhirnya koleksi terpaksa dititipkan di rumah saudara, hanya beberapa buku favorit saya bawa. Setelah waktu jauh berjalan, saya mendapati buku sudah banyak berkurang. Ada yang meminjam tak kembali, ada yang membaca digeletakkan sembarangan.
Kini setelah membangun rumah tangga, satu impian tertunaikan memiliki perpustakaan pribadi. Meskipun koleksi buku masih sedikit mulai kerepotan, mengingat space rumah yang terbatas.
********
Mbak Wari dari Cipika Books (dokpri)
Kerepotan kerepotan mustinya tak terjadi, apabila sudah mengetahui solusi. Pada Kamis sore (25/6'15) saya mendapatkan pencerahan, atas "jalan buntu" yang saya alami. Sambil menunggu berbuka puasa, mendengar pemaparan Pak Carlos dan Mbak Wari dari Cipika Books
Apa itu Cipika Books?
Adalah portal online yang menyajikan beragam karya, informasi dan aplikasi buku digital, serta mengerti passion pembaca.
Cipika Books ingin berkontribusi, untuk "membuka jendela dunia" melalui membaca. Dengan menghadirkan aplikasi e-book reader "BOOKMATE", yang telah ternama dan mendunia. Bookmate adalah konsep menyewakan buku, bahkan sampai lebih dari 500 ribu buku dalam lebih 9 bahasa. CIPIKA BOOKS adalah bagian dari Cipika.co.id, yang menyediakan layanan dan informasi seputar buku, sekaligus media engagement antara penulis,pembaca dan penerbit.
Dengan dukungan Indosat pelanggan bisa melakukan aktivasi, setelah download aplikasi Bookmate melalui Google Play, App Store, Windows Phone. Download aplikasi cukup mudah, bisa melalui ponsel, tablet, dan desktop.
Selesai mendaftar menggunakan nomor prabayar Indosat, dalam paket bundling terdapat format yang akan memandu. Paket standart untuk 1 bulan sebesar Rp. 39 ribu, sedang Paket Premium sebesar Rp. 59 ribu. Dengan bayar hanya satu kali, pelanggan bisa membaca buku sepuasnya. Saya sempat mempraktekkan pendaftaran saat acara, tak sampai hitungan satu menit sudah beres. Atas kecepatan mendaftar saya beruntung, membawa pulang tas istimewa dari Cipikabooks. Sedang untuk mulai membaca, tinggal mengikuti petujuk aktivasi paket langganan Bookmate.
Sesi Tanya Jawab (dokpri)

Untuk e-book Cipikabooks tidak tanggung tanggung, menggandeng penerbitnya langsung. Tercatat nama penerbit Mizan, Bentang, Rosda, Trikom dan Zikrul, akan menyusul nama penerbit lainnya.
Dalam laman muka web Cipikabooks , cukup informatif dan variatif. Berisi rekomendasi buku, baik yang berbentuk printbook (cetak) atau e-book (digital). Pada kanan atas berisi info corner, berisi informasi terkini yang update. Setelah scroll bergeser sedikit ke bawah, terdapat fitur karya sahabat. Secara khusus Mbak Wari dari Cipika Books, mengajak blogger mengisi content ini. Boleh dengan bermacam tulisan, mulai dari tips, tutorial, cerpen dan sebagainya. Menjawab keraguan Mas Dede dari Blogger, Mbak Wari meyakinkan calon pengisi content. Bahwa naskah penulis tidak bisa didownload, hanya bisa dibaca oleh pembaca. Kemudian fitur selanjutnya dalah promo & event, Quote Corner dan Gallery.
Suasana Berbuka puasa (dokpri)
Kemeriahan acara bersama Cipika Book jeda sejenak, bersama bergema suara adzan. Seluruh undangan berbuka puasa, dan menunaikan sholat maghrib. Sambil bersantap menu berbuka, diisi dengan pengundian hadiah dan doorprize.
Saya pribadi melihat keberadaan Cipika Books, mampu menjawab kegelisahan penggemar buku. Mengingat tak semua buku harus dibeli, apalagi bila memiliki ruang perpustakaan terbatas seperti saya. Kini ratusan ribu bisa dirangkum dalam satu gadget, bisa ditenteng kemanapun pergi. Betapa praktis dan ekonomis, terbukti tekhnolgi memudahkan hidup. (salam)

6 komentar:

  1. Keren mas .. Bermanfaat informasinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bowo Susilo, makasih sudah berkunjung
      salam :)

      Hapus
  2. Saya pikir awalnya cipika online, ternyata ini aplikasi untuk membaca buku ya Mas Agung. Makin asyik ya membaca buku

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih Mbak Lidya sudah berkunjung
      salam :)

      Hapus
  3. bukunya bisa dibawa2 juga ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat :)
      Praktis dibawa kemana mana Mbak Lidya
      trimaksih sdh berkunjung
      salam :)

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya