5 Jun 2015

Mi Tropicana Slim Mi Instan Sehat


Mi Tropicana Slim (dokpri)
Saya megenal mi instan sudah sejak lama, saat menghabiskan masa kecil di kampung halaman. Kala itu saluran televisi masih satu satunya, kerap menayangkan iklan produk mi cepat saji. Pada awal merantau dan mulai bekerja, sengaja saya menyimpan stock mi instan. Alasannya cukup simple yaitu praktis memasaknya, untuk mengkonsumsi cukup diseduh dengan air panas saja. Sebagai anak kost yang tak punya peralatan masak, ibu empunya rumah berbaik hati menyediakan termos.

 
Kini setelah berkeluarga hal sama tetap terjaga, menyimpan stock mi instan di lemari dapur. Tapi istri cukup ketat untuk konsumsi mi instan, hanya menyajikan seminggu satu atau dua kali. Meski anak anak termasuk sering merajuk, dengan tegas jadwal tak boleh dilanggar. Alasannya cukup jelas kalau mi instan tidak sehat, terbukti dari air rebusan mi yang keruh. Maka disiasati dengan membuang air rebusan mi, sementara untuk melarutkan bumbu diganti dengan air rebusan yang lain. Konon kuah keruh yang mengandung banyak lemak, membuat bobot tubuh cepat melesat naik. Kalaupun anak anak usai makan mi instan, sang ibu mensyaratkan minum air putih yang banyak. Pun saat mandi dan gosok gigi, diingatkan untuk menyikat permukaan lidah. Sisa dari mengkosumsi mi instan, seperti ada rasa bumbu yang tertinggal di lidah. Sehingga kalau sedang ngobrol atau menguap, aroma tak sedap acapkali dapat diendus dengan mudah.
******
Nama tropicana slim sudah sangat tersohor, sebagai brand yang mengutamakan jaminan kualitas. Produk ini selalu lekat dengan gula rendah kalori, konsumen mengaitkan dengan gula untuk penderita diabetes atau untuk diet. Saat saya dan keluarga bertandang ke Supermarket, mendapati tropicana slim hadir dalam wujud mi instan. Setelah membaca keterangan di bungkus, tertera penjabaran singkat tentang produk mi ini. Tropicana Slim Low Fat Noodles, adalah mi dengan kandungan lemak yang lebih  rendah. Kemasannya juga terlihat lebih elegan, dengan warna merah tua  (tidak ngejreng). Pemilihan front tulisan dan gambar tidak terlalu rame, menyasar pada segmen menengah ke atas. Pada kelas (SES) peduli pada kualitas, yang menguntungkan pada kesehatan. Kami sengaja memilih mi tropicana slim, untuk kemasan dengan rasa roasted duck atau bebek panggang. 

Mi Tropicana Slim (dokpri)
Sampai di rumah saya memasak mi tropicana slim, demi menuntaskan rasa penasaran yang terlanjur tumbuh. setelah membuka bungkus terlihat lain, mi ditempatkan pada wadah plastik tipis. Hal ini melindungi mi dalam bungkus, sehingga tidak gampang patah. Melihat tampilan mi memang cukup beda,  yaitu berbentuk pipih dan gepeng. Warna cenderung pucat kering, dan ketika dipotek terasa tidak keras. Lipatan mi juga relatif tidak kaku, mudah diurai karena mi tidak melekat.
Kuah Mi Tropicana Slim terlihat jernih (dokpri)

Setelah merebus air sampai mendidih, segera mi kering dimasukkan ke panci. Kenyataan saya dapati cukup berbeda dibanding mi yang lain, air rebusan warnanya kuning jernih. Kuah yang berbaur mi tidak putih kekuningan, menandakan kadar lemak yang rendah. Sesuai petunjuk pada bungkusnya, saya merebus dalam air mendidih selama enam menit sambil diaduk. Setelah mi berubah mulai lemas, segera dipindah ke mangkok yang sudah dituang bumbu. Dengan percaya diri tanpa ragu, saya tak  membuang kuah rebusan mi untuk melarutkan bumbu. Hasil akhir saya dapati, warna kuah yang bercampur bumbu relatif tidak terlalu tua. 
Segera mi tropicana slim siap disajikan, saya dan istri menikmati olahan mi instan. Tekstur mi terasa empuk di lidah, dan racikan bumbu terasa tidak giyung (biasanya kalau bumbu terlalu gurih membuat kita agak meringis).

Mi Tropicana Slim siap disajikan (dokpri)
Mi tropicana slim dengan kandungan lemak, garam, dan kalori yang lebih rendah, menuntaskan rasa penasaran. Yang membedakan dengan mi instan lain, ternyata pada proses produksi. Pada mi tropicana slim tidak digoreng, melainkan dengan cara dipanggang. Sebagai orang awam saya beranalisa sendiri, mungkin pengaruh panggang membuat tampilan mi lebih kering mudah diurai.
Proses panggang jelas beda dengan goreng, minyak goreng apalagi yang  berulang pakai bisa dikategorikan tidak sehat. 
Menjadi alasan mi tropicana slim kering, aman untuk dikonsumsi seluruh usia.  Sesuai dengan image tropicana slim pada produk pemanis, hal yang sama bisa diterapkan. Produk mi tropicana slim juga cocok, bagi penderita diabetes hipertensi, tak perlu kawatir program diet akan gagal. (salam)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya