9 Jul 2015

Kelindan Kebersamaan dalam Bukber BRID


Foto dipinjam dari wall FB BRID

Siapa orang yang bisa hidup sendiri? Pasti jawabnya tidak ada.
Sebagai mahluk sosial manusia diciptakan saling membutuhkan, memerlukan keterhubungan dan interaksi. Sebagai mahluk yang butuh berbagi, manusia satu tak lepas dari yang lain. Membentuk komunitas dan berkelompok adalah naluri, agar bisa bertahan dan tak merasa sendiri.
Moment Ramadhan tahun ini (1436 H) saya rasakan istimewa, bisa sering berkumpul sesama blogger. Undangan berbuka puasa lumayan sering berdatangan, memungkinkan para blogger kerap berjumpa. Termasuk satu undangan istimewa dipublish, dari laman Facebook Blogger Reporter Indonesia disingkat BRID. Saya cukup mengenal nama admin dan super admin, yang berada di balik komunitas luar biasa ini. Pun saya kerap bergabung dalam event, yang dikoordinir oleh BRID. Maka tanpa berpanjang pikir saya menyatakan bergabung, dalam acara buka puasa bersama keluarga besar BRID.
Mas Ahmed yang telaten dan tekun menginformasikan acara, berbagi kabar seminggu sebelumnya. Seperti biasa kami para blogger menyambut antusias, dengan menyemat comment "DAFTAR" dibawah undangan yang ada. Maka dalam waktu relatif singkat kuota penuh, sesuai angka yang ditentukan oleh pihak penyelenggara
*****
Mbak Any & Mas Ulish di meja Regristasi (dokpri)

Blogger mulai mengisi meja (dokpri)
Sebelum mengarahkan roda dua ke Cikini, saya harus menyelesaikan beberapa urusan. Jam 14.00 sudah saya jadwalkan berangkat dari Radio Dalam Jaksel, mengingat daerah Kuningan biasanya macet luar biasa. Benar juga prasangka saya tak meleset, mulai dari Raya Tendean kepadatan sudah terjadi. Penyempitan jalan akibat pengerjaan jalan layang, dan peningkatan volume kendaraan menjadi pangkal muasal.
Lokasi sangatlah mudah dijangkau dan dicari, spanduk acara dibentang relatif eye cacthing. Jam 15.15 saya sampai Warung Daun tepat di seberang TIM Cikini, bersua Mas Hazmi, Pak Udin dan beberapa nama rekan blogger. Rumah makan yang asri dan rindang pepohonan, berhalaman luas terdapat musholla di sampingnya. Blogger belum terlalu banyak yang datang, saya manfaatkan untuk menunaikan sholat ashar. Beranjak senja kursi demi kursi terisi, wajah wajah akrab mulai menghiasi ruangan.

Sessi testimoni (dokpri)
Keakraban dan kehangatan mulai terasa, berbincang sapa sesekali terdengar gelak tawa. Begitulah para blogger setiap berjumpa, tak akan kehabisan bahan bicara. Meski sambil ngobrol kesana kemari, tak ketinggalan jari jari lincah bergerak di dinding smartphone. Jeprat jepret sampai sudut sudut ruangan, untuk live twitt yang sudah digelar.
Acara dibuka oleh Mas Ulish Anwar sebagai master of ceremony (mc) sore ini, dengan sapaan hangat dan bersahabat. Berlanjut dengan testimoni dari sepuluh blogger, saya terpilih salah satunya meski akhirnya belum beruntung mendapat gift.
Tahukah anda?
Saat 10 pemberi testimoni ditanya siapa admin favorit, meski ada nama admin lain namun tak ketinggalan nama Mas Ahmed disebut semua pemberi testimoni. (sayang beliau tidak hadir)
Berlanjut dengan sambutan dari Super Admin dan Founder BRID, Mas Hazmi Fitriyasah atau kerap disapa dengan sebutan Hazmi Srondol. Mas Hazmi berkisah sedikit tentang sejarah internet, mulai terbetik ide internet saat perang demi menyelamatkan data. Kemudian di era 2000 era dot com mulai merosot, munculah platfoam gratis seperti blogspot. Sementara di negeri tercinta dipelopori seorang anak bangsa, Pak Indar Atmanto yang memperkenalkan jaringan 3G. Sampai beliau berhasil mendapat penghargaan dari Presiden SBY waktu itu, dinobatkan sebagai tokoh internet berbasis jaringan 3G.
BRID adalah Brave, Respect, Inspirative, Development, filosofi yang diusung komunitas blogger ini, Sejalan dengan tausiyah dari ustad Kang Arul, agar blogger kembali ke kittah yaitu berani dan independent. Niatkan menulis sebagai lahan menebar kebaikan, sehingga apa yang dikerjakan akan berkah. Blogger harus berani memiliki passion, dan respect pada orang lain (jangan main copas). Jangan lupa berusaha mengembangkan diri, sehingga update dengan keadaan.
Ka- ki ; Mas Hazmi, Ibu Yenny W, Ibu Amy A, Pak Fuad F (foto dari FB BRID)
Acara semakin seru dengan kehadiran tamu spesial, designer ternama ibu Amy Atmanto, menyusul ibu Yeny Wahid tokoh masyarakat dan Pak Fuad Fachrudin pejabat Indosat. Secara khusus ibu Amy Atmanto menyampaikan salam dari Pak Indar, dan mohon doa serta dukungan buat suami tercinta. Beliau yang juga punya latar belakang jurnalistik mengakui, bahwa pekerjaan terindah adalah menulis.
Waktu berbuka semakin dekat menupun mulai memenuhi meja, warna warni makanan menggugah selera. Ketika adzan maghrib sudah bergema, piring berpadu aneka perangkat lainnya. Alhamdulillah puasa hari ini sudah diujung, saatnya membatalkan puasa dengan takjil kurma yang tersedia.
*******
Suasana berbuka puasa (dokpri)
Semua menu yang disajikan bercita rasa, udang balado, Gurame bakar, sate ayam, bakwan jagung. Sementara minuman disediakan es kelapa muda, es teh manis, dan air mineral. Sebagai makanan pendamping, setiap meja disediakan pisang goreng keju.
Kemeriahan acara belumlah selesai, usai sholat maghrib diumumkan pemenang. Mbak Nunik sebagai pemberi testimoni terpilih, dan Deny Andis pemenang live twit sore ini. keduanya berhak membawa pulang hadiah istimewa, samrtphone yang dibungkus dengan kertas kado menawan. Sessi foto bersama menjadi hukum wajib setiap pertemuan blogger, Ibu Amy Atmanto dan Ibu Yeni Wahid tak canggung. Beliau berdua ikut bergegas ketika juru foto berhitung, mereka tak sungkan berdesakkan duduk di antara blogger.
Wah seruuu....!!!!
Saking banyaknya peserta yang berfoto, spanduk yang dibentang tak kelihatan tulisannya. (heeheee). Mendekati ujung kebersamaan dibagikan goodybag, Ibu Amy Atmanto mempersembahkan sarung pada setiap peserta yang hadir. Sebelum acara benar benar rampung, saya berbisik pada pak Udin, Mbak Ani Bertha dan Mas Ulish "Mohon pamit lebih awal". Mas Hazmi yang tidak terlihat dan Kang Arul yang sibuk membagi goodybag, dengan terpaksa saya tidak bisa pamit secara langsung. Saya menembus kemacetan mengejar acara berikutnya, dan menancapkan keriaan berkesan sepanjang acara Bukber bersama BRID.
Terimakasih dengan sangat dalam saya sampaikan, kepada Mas Hazmi, Pak Udin, Mbak Ani Bertha, Kang Arul, Mas Ahmed atas undangannya. Semoga BRID terus eksis tak henti berkarya, bergandeng tangan dengan blogger mempersembahkan yang terbaik untuk negri. (salam)

10 komentar:

  1. senang bersua lagi mas Agung. oh ya, salah satu fotomu izin aku masukkan di blog yah. Foto yang di twitter yang saya lagi jeprat jepret. hehehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan mas Ari, senang bisa bertegur sapa
      sampai jumpa lagi mas :)

      Hapus
  2. Mantaf om...

    Www.kangarul.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kang Arul haturnuhun sudah berkunjung
      salam :)

      Hapus
  3. sayang sekali spanduknya tertutup ya saat di foto.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Lidya apa kabar
      terimakasih sduah berkunjung
      salam :)

      Hapus
  4. iya tuh. tahu begitu emang mending spanduknya gak dilepas. hahahahahha

    BalasHapus
  5. warung daun cikin mendadak riuh dan rame dengan kedatangan Blogegr Reporter Indonesia :)
    Salam kenal om Agung :)

    BalasHapus
  6. Mbak Astari apa kabar, trimakasih berkunjung
    salut dg ekspedisi dg Kapalnya
    salam kenal dan sukses selalu
    salam :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya