24 Jul 2015

Buah Pepaya Menemani Berpuasa

 Kamis 2 July 2015 - Pepaya I Love U
Pepaya California (dokpri)

Buah pepaya cukup saya gemari, sejak kanak-kanak di kampung halaman. Kebetulan kebun ayahanda persis di samping rumah, tertanam dua pohon pepaya ukuran sedang. Ketika sudah datang saatnya buah matang, pepaya berkulit ranum bergelantungan di pohon.  Sebagai bungsu sekaligus paling kecil badan, mendapat tugas memetik buah kegemaran. Tugas yang saya emban tidak terlalu berat, pada dasarnya memang hoby memanjat. Rasa buah yang manis dan segar, menjadi alasan saya jatuh hati pada buah ini. Seingat saya tak pernah ibu membeli pepaya di pasar, dua pohon di kebun keluarga kami sudah lebih dari cukup.
Seiring bergulirnya usia dan bertambahnya pemahaman, terbuka juga wawasan baru tentang buah kegemaran. Pencerahan ini membuat saya semakin jatuh cinta, enggan berpaling dari buah kesukaan.
Tahukah kawan's....Kandungan buah pepaya, ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. 

  • Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata
  • Kaya serat untuk memperlancar pencernaan khususnya bagi yang sulit buang air besar.
  • Meningkatkan sistem imun/ kekebalan tubuh,
  • Mempercantikan kulit
  • Membantu melarutkan sel kulit mati,
  • Membuka pori-pori tersumbat sehingga wajah tampak segar dan cerah.
PT. Sewu Segar Nusantara (SSN) terkenal dengan brand Sunpride, memiliki dua varian pepaya. Pepaya California berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara Amerika Selatan, buahnya lebih lonjong tumbuh pada lahan tanam dengan ketinggian sekitar 500 m di atas permukaan laut. Pepaya Hawai cocok ditanam di daerah tropis, menawarkan sensasi rasa tropis lebih lezat.
Pepaya sebagai sumber makanan yang kaya nutrisi, cocok bagi siapapun yang ingin menerapkan gaya hidup sehat.
******
Rabu 1 July 2015
Pengumuman Blog Writing and Fruit Summit 2015 resmi dipublish, saya membaca di laman utama website www.sunpride.co.id. Tak mau membuang waktu segera menyusun jadwal buah, untuk dikonsumsi selama sepekan.
Buah Pepaya menjadi pilihan pertama, selain suka buah berdaging orange kemerahan ini mudah didapat dan dibeli. 


Ilustrasi (dokpri)


Sehari berikutnya pada kamis bertepatan puasa hari ke 15, istri menyediakan potongan buah pepaya di atas piring. Sembari menyarankan tepatnya mewanti wanti, mengkonsumsi buah sebelum makan berat (nasi).
"Memang kenapa?" tanya saya tidak paham
"Kalau makan buah sesudah makan perut bisa kembung" jelasnya
Jawaban istri mengundang penasaran dalam benak, browsing di internet menjadi solusi tepat. Buah-buahan pada umumnya mengandung gas, mengonsusmi setelah makan menyebabkan perut kembung. Dengan menikmati buah sebelum makan, banyak keuntungan didapatkan tubuh.
Gula darah meningkat, nutrisi diserap tubuh secara sempurna, serat buah dapat mengerem nafsu makan, sehingga cocok untuk program diet.
Pepaya Califronia Sunpride, dengan mudah dibeli di Supermarket. Melihat penampakan buah saat dibelah, sudah tak mampu menahan selera. Warna daging pepaya orange tua, cukup membentuk persepsi rasa yang lezat. Istri memotong daging buah berbentuk dadu besar, setengah buah pepaya untuk berempat (saya, istri dan dua anak).   
Tak sampai limabelas menit buah ludes tak bersisa, potongan pepaya sudah berpindah dalam lambung. Sementara separuh sisanya masih disimpan, dilanjutkan kemudian jika sudah pengin.
-0-o-0-
Malam Usai Taraweh Pukul 20.15
 "Wahh...masih ada separuh" pikir saya
Separuh buah pepaya berada dalam kulkas, terasa terus melekat dalam benak. Separuh sisa pepaya dibelah menjadi seperempat, dimakan  dengan cara mengeruk daging buah dengan sendok. Kebiasaan makan seperti ini dulu kerap saya lakukan, saat masih SD di kampung halaman. Terbukti memang cukup praktis alias tidak ribet, bisa menikmati buah pepaya tanpa mengupas kulit lebih dulu.
Keesokkan hari seperti biasa saya buang air besar (BAB) pada pagi hari, setelah terik rasa kepengin BAB kembali saya rasakan.
"Mungkin dampak dari konsumsi buah semalam" gumam saya
Yang pasti buang air besar hari itu lebih dari sekali, perut rasanya seperti dikuras bersih. ( ini dia cerita dalam sepekan  yang komplit Catatan Sunpride Antara buah dan.kegiatan salam) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya