3 Jun 2024

Tom Yum Sedap Buatan Istri


Saya beruntung, punya kesempatan bersantap aneka olahan. Masakan tradisional atau internasional, yang namanya sangat familiar. Jaman digital sungguh memudahkan, mendapatkan resep makanan diingini.

Ada satu masakan terkenal dari Thailand, yang menerbitkan penasaran di benak ini. Meskipun kaki belum menjejak di negri Gajah Putih, tapi masakan khasnya pernah saya nikmati. Kuasnya pedes dan seger, sedep dinikmati saat hangat. 

Adalah Tom Yum atau Tom Yum kung, adalah sup udang pedas perpaduan rasa asam dan pedas yang unik di lidah. Dari tampilan sudah jelas, yang menonjol adalah udang dan jamur. Warna kuahnya oranye cerah, mewakili rasa pedasnya.

Tom Yum Kung Thailand pada umumnya, tidak hanya memberi rasa sedap. Tapi terdapat nilai plus, yaitu menawarkan sifat obat dan bahan herbal.

Misalnya cabai bisa berfungsi sebagai obat batuk, membantu sistem pernafasan, sirkulasi darah dan jantung.  Kemudian jeruk limau atau jeruk nipis, membantu mencegah batuk, flu, bahkan penyakit kudis. Udang dengan kandungan kalsium, yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang.

Kali pertama melihat gambarnya, saya langsung ngeces membayang rasanya. Pun setelah menghirup aromanya, sungguh mengundang selera.

Anak anak saya yang doyan pedas, rupanya menggemari tom yum. Istri cukup kreatif menyiasati budget dapur, untuk menyajikan menu pilihan.  Menyiasati bahan baku, memadupadankan bahan pengganti agar pas di kantong.

Kalau ada stock daging ayam di kulkas, menjadi pengganti udang. Kalaupun pengin memakai udang, dipilih udang kecil yang lebih ekonomis. Jamurpun dipilih yang ramah kantong, ditambah bahan lain yang memungkinkan.

Tom Yum buatan istri cukup lezat, meski bahan bakunya tak komplit seperti di resep. Meskipun tidak sempurna tampilannya, tetapi cukup nikmat. Niat memasak dan ketulusan menghidangkan, cukuplah sebagai penambah cita rasa.

-----

Tom Yum rumahan ala istri, dibuat dari bahan yang mudah didapat di pasar tradisional. Udang ukuran sedang, jamur tiram, sereh, daun jeruk, daun salam, daun bawang, jeruk nipis, dan bumbu jadi sup tom yam.

Udang direbus setengah matang ditiriskan, di panci lain isi air dimasak dengan daun sereh, daun jeruk ditambah daun salam. Setelah mendidih dan diaduk, masukkan bumbu tom yum diaduk lagi.

Satu atau dua menit berikutnya, masukkan jamur dan bahan lain (jika ada) diaduk, paling terakhir udang setengah matang.  Misalnya ada seafood seperti cumi, kerang, atau ikan bisa ditambah, direbus selama lima menitan.

Masih diatas api kompor saat air mendidih, angkat dan tuang ke mangkok saji. Agar cita rasanya lebih lezat campur perasan jeruk nipis, bisa ditambah potongan daun bawang .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA