7 Jun 2024

Program di Bulan Juni dari Bioskop Rakyat

Bioskop Rakyat, program menonton secara offline. Kembali memanjakan pencinta sinema Indonesia, dengan rangkaian film-film pilihan. Diadakan di The Hallway Space, Bandung, Bioskop Rakyat menghadirkan pengalaman menonton yang berbeda.

Berikut berbagai program menarik bulan Juni ini:

Rise of B-Movie: Keunikan Film Kelas B Program Rise of B-Movie menampilkan film-film kelas B terbaik di Indonesia. Program ini memberikan kesempatan penonton, memahami mengapa para sineas memilih jalur film kelas B, apakah karena keterbatasan dana atau memang karena itulah gaya yang mereka sukai.

Program ini diharapkan dapat memberikan pengalaman baru kepada para penonton tentang betapa kayanya jenis-jenis film di Indonesia. Beberapa film yang ditampilkan antara lain: Jaka Byasa dari sutradara Ajam Good ; Sabung Raptor karya Beny Kristia dan Rakha Magelhaens ; Pendekar Cyborg dari Adit Bujbunen Al Buse dan Sigit Pradityodari ; Bootlegging My Way Into Hell dari Azzam F. Rullah. 

● Kolaborasi dengan Institut Seni Budaya Indonesia Bandung (ISBI) Bandung: Pemutaran Film Tugas Akhir. Pemutaran ini bertujuan untuk memberikan ruang bagi tugas akhir film mahasiswa agar dapat ditonton oleh khalayak umum, serta membentuk diskusi antar kampus.

Beberapa film yang akan diputar antara lain: Ngarumat Kopi Hilman karya Nur Hakim ; A Cat Can Look at a King karya Deris Muhamad ;  TONG KEPO ATUH BUIBU, IH! karya Faqih Atthoriq.

● Spotlight to Campus: Kolaborasi dengan FTV UPI Bandung Program Spotlight to Campus memberikan ruang untuk karya-karya dari satu kampus agar dapat dikompilasikan dan dipresentasikan ke publik. Program ini bertujuan untuk membuat penonton di Bandung dapat melihat karakteristik pengkaryaan dari tiap kampus, serta menjadi wadah tukar pikiran cara berkarya antar kampus di Bandung dan sekitarnya.

Film-film yang diputar antara lain; Sangkuriang, A Folk Tale From the Forest, Cingcowong: From Sacred to Profane, Roro Ajo, How To Be Forgiven By God , Human Living With Fate, Human Living With Death, Hunger, Man In Black, dan Hidup Dengan Mayat Hidup.

Selain itu, Bioskop Rakyat juga menghadirkan berbagai program menarik lainnya, antara lain; Pilem-Pilem Barudak yang menampilkan film sineas Bandung berbahasa Sunda.

Film Musik yang berisi kompilasi film pendek yang terinspirasi dari musik, bisa berupa adaptasi lagu ke film, genre musikal, atau dokumenter tentang perkembangan musik di Indonesia. Delicious Shorts program yang berisikan kompilasi film pendek berbagai genre yang pernah terseleksi atau berkompetisi di festival Nasional ataupun Internasional.

Di bulan ini, film-film baru meramaikan program Delicious Shorts, di antaranya; Semesta, dari sutradara Vincent Tion Hudaya.

Film ini telah berkeliling festival film, seperti masuk ke Official Selection Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF) 2024, dan masuk di beberapa festival lainnya.  Lalu ada film Bella, Perempuan di Kamar No. 2, arahan sutradara Patrick Warmanda.

Film ini tayang di JAFF 2019 dalam section “Layar Komunitas”. Film lainnya, Accidentally Intentional, karya Kevin Rahardjo juga tak kalah bergengsi kalau bicara soal keliling festival, salah satunya film ini masuk ke dalam Official Selection sekaligus world premiere di Palm Springs International ShortFest 2023.

Terakhir film Madonna, karya Sinung Winahyoko juga tayang di Film Musik Makan 2018 serta tayang di JAFF 2019. Tentunya film-film ini hadir dengan cerita beragam dan tema yang menarik. Lalu ada program Horror Shorts yang berisikan film horor pendek Indonesia dengan gaya bercerita yang segar seperti H untuk Hantu, Jangan Datang Ibu, MoMok, dan Sebuah Film Karya Setan.

Directed by Women, program yang memberikan kesempatan kepada perempuan muda dalam bidang perfilman untuk mengekspresikan kreativitas mereka juga masih meramaikan program di bulan Juni.

Film pendek yang akan ditayangkan antara lain Sabdakala, Passing, Si Merah, dan Sawo Matang. Terakhir, Film Mocca: Life Keeps on Turning merupakan dokumenter yang mengajak penonton mengenal perjalanan band Mocca dalam bermusik ikut memeriahkan program Bioskop Rakyat kali ini. Mari rayakan bersama kekayaan sinema Indonesia lewat Bioskop Rakyat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA