1 Mar 2024

Bahwa Perempuan Bisa Berdaya Pesan di Film Women from Rote Island

Film Women from Rote Island, sukses menyabet penghargaan Film Terbaik Festival Film Indonesia 2023. Film ini tidak hanya menghibur, tetapi juga memberikan pandangan terhadap perjuangan dan pemberdayaan perempuan.

Melalui kisah seorang ibu bernama Orpa yang diperankan oleh Linda Adoe, penonton diajak menggali berbagai lapisan kehidupan perempuan yang menghadapi situasi tragis, mulai dari pelecehan seksual hingga pembunuhan.

Melalui perjuangan Orpa, Women from Rote Island menjadi pengingat akan keberanian perempuan-perempuan di luar sana yang memerlukan dukungan dan pemahaman dari masyarakat. Karenanya 2,5% penjualan tiket, akan disalurkan kepada perempuan-perempuan penyintas kekerasan seksual yang membutuhkan dukungan.

Sebuah langkah progresif yang menunjukkan bahwa seni tidak hanya sebagai hiburan tetapi juga dapat berperan aktif dalam membawa perubahan sosial. 

Rizka Shakira, produser film, mengungkapkan, "Film ini tidak hanya bercerita tentang tragedi, tetapi juga tentang kekuatan perempuan dan keinginan untuk membawa perubahan. Semoga film ini bisa menjadi penyemangat untuk mereka agar berani dan bisa bersuara serta bisa menjadi pengingat mereka untuk terus berjuang untuk mendapatkan keadilan dan dukungan."

Film Women from Rote Island, masih dapat dinikmati di berbagai bioskop. Saat ini masih tayang di XXI beberapa kota ; Jakarta (Plaza Senayan, Blok M Plaza, dan Pondok Indah), Yogyakarta (Empire XXI), Surabaya (Grand City XXI), dan Kupang (Transmart Kupang XXI).

Cinepolis Jakarta (Plaza Semanggi), Kupang (Lippo Plaza Kupang), dan Bali (Lippo Mall Kuta dan Lippo Plaza Sunset). Jaringan CGV Jakarta (Grand Indonesia), Bandung (Paris Van Java), Balikpapan (Plaza Balikpapan), dan Surabaya (BG Junction). Sementara itu, di bioskop Flix dan Platinum Cineplex, film ini dapat disaksikan di Magelang (Platinum Cineplex), Pangkalan Bun (Plaza Cineplex Pangkalan Bun), Palembang (Platinum Cineplex Baturaja dan Platinum Cinplex Lahat), dan Solo (Platinum Cineplex Solo).

Film ini mengisahkan tentang Martha, seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang pulang ke Pulau Rote untuk menghadiri pemakaman ayahnya. Namun, di balik kesedihan tersebut, Martha harus menghadapi traumanya sendiri akibat kekerasan seksual yang pernah ia alami.

Sejalan dengan itu, Orpa, ibu Martha, juga harus berjuang menghadapi kehidupan yang keras dan menghadapi realitas kekerasan dan diskriminasi.

CATATAN PRODUKSI

Judul Film : Women From Rote Island

Produser : Rizka Shakira

Sutradara : Jeremias Nyangoen

Rumah Produksi : Bintang Cahaya Sinema

Tanggal Rilis : 22 Februari 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA