6 Agu 2023

Pilihan Kuliah di Ciputat Tangsel


Saya masih ingat, bingungnya ketika kali pertama merantau. Sebagai anak daerah, rasanya excited dengan ibukota Jakarta. Selain tidak paham nama wilayah, kesulitan menghapal posisi jalan. Taunya hanya jalan Sudirman dan Jl. MH. Thamrin, selebihnya puyeng untuk mengingat.

Soal kampuspun juga sama, saya hanya tahu nama tetapi tidak paham daerah. Sampai akhirnya menetap di Ciputat, dan menemukan kampus rekomended untuk kuliah.

Berikut, Kampus di Ciputat Tangsel, bisa menjadi bahan pertimbangan.

Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta ; Kampus ini tidak bisa dilepaskan dari sejarah perkembangan perguruan tinggi Islam di Indonesia. Berdiri pada 1 Juni 1957, bernama Akademi Dinas Ilmu Agama (AIDA), dengan dua jurusan (Pendidikan Agama dan Bahasa Arab) dan mahasiswa dari ikatan dinas.

Tahun 1960 menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syarif Hidayatullah, pada mei 2002 berubah menjadi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Dengan 9 fakultas, memiliki 41 jumlah prodi/ jurusan. 

UIN Syarif Hidayatullah sejajar dengan Universitas Negeri lainnya, menerapkan sistem SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru) bertaraf nasional.Kini memiliki dua kampus, keduanya berlokasi di Ciputat tangsel.

Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) ; Sesuai namanya, UMJ adalah lembaga pendidikan milik Organisasi keagaman Muhammadiyah. Pada 1955  bernama Pengajaran Muhammadiyah, didirikan di Pekalongan untuk Fakultas Hukum dan Fakultas Falsafah di Padang panjang.

Pada 1956 dipindahkan ke Jakarta, tahun 1958 berganti nama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTGP), dikukuhkan menjadi UMJ pada 1963. UMJ masa kini memiliki 9 Fakultas, dan juga memiliki Sekolah Pasca Sarjana, serta sejumlah program magister.

UMJ menempati dua kampus di lokasi berbeda, Kampus A berada di Jl. KH Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Timur. Sedangkan kampus B, berada di daerah Cempaka Putih Jakarta Pusat.

Universitas Terbuka (UT) ; Diresmikan pada 4 September 1984, dengan 4 Fakultas dan memiliki jenjang Diploma dan Sarjana. Kemudian pada tahun 2004 membuka jenjang Magister pada Program Pasca Sarjana.

UT menerapkan sistem belajar jarak jauh dan terbuka, alias pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka. Proses belajar dengan memanfaatkan teknologi, melalui internet, video, audio, radio dan banyak sarana komunikasi lainnya – persis saat pandemi melanda.

So, kuliah di UT lebih flexible, tidak ada batasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu regristasi dan frekwensi mengukuti ujian. cocok bagi siapapun yang pengin kuliah, tapi memiliki kendala waktu.

Kampus UT berada di daerah Pondok Cabe Pamulang Tangerang Selatan, tidak jauh dari Bandara Pondok Cabe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA