23 Jul 2023

A Documentary Of Mocca: Life Keeps On Turning

Berawal dari mimpi mahasiswa yang ingin memiliki band, siapa sangka Arina Ephipania (vokal dan flute), Riko Prayitno (gitar), Achmad Pratama (bass) dan Indra Massad (drum) sukses membesarkan Mocca. Band indie yang aktif sejak 1999 ini berhasil menorehkan segudang prestasi.

Bukan sekadar pencapaian di dalam negeri, tetapi juga di luar Negeri. Didukung oleh para fans yang dikenal dengan nama Swinging Friends, berikut daftar pencapaian band yang sudah dikenal sejak awal tahun 2000-an tersebut.

Sejak awal berkarir, para personel Mocca sudah mendapatkan apresiasi yang luar biasa. Salah satunya, Video klip Me and My Boyfriend mendapatkan penghargaan Best Video of the Year version MTV Penghargaan Musik Indonesia 2003.

Album Friends yang dirilis pada 2004 silam, berhasil mengantarkan Mocca sebagai nominasi Most Favourite Artist Indonesia di MTV Asia Awards. Pada 2005 Mocca go internasional, ditandai dengan albumnya yang beredar di Singapura, Malaysia, Thailand dan Japan. Serta berhasil menyelenggarakan konser di Singapura. 

Album Colours pernah masuk ke dalam nominasi Desain Cover terbaik, di Anugerah Musik Indonesia tahun 2008, dan memenangkan penghargaan Karya Produksi Alternatif Terbaik AMI Awards 2008. Di Korea Selatan, Mocca mendapatkan tempat tersendiri bagi penikmat musik.

Lagunya digunakan beberapa iklan komersil di Korea, bahkan lagu berjudul Happy menjadi soundtrack film yang dibintangi Shin Ha Kyun, Lee Kwang Soo dan Esom.

Setalah pencapaian luar biasa tersebut, tahun 2011 Mocca mengambil langkah vakum dari industri musik. Keputusan diambil lantaran Arina hendak pindah ke luar Negeri. Sebagai persembahan untuk Swinging Friends, diselenggarakanlah konser.

Kemudian perjalanan menuju konser, dibuatkan film dokumenter yang disutradarai Ari Rusyadi dan Nicholas Yudifar, berjudul A Documentary of Mocca: Life Keeps On Turning. Film yang berisi footage, konser band Mocca sejak awal hingga akhir konser.

Nah, film dokumenter A Documentary of Mocca: Life Keeps On Turning, kini ditayangkan terbatas di Bioskop Online. Bersama film dokumenter lain, yaitu band The Brandals dan Catharina Leimena: Show Must Go On.

Film-film tersebut mengisi program Festival Sinema Musik, yaitu Koleksi Film Musik Dokumenter Lokal. Sekaligus mengambil momen, memperingati Hari Musik Sedunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA