31 Okt 2023

World Premiere Film Tuhan Izinkan Aku Berdosa di Jakarta Film Week 2023

Hari ketiga Jakarta Film Week, menghadirkan pemutaran film “Tuhan Izinkan Aku Berdosa”. Film ini diadaptasi dari novel berjudul, “Tuhan, Izinkan Aku Menjadi Pelacur”, karya Gus Muh. World Premiere film karya Hanung Bramantyo di Jakarta Film Week 2023, dihadiri sang sutradara beserta para pemainnya.

Hanung menceritakan proses di balik pembuatan film, ada hal-hal yang membuat dirinya memutuskan untuk menggunakan judul yang berbeda dengan novelnya. Penonton akan dibuat paham perbedaan, setelah menyaksikan film secara keseluruhan.

29 Okt 2023

Si Penerang Desa si Penerang Hati Warganya


Kebayang nggak sih, di masa sekarang hidup tanpa listrik. Sementara era digital, keseharian kita tidak bisa dilepaskan dari ketersediaan energi listrik. Terutama bagi warga pelosok, semestinya mendapat perhatian lebih dari pemangku kepentingan.

Keterbatasan pengadaan listrik, rupanya menjadi concern Harianto Albarr. Ketika masih menjadi mahasiswa semester tiga, Jurusan Kimia Universitas Negeri Makasar, pada tahun 2008.

28 Okt 2023

Jakarta Film Week 2023 Mewadahi Berkumpulnya Talenta Baru di Industri Film

Penyelenggaraan Jakarta Film Week semakin meriah. diwarnai berbagai program yang menghadirkan talenta-talenta baru, yang terpilih lewat Jakarta Film Fund. Jakarta Film Fund,  berawal dari kompetisi ide cerita, peserta terpilih mengikuti proses seleksi dan pitching hingga akhirnya terpilih tiga ide cerita terbaik.

Ketiga ide cerita terbaik menjalani proses mentoring, movielab, syuting dan postpro, dan ditayangkan premiere di Jakarta Film Week 2023. Ketiga film tersebut yaitu; Alif Pengen Punya Pacar, Yuli Pengen Dibonceng Ngabers (karya Fazrie Permana), Ngidam (karya Agung Jarkasih) dan Rabu yang Bahagia (karya Candra Aditya).

27 Okt 2023

Masterclass Acting dan Directing bersama Christine Hakim Hingga Takashi Shimizu dan Tai Ohuchi

Hari keempat penyelenggaraan Jakarta Film Week 2023, mengadakan acara Masterclass. Yang pertama adalah Masterclass Acting, sekaligus merayakan The Journey of Christine Hakim. Kedua adalah Masterclass Directing, menghadirkan sutradara kenamaan Jepang, Takashi Shimizu, yang dikenal dari karya fenomenalnya, Ju-ON, dan Director of Photography (DOP) yang juga berasal dari Jepang, Tai Ohuchi.

26 Okt 2023

Film Budi Pekerti Membuka Jakarta Film Week 2023

Tahun ini tahun ketiga, digelar Jakarta Film Week (JFW) diselenggarkan Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta. Event akbar, yang dihelat pada 25 - 29 Oktober 2023. Tahun ini, JFW dihelat di empat lokasi berbeda, yaitu CGV Grand Indonesia, Kineforum Taman Ismail Marzuki (TIM), Galeri Kaya Indonesia, dan Hotel Ashley Wahid Hasyim, Jakarta.

25 Okt 2023

Road to JAFF18 : Diskusi hingga Pemutaran Film di Roadshow Medan dan Jogja-NETPAC Asian Film Festival

Bioskop Online sebagai Rumah Sinema Indonesia, menyediakan kurasi film Indonesia, mendukung Jogja-Netpac Asian Film Festival, yang merupakan festival film terbesar di Indonesia. Menyambut penyelenggaraan Jogja-Netpac Asian Film Festival 2023 (JAFF18), mengadakan roadshow Road to JAFF18 ke 4 kota, yaitu : Medan, Palembang, Makassar, dan Semarang.

23 Okt 2023

Membuncah Syukur dari Berkah Batu Kapur

Saya pernah, berkunjung ke gunung batu kapur. Sejauh mata melihat, hamparan permukaan putih menjadi pamandangan. Sudah terbayang, bagaimana effortnya warga guna mendapatkan air bersih. Belum lagi terik yang menyengat, membuat panasnya suasana.

Pemandangan semisal bisa dilihat di Desa Pucung, Kec. Eromoko, Wonogiri Jawa Tengah. Desa ini berjarak sekira 36 KM dari Yogyakarta, tepatnya ke arah barat daya. Termasuk daerah yang rawan kekeringan, terutama saat musim kemarau tiba.

20 Okt 2023

Memang Boleh ya Hidup Secapek Ini ?

Seorang teman, terdampak penutupan jualan online di  tik-tok. Saya masih ingat, kesibukannya di live tiktok. Dimulai di masa pandemi, ketika ada pembatasan berkegiatan di luar rumah. Jadwal jualan lumayan sering, bahkan pernah di tengah malam.

Ketika saya tanya alasan jualan jelang dini hari, jawabannya sangat masuk akal. Konon di jam prime time, kebanyakan orang tertarik pada publik figure. Akun artis yang live, biasanya banyak menarik perhatian. Belum lagi akun dengan follower besar dan centang biru, akan mendominasi live tik-tok di jam utama.

18 Okt 2023

Kolaborasi Bioskop Online dengan Festival Film Indonesia 2023

Bioskop Online, mengumumkan kolaborasinya dengan Festival Film Indonesia (FFI). Ini menjadi kali kedua, Bioskop Online berpartisipasi aktif mendukung penyelenggaraan FFI. Dukungan terhadap FFI, melalui platform penjurian untuk penentuan daftar nominasi.

Daftar nominasi tersebut dipilih dan dinilai oleh para juri nominasi yang berasal dari anggota Akademi Citra. Akademi Citra sendiri adalah para insan perfilman yang pernah memenangkan Piala Citra.

17 Okt 2023

Asto : Memutus Rantai Pahlawan Devisa Ilegal di NTT

Siapa yang tidak familiar, dengan sebutan pahlawan devisa. Penamaan bergengsi ini disematkan, kepada saudara kita yang bekerja di luar negeri. Mereka adalah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) / Tenaga Kerja Wanita (TKW), yang jasanya sungguh luar biasa.

Btw, ada satu pulau sebagai penyumbang TKI ilegal terbesar di Indonesia. Adalah Nusa Tenggara Timur (NTT), pulau yang terkenal dengan keelokan alam. Meskipun pada kenyataanya, keindahan alam tidak sebanding dengan tingkat kesejahteraan.

16 Okt 2023

Program Jelajah Sinema Indonesia di Bioskop Online

 

Bioskop Online menghadirkan program Jelajah Sinema Indonesia, program yang menayangkan film-film hasil karya dari sineas- sineas lokal. Beberapa diantaranya mengangkat karya yang khas dengan cerita/latar di daerah setempat. Selain itu, juga menayangkan film-film berkualitas yang belum banyak orang tahu, namun ramai dibicarakan oleh penikmat film.

Jelajah Sinema Indonesia, sebagai upaya memberikan ruang kepada para sineas agar dapat menyajikan cerita yang menarik dan dapat memberikan ruang dan kesempatan yang sama untuk para sineas menayangkan karya mereka.

14 Okt 2023

Jatuh Cinta Seperti di Film-Film Tayang di Akhir November 2023

Kolbaorasi Imajinari, Jagartha, Trinity Entertainment, serta Cerita Films, mampu menghadirkan Film Jatuh Cinta Seperti di Film-Film (JESEDEF). Sebagai persiapan menuju hari H, telah dilangsungkan press conference 2023, di XXI Plaza Senayan, Jakarta.

Acara ini menjadi moment peluncuran official teaser, sekaligus pengumuman tanggal rilis film di seluruh bioskop Indonesia. Jatuh Cinta Seperti di Film-Film (JESEDEF), akan tayang perdana pada tanggal 30 November 2023.

13 Okt 2023

Review Pamali : Dusun Pocong, Pesan tentang Mawa Desa Mawa Cara

Kalian penggemar film genre horor, ada film baru nih. Judul Pamali : Dusun Pocong, diproduksi oleh LYTO Pictures. Kalau saya, enaknya nonton film horor barengan. Biar sensasi horornya, biar vibes ngerinya, teriaknya, bisa bareng-bareng dan makin seru.

Yang membuat film horor suasananya hidup, adalah pada kekuatan musik dan atau tata suara-nya. Adegan yang biasa-biasa saja, bisa dibuat sedemikian rupa dan membuat merinding. Musik di genre horor memang keren, berhasil membuat penonton terkaget-kaget.

11 Okt 2023

Acting Masterclass Bersama Christine Hakim di Momen 50 Tahun Berkarya

50 tahun berkarya Christine Hakim, Jakarta Film Week menghadirkan Acting Masterclass bersama Christine Hakim. Berkolaborasi dengan The Journey of Christine Hakim sebuah acara memperingati 50 Tahun Berkarya Christine Hakim, rangkaian Fringe Event Jakarta Film Week ini akan diselenggarakan pada 28 Oktober 2023 di Ashley Hotel Wahid Hasyim, Jakarta.

Acting Masterclass ini akan diikuti oleh mereka yang terpilih melalui tahap seleksi. Calon peserta diwajibkan memiliki pengalaman minimal pernah terlibat di dua judul film sebagai pemeran utama atau pemeran pendukung dalam film pendek, film panjang maupun film seri.

10 Okt 2023

Kepedulian Kera Ngalam pada Orang Kurang Mampu Penderita Diabetes

dok. kompas.com

Kera Ngalam alias Arek Malang, kalian musti bangga punya Ahmad Hasyim Wibisono. Pemuda dengan kepedulian tinggi, kepada orang-orang yang kurang mampu. Hasyim adalah CEO Pedis Care Malang Jawa Timur, sekaligus Dosen di Fakultas Keperawatan Universitas Brawijaya Malang.

O’ya, Pedis care adalah klinik atau rumah rawat luka, berfocus pada perawatan luka dan sloma. Pedis care juga merupakan bidang usaha atau bisnis, dengan produk utamanya adalah pelayanan kesehatan di luar rumah sakit.

8 Okt 2023

Pemuda Peduli Pernikahan Dini dari Kalimantan Barat

Pernikahan dini adalah pernikahan yang terjadi, ketika salah satu atau kedua pasangan berusia di bawah 18 tahun.- Journal Unnes 

Dunia ini sangatlah unik adanya, ragam kejadian tumplek blek ada di sini. Soal pernikahan, juga menjadi kisah yang tak kalah uniknya. Kalau saya kerap kali mendapati, teman-teman di usia cukup belum menikah. Termasuk saya yang dulu, menikah di usia yang cukup matang.

7 Okt 2023

Jatuh Cinta Seperti di Film Film (JESEDEF) Bercerita Lewat First Look Dua Tokoh Utamanya

Dunia film Indonesia, menyuguhkan karya dengan nuansa yang memikat. Imajinari, bersama  Jagartha & Trinity Entertainment. Dengan mempersembahkan Film Jatuh Cinta Seperti di Film-Film, produksi Cerita Films, sebuah karya sinematik yang unik, menggabungkan elemen romance, comedy, dan layar hitam putih.

Di tengah dunia dipenuhi warna-warni, film ini berani menyajikan suasana romantis dan dramatis melalui perpaduan monokrom. Teknik ini bukan sekadar pilihan estetis, tetapi juga sebuah jendela ke dalam emosi dan nuansa yang terkandung dalam setiap adegan.

6 Okt 2023

Perempuan Tangguh Sahabat Korban Kekerasan Seksual

 

Masa sekarang, penjahat kelamin alias pelaku kekerasan seksual bisa muncul di mana-mana. Tidak ada di lingkungan terdekat, bahkan muncul di transportasi massal.

Sering kita baca atau dengar berita, paman, saudara, bahkan ayah kandung menodai anak gadis sendiri. Sementara penjahat kelamin di ruang publik, biasanya beraksi di jam sibuk, alias jam berangkat dan pulang kantor.  Sungguh miris, sekaligus prihatin tentunya.

5 Okt 2023

Bioskop Rakyat dengan Harga Merakyat

Warga Bandung ada kabar gembira, bisa menonton berbagai film Indonesia pilihan secara offline. Bioskop Online berkolaborasi dengan Produksi Film Negara (PFN) dan Pos Properti, mempersembahkan program untuk menonton.

Program Bioskop Rakyat ini diadakan di Graha Pos Indonesia Banda, Bandung,  bertujuan untuk mendistribusikan film-film nasional berkualitas tinggi kepada masyarakat. Sejalan dengan komitmen stake holder, memberikan wadah bagi film-film lokal berkualitas dan bisa menjadi pilihan baru dalam menonton film Indonesia bagi warga Bandung.

3 Okt 2023

Film Sara Akan World Premiere di Busan International Film Festival 2023

Bosan Berisik Lab, Ruang Basbeth Bercerita, dan Visionari Capital Film Fund dengan bangga mengumumkan World Premiere film Sara akan digelar di Busan International Film Festival 2023, dalam dua program; Special Program in Focus: Renaissance of Indonesian Cinema dan A Window on Asian Cinema.

1 Okt 2023

Merekahkan Senyum dan Harapan bagi Anak Sumbing di Aceh

Semasa kecil, saya punya tetangga dengan bibir sumbing. Beliau cukup percaya diri, berbaur, bergaul, dan bersikap sewajarnya. Beruntung tidak ada warga yang julid, sehingga pemilik bibir sumbing tidak merasa dikucilkan.

Tetapi saya yakin, masih banyak orang sumbing yang minder. Karena kurangnya support system, dari orang-orang terdekat di lingkungan sekitar. Akhirnya mereka memilih menutup diri, tidak ingin bergaul dengan orang lain.