31 Jan 2024

Bergeraklah dan Berenergilah !


Hanya dengan bergerak maka tercipta energi,

Sehingga memberi kemungkinan untuk berkembang.

Karena hidup tanpa energi bagaikan kehidupan yang mati.

Bukankah demikian sunatulloh bekerja.

29 Jan 2024

Persembahan Ultah Spesial untuk Orang Spesial

Bulan januari ini, bisa dibilang bulan spesial di keluarga kami. Pasalnya istri dan anak, bertambah usia di bulan ke satu ini. So, far memang tidak ada perayaan khusus.

Selama menikah, belum pernah kami lakukan. Yaitu sengaja masak besar atau pesan catering, kemudian mengundang sanak, kerabat, pun sobat. Mengajak banyak orang, merayakan bersama dengan membawa kado. Bahkan, tidak ada suprise dengan melempar kue. Duuuh, eman- eman.

25 Jan 2024

Kisah dalam Novel Janadriyah - Sebuah Perjalanan

Kebayang, tatangannya hidup di negara orang.  Keluarga muda yang inggal di flat sederhana, dengan perabot seadanya. Hidup jauh dari sanak saudara, kalau ada masalah musti diselesaikan mandiri. Hal itu dialami ayah muda bernama Rahmat, mengajak istri dan anaknya pindah karena bekerja di Riyadh Qatar. Mai sang istri, mengandung buah hati kedua.

24 Jan 2024

Yeaay, Ke Garut Bisa Naik KA Papandayan

Railfans, ada kabar gembira nih !!

PT Kereta Api Indonesia (Persero) meluncurkan 3 KA baru, di penghujung bulan Januari. Adalah KA Papandayan Ekspres relasi Garut-Gambir (PP), KA Pangandaran relasi Banjar-Gambir (PP), dan KA Malabar keberangkatan pagi hari relasi Bandung-Malang (PP).

23 Jan 2024

Mengada Itu Abadi

Beberapa waktu silam, di kompasiana menampilkan HL kabar duka kepergian super Admin. Sontak memantik Kompasianer, menuliskan kesan-kesan dengan almarhum. Terutama yang mengenal secara pribadi, atau kenal melalui tulisan-tulisan di Kompasiana. Saya termasuk, di kategori terakhir (hanya via tulisan)

22 Jan 2024

Menikmati Kebersamaan Sebelum Kehilangan

Ditinggal  orang dikasihi, pasti melahirkan perasaan pedih. Duka yang mendalam, bisa jadi melebihi duka yang pernah dirasakan.Saya dua kali mengalami, ketika ayahanda meninggal belasan tahun silam. Kemudian saat ibu mertua berpulang, rasa duka yang dalam datang lagi.
Dengan ayah kandung, banyak kenangan terutama saat saya masih belia. Ayah dengan kesederhanaannya, tak akan terlupa jasa-jasanya.  Sementara dengan ibu mertua, beliau orang yang paling berjasa. Ketika anak mantu ini baru merangkak, membina rumah tangga putri bungsunya.

Belajar dari pengalaman itu, saya meyakini satu hal. Bahwa di setiap kejadian, selalu ada hikmah tersampaikan. Hikmah kehilangan bagi saya, adalah menyadari betapa sangat berharganya kebersamaan. 
Setiap persuaan, dengan saudara, kerabat, sahabat, teman, apalagi dengan orangtua, belahan jiwa dan buah hati, mustilah dimanfaatkan sebaik-baiknya. Pada benak orang orang dikenal, kelak kita dikenang sikap saat bersama, 
Maka alangkah indahnya, apabila kenangan yang baik yang menjadi simpanan itu.

------

Siang yang terik namun sendu, saya bersama dua kakak ipar di liang lahat. Siap menerima jasad ibu, hendak dikebumikan di pemakaman. Ketika ayahanda meninggal, saya tak keburu hadir karena di perjalanan dari luar kota.

Kelopak bunga kamboja gugur, berbaur mawar melati setaman . Semuanya tertunduk pilu, meski di benak ada yang sedang bertumbuh. Yaitu banyak kenangan, yang pernah dilalui bersama.

----- 

Ibu, ikut sama anaknya saja, kalau dia mau ibu ya setuju,” 

Setelah percakapan serius malam itu, selang beberapa hari saya mengajak ayah dan ibu dari kampung. Bertemu, berkenalan dengan calon besan dan calon mantu. Obrolan antar orangtua semakin serius, tiba tiba sampai hari lamaran, ijab kabul dan resepsi pernikahan.

Ibu adalah orang yang menyediakan diri, direpoti akan banyak hal. Kalau sedang masak besar, kami dikabari agar segera ke rumah. Pun kalau pulang dari bepergian, oleh-oleh dibawakan untuk anak dan cucu.

Tanpa terasa, panjang sudah waktu dilalui bersama. Mbarep saya sudah dewasa, adiknya masuk usia akil baligh.

Ya, setiap kebersamaan akan menjadi kenangan. Tinggal kita yang memutuskan, seperti apa mengisi kebersamaan. Cepat atau lambat, setiap orang akan sampai di garis akhir.

Teman-teman, yang orangtuanya masih sehat, belahan jiwa dan buah hati masih bersama. Yang saudara kandung atau ipar, kerabat besar bisa berkumpul. Yang sahabat dan teman masih bisa berusa, jangan sia-siakan anugerah istimewa ini.

Nikmati dan syukuri setiap kebersamaan, sebelum kelak tiba waktu untuk merasakan kehilangan.

21 Jan 2024

Menemani Orangtua yang Sudah Sepuh

Turut prihatin, mendapati pasangan sepuh tinggal berdua. Tiada satu anak, mau menemani dengan berbagai alasan. Terbayang keseharian lansia, dengan tubuh dan tenaga lemahnya. Anak-anaknya sudah berumah tangga, hidup di tanah rantau dan sibuk dengan urusan keluarga masing-masing. 

Pada awal 2018 tersiar kabar, sepasang lansia ditemukan meninggal dunia di rumahnya di Magelang Jawa Tengah. Sutarjo (70 th) dan Surati (60 th), jasadnya nyaris membusuk. Hasil olah TKP, diperkirakan dua lansia meninggal dua tiga hari sebelum ditemukan. 

20 Jan 2024

Film Horor Aksi Terbaru di Penghujung Januari

Film horor aksi “Pemukiman Setan”, siap menghantui bioskop seluruh Indonesia mulai 25 Januari 2024. Disutradarai Charles Gozali dan diproduseri Linda Gozali, film ini menjanjikan pengalaman menonton film horor yang menegangkan dan mencekam.

Jelang penayangannya di bioskop, film Pemukiman Setan menggelar acara Press Screening dan Gala Premiere di XXI Epicentrum. Acara ini dihadiri oleh rekanan media, kolega industri film, dan para pemain serta kru film yang turut memeriahkan malam tersebut.

16 Jan 2024

Relaksasi dan Mindful Eating untuk Diet

Relaksasi berasal dari kata Rileks atau santai, adalah kegiatan untuk melepas ketegangan. Relaksasi bisa dengan berbagai cara, misalnya olah raga, menonton TV, membaca buku, rekreasi, bernyanyi, dan lain sebagainya.

14 Jan 2024

Tiga Film Indonesia Pilihan Karya Sineas Muda Berbakat

Bioskop Online, platform menonton online film-film pilihan Indonesia. Mengumumkan tiga koleksi film baru, yang bisa dinikmati penonton mulai Januari 2024. Kehadiran tiga film terbaru ini, bukan sekadar hiburan berkualitas, sekaligus memberikan dukungan kuat bagi industri film lokal.  Film karya sineas muda berbakat, yang tersebar di berbagai penjuru Indonesia.

13 Jan 2024

Bahkan Bertahan Saja Sudah Cukup


Kompasianer’s, kita sudah berada di tahun 2024. Terhitung hari ini, kita sudah masuk di sepertiga bulan satu. Sehingga suasana tahun baru memudar, rutinitas keseharian sudah dijalani seperti biasa. Saya team tidak riuh di pergantian tahun, tidak terlalu terbawa euforia itu.

12 Jan 2024

Segala Kebaikan Takkan Terhapus oleh Kepahitan

Jujurly, saya lumayan kerap nemu ide, dari hasil scrolling medsos. Entah dari konten yang ngetren, entah dari musik pengiring, atau dari kejadian yang sedang naik. Misalnya tren ‘Hi kid, this is you’re mom/dad’, saya bisa menjadikan dua artikel.

8 Jan 2024

Jualan Bubur Ayam Keuntungannya untuk Berbagi

Kompasianer’s.

Saya punya teman, memiliki jiwa filantrophy sangat tinggi. Perkenalan kami, dimulai dari kegiatan berbagi di daerah Bintaro. Ketika itu, beliau menggawangi warung berkah. Warung yang didirikan, oleh komunitas haji.

Banyak program makan gratis, diadakan di warung berkah. Misalnya 10 piring buka puasa gratis, bagi yang puasa senin-kamis. Bagi pengemudi ojek online, mendapat harga diskon dan free es teh. Setiap hari jumat, membagikan puluhan bungkus nasi rames.

7 Jan 2024

Binatang Kutub Pindah ke Jakarta

 

Tahu dong, Pinguin ?

Binatang dengan dominasi warna putih di badan, di bagian tertentu berwarna hitam. Paruhnya mungil, berjalan lucu, sayapnya bak dua tangan. Biasanya pinguin muncul, hanya di daerah beriklim dingin.

5 Jan 2024

Film Pemukiman Setan Siap Tayang Akhir Januari

MAGMA Entertainment bersama Rapi Films, Caravan Studio, dan Dunia Mencekam Studios, merilis official poster film horor terbaru “Pemukiman Setan”. Film ini akan menghantui layar bioskop mulai 25 Januari 2024, menandai kembalinya sutradara berbakat Charles Gozali.

Di poster terlihat sosok yang akan membawa mimpi buruk bagi karakter-karakter yang ada di film ini. Kengerian yang tergambar di poster utama film ini juga tergambar dari poster para karakternya.

4 Jan 2024

Mencintai Keluarga Berarti Mencintai Diri Sendiri

Bahagia itu istimewa, tidak terlalu kaku dan terpaku pada satu keadaan tertentu. Kebahagiaan itu sederhana, bisa datang pada tak melihat kasta. Kebahagiaan itu nyata, tak segan bersemayam di hati siapa saja.

Kebahagiaan suami semestinya tumbuh, ketika mendapati istri nyaman dengan kerelaan melewati segala cuaca kehidupan bersama.  Kebahagiaan seorang ayah seharusnya tiba, melihat keceriaan ada di wajah anak-anak, melalui kebersamaan yang dicipta.

2 Jan 2024

Di 2 of 366 Sadar Mulai Menua

Happy New Year 2024 kawan’s. Tahun yang baru, telah selangkah kita lewati. Tentu aneka pengharapan telah terpatri, demi hal baik di hari mendatang. Setiap orang dengan latar belakang berbeda, tentu memiliki harapan yang tidak sama.