31 Agu 2022

Bakti pada Orangtua Seharusnya Tiada Syarat

 

Berteman dan berinteraksi dengan pengelola Panti Lansia, membawa saya pada banyak kisah pilu penghuninya. Cerita prihatin memantik haru, ada dibalik sampainya para lansia di tempat ini.

Ada ibu yang sengaja “dibuang”, kemudian oleh dinsos ditemukan dipinggir jalan TOL. Ada lansia datang saat hari mulai petang, diantar anak muda dengan menggunakan motor.  Pengantar mengaku menemukan di pinggir jalan, pamit sebentar untuk membeli suatu barang.

30 Agu 2022

Debut Film Animasi Layar Lebar Original untuk Anak dan Keluarga

 

Saya yakin beberapa judul film ini sudah tak asing, seperti “Keluarga Cemara 1”, “Nussa”, “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini”, “Keluarga Cemara 2”, dan lain sebagainya. Film tersebut sarat dengan nilai dan pesan bagi anak serta keluarga.

Segera menyusul film animasi layar lebar original dari Visinema Animation berjudul Jumbo, karya animator dan sutradara Ryan Adriandhy.

26 Agu 2022

Musuh Kita tidak di Mana- mana


Menulis adalah “makanan” sehari- hari, baik blogger, jurnalis, penulis dan atau pekerjaan yang berhubungan dengan literasi. Ide bisa muncul kapan saja, rasanya sayang kalau dibiarkan menguap. Menulis bagi seorang penulis, smestinya menjadi keasyikan dan kebutuhan. Layaknya makan minum, yang tidak pernah bosan dilakukan saban hari.

Merangkai kata menjadi kalimat, menyusun menjadi cerita. Adalah pekerjaan, yang perlu ketelitian, ketelatenan dan ketekunan. Kalau dinikmati prosesnya, niscaya bisa menghasilkan karya luar biasa.

25 Agu 2022

Bahkan yang Kau Pikirkan Sejatinya bisa Menjadi Doa

Saya pernah mengantar anak, ikut kelas menggambar di Kandang Jurang Doank Ciputat- Tangsel. Ada om Dik Doank, mengisi kelas sore itu. Sebelum kelas dimulai, kami ditunjukkan sebuah lukisan karya Dik Doank. Adalah sketsa gambar rumah termauk halaman dan pernak-pernik, lebih kurang mirip dengan rumah yang saat ini kami lihat (Rumah Dik Doank bersama keluarga).

22 Agu 2022

Menjadi Ayah Terbaik Seharusnya Menjadi Resolusi Setiap Ayah

 


Secara usia, saya sudah tidak bisa dikategorikan ayah muda. Anak dua, keduanya sudah baligh. Pun istri, secara usia bisa dikatakan cukup matang. Saya belajar mensyukuri, anugerah kehidupan yang luar biasa.

Perjalanan hidup mengantarkan aneka pengalaman, bisa menjadi batu ajar menghadapi ujian kehidupan. Pelajaran saya dapati, bahwa kita musti adaptif dengan jaman.

21 Agu 2022

Memendar Kasih di Pelosok Tabanan


Setitik cahaya, niscaya tampak di ruang pekat. Sebentuk  kasih dari sebentuk hati, niscaya kan terungkap.  Demikian hukum semesta berlaku, akibat bagi yang berbuat tak memandang apa dan atau siapa.

Saya menemui setitik cahaya, di desa Bantas Tabanan Bali. Ketika saya berkesempatan, mengunjungi anak-anak di rumah SOS Childern's Villages. Adalah bapak I Gusti Agung Made Suweca, selaku kepala di asrama anak-anak butuh kasih sayang.

18 Agu 2022

Film Anyar dari Bisma Karisma

 

Nama Bisma Karisma, dikenal sebagai penyanyi atau boyband di Indonesia. Setelah lama tak muncul, kini hadri dengan karya terbarunya. Kali ini bukan dengan single atau album, tetapi Ia membintangi film Romantik Problematik.

Film yang ditayangkan Agustus 2022, bakalan menjadi konten Bioskop Online. Dalam film ini Bisma akan memerankan karakter Ricky, seorang musisi yang sedang memperjuangkan cintanya. Berpasangkan dengan aktris muda Lania Fira, yang memerankan Alisha.

17 Agu 2022

KPK Gelar Seri Webinar Filmmaking ACFFest

 

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), menggelar Seri Webinar Filmmaking dalam rangkaian program Anti-Corruption Film Festival (ACFFEST) 2022. Webinar kali ini mengusung tema “Visual Story Telling Through Creativity & Inculusivity” digelar secara virtual.

Membuka kegiatan adalah Kepala Satuan Tugas Kampanye Antikorupsi KPK Wuryono Prakoso, bersama narasumber Spesialis Kampanye Antikorupsi KPK Soraya Sri Anggrawati, Sutradara Film Danial Rifki, dan Penulis Skenario Titien Wattimena.

16 Agu 2022

Program Menggapai Keberkahan di Warteg Kharisma Elegant


Warteg atau warung tegal, nama yang sangat familiar. Kali pertama saya mengenal warteg, setelah merantau ke ibukota. Ya, beberapa kali pindah kota perantauan, seingat saya hanya di wilayah Jabodetabek menemui.

Warteg sangat mudah ditemu kenali, mulai dari lokasi mudah dijangkau bahkan sampai di gang atau kampung. Selain harga bersahabat, menu disajikan cukup variatif.

15 Agu 2022

Menggugah Selera dengan Kreasi Kupas Buah

 

Kita sepakat ya, mengonsumsi buah menyehatkan. Tapi uniknya, ada sebagian orang kurang suka buah. Anak saya pilah pilih soal buah, hanya buah tertentu yang disukai.  Buah yang masih dikategorikan camilan, dalam keseharian dianggap sebagai pencuci mulut.

Perhatikan kalau ada hajatan atau resepsi, letak buah ada di ujung setelah makanan utama.  Secara tidak langsung dianjurkan, makan besar setelahnya menyusul buah. Beberapa acara saya dapati, buah diganti puding atau kue manis.

14 Agu 2022

Menjaga Pertemanan adalah Menjaga Harta Karun

 

Berkecimpung di dunia blog, membuka pintu pertemanan dengan para blogger. Saya dulu mengawali ngeblog secara serius, dengan bergabung dan menulis di Kompasiana. Forum luar biasa ini, seperti rumah terbuka bagi yang ingin memasuki.

Saya ingat kali pertama ikut Nangkring Kompasiana, sebagai warga baru disambut ramah para senior. Kemudian admin Kompasiana yang helpfull, membuat saya tidak minder dan apalagi mati gaya.

13 Agu 2022

Yang Spesial di Bulan Agustus

 

Memeriahkan kemerdekaan Indonesia ke-77, sekaligus ulang tahun ke 7, Maxx Coffee mempersembahkan “Proudly Indonesian”. Kampanye diselenggarakan 10 - 31 Agustus 2022, di seluruh outlet Maxx Coffee di seluruh Indonesia.

Konsumen bisa menikmati special design Proudly Indonesian cup, menu khusus Latte Cinta Bangsa, berbagai rangkaian promo, dan acara sesi manual brew produk kopi asli Indonesia andalan Maxx Coffee.

11 Agu 2022

Kini Mengupas Buah Nanas Tak Serepot Dulu


Buah nanas mudah dikenali, daun kaku hijau keputihan di atasnya membuat begitu khas. Kulit buah relatif keras, berwarna hijau kekuningan. Kalau dikupas tampak mata bulat hitam di permukaan dagingnya, mengandungan air dan serat cukup mengemuka.

Cara mengupasnya sangat unik, dibuat guratan bermotif spiral mengikuti mata bulat hitam. Butuh ketelatenan memang, terutama dibagian menguliti mata buah di permukaan daging. Kalau tidak bersih, kemudian sedikit saja ada serabut tertinggal. Selain berdampak gatal di ujung lidah, di tenggorokan bisa serak.

9 Agu 2022

Menguak Fakta atau Mitos Pijat Kretek dan Saraf Kejepit di Health Talk RS Premier Bintaro


 

 

Teman-teman, mungkin ada pernah melihat konten medsos. Ada public figure, sedang dipijat kretek oleh ahli pijat. Jujurly, saya ikut ngilu dan nyeri melihatnya. Menyimak dari awal pijat kretek, si public figure berbaring (tengkurep/ telentang) pasrah.   Muncul perasaan kawatir, kalau- kalau ada yang salah saat dikretek di bagian tubuh tertentu.

Saat tegang belum sepenuhnya hilang, mendadak terdengar, “KREEEEG—KREEEG—KREG”. Hadeeuh, seketika berkecamuk antara kawatir dan penasaran.  Selang beberapa saat, terdengar “duh—auw” dan hening  sejenak. Si public figure membuka mata, ekspresi wajah berubah sumringah.

7 Agu 2022

Sunatullah Bekerja dengan Kesungguhannya

Sunatullah atau hukum alam,  bekerja dengan sebegitu sempurnanya. Apa dan siapa yang berbuat, niscaya akan mendapati akibatnya. Bagi orang tak berbuat tapi ikut menangung akibat, pada akhirnya mendapatkan ganjaran sesuai.

Semesta bekerja sesuai sunnatullah, tak melanggar dan tak bisa dilanggar. Manusia dengan anugerah akal, sebagai pembeda dengan makhluk lainnya. Manusia bisa memilih, menjadi dan melakukan apa diinginkan.

6 Agu 2022

Serunya Diet Dibersamai Buah

 

Pengalaman satu ini, rasanya tak bakal terlupakan seumur hidup. Kejadian campuran, antara menyenangkan sekaligus memalukan. Ketika pengumuman pemenang lomba menulis, yang diadakan sebuah brand buah.

Karena penyelenggara brand buah, hadiah disediakan buah dan uniknya seberat badan pemenangnya. Saya juara tiga dengan bobot berlebih (gemuk), sangat diuntungkan dengan sistem ini.

5 Agu 2022

Segera Tayang “Romantik Problematik” di Bioskop Online


Film Romantik Problematik dibintangi Bisma Karisma dan Lania Fira, akan segera menjadi konten terbaru yang tayang di Bioskop Online. Film bergenre drama romantis ini disutradarai oleh BW Purbanegara dan diproduseri Damar Adi.

Setiap hal apapun selalu mempunyai sisi lain. Yang baik ada sisi buruk, yang buruk ada sisi baik, dan dunia tidaklah hanya hitam dan putih, tapi banyak wilayah abu-abu yang perlu kita maknai dengan perenungan,” kata BW Purbanegara, sang sutradara.

4 Agu 2022

Saatnya Kreator dan Gamers Unjuk Diri Tanpa Batas

 

Hari gini, sebagian besar orang membutuhkan gadget untuk kegiatan keseharian. Brand HP menjadi terdepan, berkomitmen menghadirkan perangkat mumpuni. Berusaha memenuhi kebutuhan konsumen, agar setiap orang bisa berkreasi di manapun dan kapanpun.

Ya, kita hidup di masa bebas berekspresi. Bahkan para gamers pantas berbangga, e-Sport sudah dikategorikan sebagai salah satu cabang olahraga.

3 Agu 2022

Support JNE untuk UMKM Itu Nyata


Dari awal menikah, istri mengutarakan niat menjadi ibu rumah tangga (IRT). Meski sempat gamang, saya mengamini keputusan itu.  Apalagi di perjalanan berumah tangga, istri tampak berusaha untuk terus produktif.

Yaitu membuka usaha kecil-kecilan, memanfaatkan ruangan bagian depan di rumah kontrakan kami. Jujurly, JNE memiliki kontribusi di usaha kecil kami. Jasa logistik, sangat membantu usaha rintisan ala rumahan ini.

2 Agu 2022

Edukasi Investasi Aset Digital di Kalangan Milenial

 

Gerakan investasi aset digital di Indonesia, belakangan semakin masif. Banyak perusahaan fintech , memperkenalkan instrumen investasi digital asli tanah air. Satu diantaranya NanoArmy yang diwadahi Nanovest, memroduksi konten menarik dan menyenangkan sekaligus sebagai edukasi investasi aset digital.