26 Des 2022

Kolaborasi Commuter Line dan Ibu Berkebaya di Hari Ibu

 

Hari ibu – 22 Desember-- belum lama berlalu, tetapi kesan di benak masih terjaga. Beberapa postingan di akun medsos, masih saja mengetengahkan tema ibu. Commuter Line berkolaborasi dengan Komunitas Ibu Berkebaya, menyambut moment hari ibu dengan sekalian sosialisasi ‘Stop Pelecehan Seksual’.

Kegiatan diadakan di Stasiun BNI City, diawali dengan Talkshow, yang menghadirkan narsum Bahrul Fuad, Komisioner Komnas Perempuan, Astinifriyanti Damanik, LBH APIK Indonesia, dan Anne Purba VP Corporate Secretary KAI Comuuter.

Dari talkshow tersebut, dalam ditarik benang merah, bahwa upaya stop pelecehan seksual musti dilakukan secara bersama-sama. Perlu kerjasama stakeholder, tentunya dengan dukungan masyarakat.

Misalnya Komnas Perempuan bekerjasama dengan Commuter Line, yang mengadakan pengumuman di atas commuter line. Bahwa bagi korban pelecehan seksual, untuk tidak takut melapor, dan pelakunya akan diturunkan di stasiun terdekat. Sementara dari LBH APIK menekankan, merajuk UU 12/2022, bahwa tidak ada upaya damai bagi pelaku kekerasan seksual kecuali pada anak (dibawah 18 tahun).

Selepas acara talkshow, digelar fashion show oleh Komunitas Perempuan Pelestari Budaya (Berkebaya). Kegiatan dilanjutkan, dengan sosialisasi di dalam commuter line. Para ibu berkebaya membagikan stiker, kepada para pengguna commuter.

Acara diakhiri di Stasiun Kota, dan pembagian stiker ditujukan pada pengguna commuter yang sedang berada di stasiun. Kegiatan ini bertujuan, untuk menggugah kesadaran masyarakat agar tidak melakukan tindakan kekerasan dan pelecehan seksual di transportasi umum.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA