21 Feb 2019

Gorila Sport, Saatnya Kabar Olahraga Berkolaborasi dengan Illustrasi Keren

illustrasi dari IG gorilasport

“Liverpool tak boleh lagi membuang kesempatan, Tim berjuluk The Red itu harus meraih kemenangan apabila ingin mengambil alih tampuk pimpinan klasemen Premier League musim ini.” (dicuplik dari gorilasport.com)

Hey Millenials, suka dong baca dan mengikuti berita olahraga. Menurut survey, olahraga menempati peringkat teratas paling disuka millenials, menyusul musik dan agama.
Bujang saya, gemar banget dengan club sepak bola Juventus, ngefans berat ‘Paulo Dybala- pemain sayap kanan’, menyusul ‘Ronaldo sang striker’, ‘Chiellini si center bek’ dan masih banyak lagi.

Menyoal berita olahraga, saya (mungkin anda juga) kerap mengikuti media mainstream (portal, koran, majalah)  mengulas berita dengan gaya seragam.
Berita diulas dengan bahasa baku (khas bahasa redaksi), disertakan satu atau dua foto sebagai pendukung– apakah salah? Oo, tentu tidak.

Nah, Sekarang coba rasa dan bedakan !
Baca pelan pelan, dua baris berita olahraga (di awal tulisan ini) yang saya cuplik dari artikel ‘Liverpool Tak Mau Terpeleset Lagi’ di gorilasport.com.”
Capture gorilasport.com

Baru membaca enam kata di awal kalimat saja, saya bisa merasakan sesuatu berbeda, pemilihan diksi digunakan tidak biasa.
Itu baru soal kata per-kata lho, ada lagi ilustrasi (ala komik) sangat unik yang menyertai setiap ulasan berita sehingga memantik rasa penasaran.

Berikut contoh ulasan unik yang berhasil membuat saya langsung ‘klik’ link, Rambut unik Ronaldo dinilai sebagai salah satu jimat Brazil kala itu. Tim samba akhirnya keluar sebagai juara turnamen yang dimainkan di Korea Selatan dan Jepang itu dengan mengandaskan Jerman pada laga pamungkas Kereeen, saya pengin banget, bisa nulis seperti ini.
capture gorilasport.com


Gorila Sport Pelopor Media Olahraga Berbasis Ilustrasi

Gorila Sport diinisiasi oleh ‘trio’ Leo Tigor Pasaroan, Johari Zein dan Sheila Rooswitha,  telah berhasil membuat terobosan sebagai pelopor media olahraga berbasis ilustrasi.
Sejak berdiri tahun 2016, telah mendapat perhatian cukup baik dari kalangan olahragawan, komikus/illustrator dan tentunya masyarakat pecinta olahraga.

Kanal medsos Gorila Sport, sangat menarik minat pengikut (follower) organik dari kalangan millenials di rentang usia 18-35 tahun.
Tak tanggung-tanggung, medsos Gorila Sport telah menjangkau lebih dari 500.000 pengguna medsos lintas platform.
Johari Zein - founder gorila Sport- dokpri

Sementara untuk kanal gorilasport.com , dalam usia yang baru 2 tahun telah menjangkau lebih dari 100.000 pengunjung setiap harinya
Hal ini sebagai bukti, bahwa konten olahraga-pun sangat bisa dikemas dengan sentuhan menarik dan berbeda.

Semangat berbagi kebaikan dipegang Johari Zein, membuat kelahiran Gorila Sport tampil berbeda dan out standing.
Sebagai Komisaris JNE, Johari telah lama menerapkan semangat berbagi kebaikan, pada bisnis jasa logistik  yang menjadi leader di bidangnya.

Kemudian Johari merintis bisnis jasa pengiriman Paxel, dengan membuat inovasi pengiriman berbasis loker demi memangkas biaya agar lebih efisien.
Dan bagi pecinta kuliner Nusantara yang beraneka ragam, Johari mewujudkan bisnis kuliner melalui bendera Omiyago.

Gorila ingin menjembatani pelukis Komik, tidak ada niat mengambil hak kontributor,” jelas Johari pada acara Blogger Gathering Gorila Sport.

Gorila Sport siap meluncurkan konten baru, dibuat dalam 10 (sepuluh) rubrik variatif dan siap menyapa pembaca secara berkala.
Perlu dicatat, rubrik baru ini tidak melulu berisi berita olahraga, tetapi juga membahas keseruan yang terjadi di seputaran olahraga (gaya hidup, fashion, pelaku, tren berkembang).

Apa saja sih rubrik baru di Gorila Sport?
  • #desagelong ; rubrik andalan yang memunculkan tokoh ikon Gorila Sport yaitu ‘Kisah si Gori Gorila’
  • #komikstripgorila ; rubrik yang membahas keseruan di sekitar olahraga, dikemas ringan dan menghibur.
  • #nyinyir ; rubrik khusus untuk mengkritisi berbagai macam hal yang terjadi di olahraga Indonesia dan dunia.
  • #suaragorila ; rubrik yang membahas berita olahraga yang sedang hangat dengan gaya menarik dan menghibur.
  • #gambarkuuy ; rubrik yang mengajak pembaca dan penggemar gambar, ikut membuat karya gambar bertema olahraga.
  • Dan lain sebagainya..


O’ya, torehan mencengangkan juga dibuktikan kembali Gorila Sport, melalui beberapa project yang telah dijalankan.

Yaitu menjadi partner pembuatan konten medsos Manajemen Liga Sepakbola teratas di Indonesia dan Klub sepakbola profesional Bhayangkara FC.
Di luar bidang olahraga, Gorila Sport mendapat kepercayaan dari Bank Mandiri, membuat SOP salah satu divisinya.

Gorila Sport adalah ruang berkreasi bagi para pekerja seni/ illustrator dan para pecinta olahraga di Indonesia. Memasuki usia yang ketiga tahun, Gorila Sport akan menjalin banyak sinergi dan kolaborasi dengan para illustrator, komikus dan para seniman di Indonesia,” imbuh Matthius Chalim, CEO Gorila Sport.
Johari Zein berpose bareng Blogger - dok WAG

Do, you know, -- dibalik sukses gemilang diraih film ‘Transformer dan Iron Man’, ternyata ilustrator dua film kelas dunia ini adalah arek Suroboyo bernama Andre Surya.

Beberapa portfolio visual efek film lain mengantre, lahir dari tangan dingin Andre, seperti ‘Indiana Jones and The Kingdom of The Crystal Skull’, ‘Star Trek’, “Teminator Salvation’ dan seterusnya.

Ini artinya, ilustrator Indonesia (sebenarnya) diakui dunia. Saya yakin, masih sangat banyak bibit bibit Illustrator muda yang perlu diasah.

Dan Gorila Sport, memberi ruang dan mengambil peran pengasahan, pada bakat- bakat emas generasi milenial bangsa besar Indonesia ini.

Berbagai Kebaikan’ falsafah yang dipegang Johari Zein — mengingatkan saya pada pepatah arab  ‘Khairunnas anfa uhum linnas- sebaik-baik manusia adalah yang manusia yang bermanfaat bagi orang lain--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya