7 Mei 2017

‘Mengupas’ Fakta Tentang Pepaya



Buah Pepaya -dokpri

Siapa tak kenal pepaya, buah berkulit hijau kekuningan dengan daging merah kekuningan. Kalau sudah siap konsumsi dagingnya empuk, tak perlu bersusah payah menguyahnya. Pepaya termasuk buah yang sangat mudah dicari, masalah harga tak perlu khawatir akan menguras dompet.
Buah pepaya dijual di abang-abang dengan gerobak keliling, juga mudah dijumpai di setiap penjual buah pinggir jalan. Kerap saya lihat di Supermarket, pepaya dijual dalam kondisi sudah dipotong dan dikemas dalam plastik. Hal ini memudahkan pembelinya, menikmati pepaya tanpa repot mengupas sendiri.
Pepaya juga hadir di acara pesta, seperti resepsi perkawinan atau acara perayaan lainnya. Coba saja perhatikan di setiap acara prasmanan, nyaris tak ketinggalan memajang buah pepaya di ujung makan besar/ utama.
Padahal kalau kita paham tahapan, smestinya buah dikonsumsi lebih dulu dibanding makan utama. Sebab makan buah setelah makan nasi, berpotensi membuat perut mudah kembung.  Seperti kita ketahui buah memiliki kandungan air cukup banyak, sangat bagus dimakan saat perut sedang kosong.
Tapi perlu ada hal yang perlu digarisbawahi, tidak semua buah bisa konsumsi sebelum lambung terisi. Buah yang mengandung gas seperti durian, atau nangka, tidak bisa sembarang makan.
Back to pepaya
Pepaya selain ekonomis, ternyata sangat kaya akan kandungan manfaat. Mengonsumsi pepaya sangat baik untuk kesehatan kulit, juga untuk menambah kekebalan daya tahan tubuh/ imun. Kalau rutin memberi tubuh asupan pepaya, berdampak baik bagi jantung dan mengurangi resiko kanker. Bagi yang sedang tidak lancar urusan buang air besar (BAB), nah buah pepaya membantu melancarkan pencernaan.
Mengapa Pepaya Menyehatkan?
Buah pepaya kaya vitamin A,C, Folat, serat dan potasium. Selain itu pepaya memiliki sedikit lemak jenuh dan kolesterol, sehingga cocok bagi yang sedang menjalani diet.

Fakta Unik Pepaya !
Vitamin C dalam pepaya mengandung anti peradangan, dapat membantu mengurangi radang sendi. Selain itu juga membantu menyembuhkan luka, serta membantu mencegah pembekuan darah.
Mengoleskan getah pepaya ke wajah, ternyata dapat membantu menghilangkan jerawat, mengurangi kerutan, serta mencerahkan kulit wajah agar tampak berkilau.
buah pepaya-dokpri
Menanam pohon pepaya juga sangat praktis, kadang kita tidak sengaja membuang bijinya bisa tumbuh. Bagi kita yang hidup di daerah tropis, pepaya sangat mudah tumbuh tanpa membutuhkan lahan dengan kondisi tanah tertentu.
Kalau anda sedang belanja pepaya ke pasar atau supermarket, bisa lho memilih buah pepaya berlabel Sunpride. Pepaya Sunpride ditanam dan di kembangkan dengan penuh perhitungan, sehingga memiliki kualitas yang bisa dijadikan jaminan.
Yuk, hidup sehat dengan buah!

2 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya