19 Mei 2017

Relaksasi Sederhana Tapi Dahsyat Khasiatnya



Herbadrink Saritemulawak -dokpri

Minggu malam, saatnya anak-anak belajar untuk mempersiapkan sekolah esok hari. Si Ayah mengerjakan beberapa tugas di laptop, didampingi minuman hangat Herbadrink SariTemulawak.
Saya yakin, anda pasti kenal temulawak dan tidak sangsi dengan khasiat yang terkandung di dalamnya. Temulawak adalah tumbuhan asli Indonesia, kini  telah tersebar di berbagai kawasan Asia Tenggara bahkan Eropa.
Saya sendiri sudah akrab dengan minuman temulawak sejak kecil, biasa membeli di tukang jamu keliling atau penjual jamu di lapak pinggir jalan. Biasanya saya gunakan sebagai penawar, setelah minum jamu yang rasanya pahit.

Saya masih ingat sosok (alm) mbah Sum, penjual jamu langganan yang dulu sering lewat depan rumah orang tua di kampung. 
Kerap kali saya menunggu nenek bertubuh kecil ini, untuk membeli jamu dagangannya. Jamu yang saya pilih sangat dihapal mbah Sum, tidak lain tidak bukan adalah jamu temulawak.
Saya gemar jamu temulawak, karena rasanya manis sedikit asam dan segar beraroma herbal. Begitu aroma tersentuh indera penciuman, seperti ada sugesti tentang khasiat yang akan dirasakan tubuh ini.

Setelah berkeluarga, saya menikmati minuman herbal ini saat jelang malam. Menemani anak-anak sedang belajar, sembari selonjoran melepas lelah setelah seharian beraktivitas. Badan ini terasa begitu nyaman, setelah menikmati hangatnya minuman menyehatkan. 

Bukan sekedar penawar rasa pahit setelah minum jamu, khasiat temulawak ternyata lebih dahsyat dari yang saya kira. Temulawak dapat membantu menurunkan lemak darah, ekstrak temulawak sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol.

Kandungan kurkumin di dalamnya membantu untuk mengurangi rahang sendi, sementara kandungan katagoga dapat membantu kesehatan hati untuk memproduksi empedu dan memberikan rangsangan agar mengosongkan empedu. Selain beberapa manfaat di atas, masih banyak manfaat lain dari Temulawak. ( klik di SINI ) 
Bicara tentang kesehatan hati, saya punya pengalaman tak terlupakan seumur hidup. Saat itu benar-benar menjadi moment titik balik,  sekaligus dorongan kuat untuk merubah pola hidup dan pola konsumsi makanan.

Tepatnya seusai melakukan medical check up, di sebuah Clinik yang menangani masalah berat badan/ obesitas.
-0o0-
Kamar ukuran 4 x 5 meter tampak begitu bersih, dengan dinding bercat putih terang plus bau khas obat-obatan. Suhu udara dingin yang keluar dari AC terasa menyentuh kulit, namun buliran keringat tetap saja keluar dari pori-pori di dahi.

“silakan”

Ibu dokter dengan ramah mempersilakan saya,  untuk merebahkan diri di ranjang bersprei putih. Bagian bawah kaos yang saya pakai dinaikkan sedikit, memperlihatkan separuh bagian perut buncit ini.

Seperangkat alat  tampak dipersiapkan, melihat sekilas mirip alat USG yang biasa dipakai untuk periksa kandungan ibu hamil. Suasana sudah terlanjur membuat nervous, nyali ini tak ada keberanian bertanya macam-macam.

“pernah lihat alat ini Pak?” Dokter berusaha mencairkan suasana
“Pernah Dok”
“Memang, alat apa ini Pak?” Dokter ingin meyakinkan
“Dulu sering lihat, waktu antar istri periksa kehamilan”

Rasa grogi tidak berhasil saya sembunyikan, percakapan yang dimulai dokter tidak serta merta membuat tenang dan santai.

“Iya benar, ini alat USG”
Jawab dokter masih dengan sikap ramah, sembari mengoleskan gel pada bagian tertentu di perut saya. menyusul ujung alat ditempelkan di atas olesan gel, kemudian digeser-geser sambil pandangannya ke arah tv monitor.

Beberapa kali Dokter merubah posisi ujung alat, sampai menangkap object yang diinginkan dengan baik. Layar monitor dipasang di dinding, memudahkan bola mata ini melihat organ yang ada di dalam perut saya. 

Tak lama nampak dua organ berwarna putih diselimuti warna hitam, dengan latar belakang warna hitam pekat.
“ini hati dan ini ginjal Pak”

Dokter menjelaskan gambar di layar, sambil menunjuk dua organ dimaksud dengan ujung pulpen. Dokter menerangkan bagaimana dua organ bekerja, sesekali menggunakan istilah kedokteran yang membuat kening ini mengeryit.

Sekitar lima menit perut ditempel alat USG, apa yang tampak di monitor telah berpindah ke atas kertas print.
Sesi Konsulitasi dengan dokter -dokpri
Saya bangkit dipersilakan kembali duduk, ke kursi tempat pertama kali masuk ke ruangan ini. Tak lama Dokter baik hati duduk berhadapan, menunjukkan sebuah gambar sambil memberi saran dan masukan.

Sekitar tiga puluh menit di ruang dokter, benak ini sesak dengan informasi bahaya pelemakan hati. Saya yang kala itu sudah masuk kategori obesitas, musti introspeksi dengan sungguh merubah kebiasaan kurang bagus.

Sepanjang perjalanan pulang, tak henti berucap syukur mengetahui hasil USG. Kondisi hati dan ginjal saya masih baik, tampak dari warna homogen pada kedua organ penting tersebut.

bisa diindikasikan terjadi pelemakan hati, kalau organ hati tampak  lebih putih dibanding ginjal” jelas Dokter.
 
Hasil USG -dokri
Sejak saat itu tekad ini membulat, tidak ada toleransi pada ego diri. 
Mengingat pernah Juga punya pengalaman tak enak, menjelang subuh tiba-tiba tidak bisa bangkit dari tempat tidur. Separuh badan seperti kesemutan, tiba-tiba badan bagian kanan tidak bisa digerakkan.

Seketika perasaan campuk aduk, bibir tak henti melafalkan doa dan dzikir. Saya paksa berjalan hilir mudik, alhamdulillah akhirnya badan terasa enak seperti sedia kala.

Tahukah kawan’s, tingginya kadar lemak yang tertimbun di sel-sel hati, sangat dapat menganggu fungsi hati. Bahaya pelemakan hati  tidak langsung terlihat tahapannya, baru terdeteksi biasanya sudah dalam kondisi terlambat.

DIET”, kata ini menjadi jawaban dari serangkaian pemeriksaan dokter.
Saya perbanyak konsumsi buah dan sayur, mengurangi asupan yang kurang perlu mengganti sumber karbohidrat dari nasi ke umbi-umbian. Minum Herbadrink Sari Temulawak untuk menjaga kesehatan hati, serta tidak lupa rutin berolah raga.

Setelah menjalani diet dengan disiplin, perlahan tapi pasti perubahan itu didapati. Terhitung sepuluh bulan berjalan, saya berhasil memangkas bobot tubuh hingga 12 kg.
before and after -dokpri
“Wah sekarang kurusan dan segar”
Kalimat ini sering saya dengar, terutama dari teman-teman yang lama tak bersua. Pernah ketika ada acara keluarga di Surabaya, nyaris semua saudara berkomentar serupa.

Tak perlu takut datang ke acara makan-makan, karena mindset yang sudah terbentuk otomatis akan bekerja. Mampu memilih asupan yang baik untuk tubuh, demi menjaga kesehatan. Termasuk mengedepankan asupan dari bahan herbal, yang terbukti sangat baik untuk tubuh.

Mengapa bahan Herbal ?
Bumi Indonesia yang subur dan makmur ini, konon bangsa penjajah tertarik menduduki negeri pertiwi karena kekayaan alam berupa rempah-rempah. Temulawak tanaman herbal asli Indonesia, bermanfaat untuk kesehatan dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.
Siapa tak kenal Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza),  adalah tanaman yang tumbuh merambat memiliki manfaat bagi kesehatan. Konimex melakukan penelitian dan pengembangan produk kesehatan, melalui bahan-bahan berbasis bahan alami.

Herbadrink Sari Temulawak
Minuman herbal dibuat berdasarkan resep tradisional Indonesia, diproses melalui teknologi modern tanpa bahan pengawet. Dengan kemasan dalam bentuk sachet, praktis dan siap dikonsumsi setiap saat.
Mengandung ekstrak Curcuma Xanthorrizha Rhizomna 2,2 g, setara dengan 800 mg Rimpang segar Temulawak, gula dan bahan lain hingga 18 gram.
Terdapat juga pilihan bebas gula (sugar free), khusus bagi orang yang menderita diabetes atau menghindari gula

Cara Pembuatannya
Sangat praktis, larutkan satu sachet ke dalam 1 gelas air panas/ dingin (150 ml).
Ini Pengalaman Saya !
Saya suka minum Herbadrink Sari Temulawak hangat, pada saat tidak terlalu sibuk sehingga bisa menikmati. Minum sedikit demi sedikit langsung dari gelasnya, terasa ada sensasi damai yang dihantarkan.

Sebelum diminum, saya dekatkan ujung hidung pada bibir gelas. Membiarkan uap beraroma herbal terhirup hidung, sambil merem menarik nafas dalam-dalam, tahan nafas sebentar kemudian lepaskan dengan perlahan.

Saya ulangi beberapa kali, sejenak pikiran bisa relaks, harum khas herbal bisa digunakan sebagai aromatherapy.

Menikmati minuman berkhasiat, sungguh nikmat sembari berbincang ringan dengan istri bertukar kisah dialami seharian. Mendengar celoteh dan curhatan anak-anak, yang kadang lucu bahkan menggemaskan.

Rasanya beban pikiran bisa lepas, sekaligus membebaskan kelelahan yang melekat di badan. Ah, betapa kenikmatan bisa diciptakan dengan sangat mudah. Melalui hal sederhana di sekitar diri, namun memiliki dampak yang luar biasa.

Kalau saja kebiasaan baik dilakukan secara ajeg, bukan mustahil sehat lahir dan batin akan mampu diraih. Badan segar karena rutin konsumsi minuman berbahan herbal, pikiran dan hati tenang akibat dari manfaat relaksasi. Suasana rumah menjadi hangat, ayah bisa merengkuh seluruh anggota keluarga.

Kesehatan adalah sumber utama bahagia, menjadi aset penting bagi manusia menjalani hidup keseharian. Dengan kesehatan manusia bisa mengekspresikan diri, lebih banyak peluang untuk mewujudkan mimpi.

Alam disediakan Sang Pencipta, untuk memenuhi kebutuhan manusia. Tinggal bagaimana manusia itu sendiri, memperhatikan asupan tubuh dari bahan- bahan alami.
-0o0-
“Ayah, kakak gosok gigi dulu” Si Sulung mengagetkan saya
Tampak jagoan jelang puber ini, sedang memasukkan peralatan sekolah ke dalam tas.
“Iya, ayah nyusul”

Segelas Herbadrink Sari Temulawak tinggal seteguk habis, tak terasa mengantar detik demi detik menuju malam. Badan saya yang sudah tidak gendut, terasa semakin enteng dan semakin segar saja.

Jam sembilan malam saatnya anak-anak tidur, agar esok tidak kesiangan berangkat ke sekolah. Sembari melangkahkan kaki menyusul sulung, teringat arti dari Surah Ar-Rahman  ayat 55 “Maka nikmat Tuhanmu manakah yang kamu dustakan ?
-salam-

10 komentar:

  1. Beda bgt ya mas sebelum dan setelah diet..temulawak emang jos

    BalasHapus
  2. Herbal warisan leluhur perlu dilestarikan ya mas Agung

    BalasHapus
  3. Herbal warisan leluhur perlu dilestarikan ya mas Agung

    BalasHapus
  4. Kelompok tani ku pernah membudidayakan temulawak karena memang dikenal sebagai salah satu toga yg kaya akan khasiat, kalo sudah dalam bentuk praktis tinggal minum aja malah lebih asik mas

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA