28 Mei 2017

CERELAC NutriPuft Snack untuk Penuhi Nutrisi Buah Hati


Launching CERELAC NutriPuff -dokpri

Anda yang sedang punya batita, pasti ingin mempersembahkan yang terbaik untuk buah hati. Orang tua manapun pasti sepakat,  betapa penting memperhatikan pertumbuhan  buah hati pada awal usia.  Karena dua tahun awal usia anak, sangat mempengaruhi usia lanjutan seorang anak.
Nestle CERELAC meluncurkan CERELAC NutriPuff,  Blogger’s dan Jurnalis hadir pada 24 Mei 2017 di Kawasan Jakarta Pusat.
CERELAC berdiri sudah 150 tahun, menjadi sahabat orang tua di seluruh belahan dunia dalam memenuhi kebutuhan nutrisi di kecil melalui makanan Cereal yang sehat. Inovasi  dalam bentuk CERELAC NutriPuff, merupakan produk makanan selingan/ snack yang menyenangkan untuk si kecil.
Hal ini selaras dengan rekomendasi WHO, bahwa anak usia 9 bulan sebaiknya mulai diperkenalkan makanan utama 3-4 kali sehari dan snacking 1-2 kali sehari.
CERELAC NutriPuff snacking untuk anak usia 10 – 24 bulan, produk ini didukung lembaga riset  nutrisi terbesar yang dipunyai jaringan Nestle. Sejalan dengan tujuan Nestle, untuk membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat untuk masa depan lebih sehat” Jelas Ibu Nur Shila Christianto, selaku  Vice President  Head of Corporate Communication, PT Nestle Indonesia
Hadir sebagai Narasumber Ibu Eka Herdiana, Selaku Market Nutrisionist, PT Nestle Indonesia, menjelaskan “di Indonesia angka kelahiran bayi 4,5 jt  per tahun, masa depan negara tercinta ditentukan oleh generasi yang lahir saat ini dan beberapa tahun ke depan. Pada tahun 2020-2050 indonesia mengalami bonus populasi, akan memberi kans pada Indonesia menjadi bangsa yang besar”.
Angka prevelensi anemia di indonesia sangat tinggi, hal ini menjadi masalah krusial, karena anak yang terkena anemia perkembangan kognitif akan terganggu.
Bayangkan, kalau hal ini teriadi pada dua tahun di awal kehidupan. Maka perkembangan konginitif mengalami kerusakan, dan kondisi ini tidak bisa diperbaiki. Status gizi anemia adalah kondisi hemoglobin di batas normal, terjadi karena kekurangan zat besi, kurang vitamin B 12  dan asam kolat.
Pada usia 6 bulan atau saat  anak masuk makanan pendaping ASI (MPASI), sebaiknya diberi asupan nutrisi yang bagus. Makan banyak bukan berarti status gizi baik, lebih penting diperhatikan kualitas makanan tersebut.
ASI sanggup memenuhi kebutuhan harian sampai 75%, sisanya baru didapatkan dari MPASI. MPASI menyumbang sampai 98% kebutuhan zat besi, pada usia 6 bulan cadangan zat besi sudah dipakai untuk pertumbuhan, sehingga perlu tambahan agar tidak terkena anemia.
Nestle mendukung pemberian ASI ekslufsif 6 bulan, dilanjutkan pemberian MPASI dilakukan secara bertahap. 
Nursila Christianto,,  Vice President  Head of Corporate Communication Nestle Indonesia -dokpri

Eka Herdiana, Selaku Marketing Nutrisionis Nestle Indonesia
 “Kerena lambung batita baru 30 ml/kg kali berat badan, jadi jangan paksakan anak makan banyak. Pada anak usia 8 bulan, bisa pilih snacking dengan tekstur agak cair seperti juice, puding halus yang disesuaikan dengan kemampuan menerima tekstur. Pemberian makanan padat juga harus disesuaikan, karena setiap anak itu unik dan perkembangannya berbeda beda,” tambah Eka Herdiana.
Snack juga punya sumbangsih seperti makanan utama, ketika makanan utama tidak bisa memenuhi kebutuhan nutisi bisa didapat dari snack.  Snacking menjadi bagian dari healthy diet, bisa diberikan disela-sela makan utama untuk membantu perkembangan si kecil.
Pastikan memilih snack yang padat gizi, jangan diberikan makanan selingan sembarangan asal anak happy. Seperti kripik dan krupuk yang gurih, isinya hanya lemak atau minyak yang tidak bagus untuk tubuh.
Beberapa faktor perlu diperhatikan dalam snacking

  • Tekstur
  • Tingkat kosolidan
  • Mendukung perkembangan dan psikologis, memberi rasa aman pada si kecil dan stimulasi sesuai usia tertentu.
  • Beri makanan yang bisa dipegang, untuk menstimulasi motorik.

Narasumber Dr. dr Tjin Wiguna  spKJ (k) sebagai Psikiater Anak mengatakan “ Proses pemberian makanan termasuk snacking yang teratur dan menyenangkan, turut mengembangkan rasa percaya diri anak usia batita, sekaligus sebagai basic trust pada ibu, orang tua atau pengasuh lebih baik. Snacking tidak sekedar memberi makan, tapi ada proses memupuk rasa percaya diri. Tanpa Percaya diri yang baik,  kemampuan si kecil bereksplorasi akan terganggu termasuk ketrampilan motorik halus utk self feeding baby”.
Snacking  selain sebagai selingan makanan, memiliki manfaat positif guna menstimulasi otak guna mendukung interaksi dengan orang tua atau lingkungan sekiitar. Memberi makanan yang menyenangkan, bisa menjadi moment yang membuat relaks dan tenang.
Mampu mengeluarkan zat endorfin atau  senyawa kimia yang membuat seseorang merasa senang,  tubuh bisa bekerja dengan baik (denyut jantung teratur, gerak usus halus lebih baik). sehingga memproduksi enzim pencernaan lebih banyak yang mengoptimalkan fungsi tubuh.
Memberi makan secara teratur, dapat membuat anak bisa menandai  happy moment. Kebiasaan ibu yang diulang-ulang pada jam tertentu, menjadi hal yang membuat anak hapal dengan rutinitas menyenangkantambah Dr. dr Tjin Wiguna  spKJ (k).
Perasaan senang anak, akan diasimilasikan dalam berbagai situasi yang dihadapi. Anak akan mengakomodasi semua memori menyenangkan, otomatis terjadi pengembangan pola makan yang teratur.
Pola kebiasaan makan yang teratur, diyakini akan menstimulasi perkembangan motorik halus. Timmbull keinginan anak ingin memegang, merasakan dan mengecap, sehingga mampu mengenali berbagai rasa yang semakin kompleks.
Pada anak usia 7 bulan menjadi usia krusial untuk perkembangan motorik halus, ketrampilan fisik meggunakan otot otot halus akan dilatih. Salah satunya otot jari-jari, koordinasi mata dan tangan, sehingga bisa meraih makanan dan bisa berinteraksi optimal hingga bisa makan dengan sendirinya.
Dr. dr Tjin Wiguna  spKJ (k) -dokpri
Beberapa point yang musti diperhatikan

  • Pilih food yang mendukung anak-anak bisa makan sendiri
  • Stimulasi penting diberikan sejak dini
  • Berikan berbagai jenis dan bentuk makan sesuai tingkat perkembangan
  • Makanan sebaiknya tidak diberikan bukan sebagai hadiah, agar tahu bahwa makanan penting
  • Pemberian makan tidak sambil bermain.
  • Proses makan sebaiknya disertai proses interaksi
  • Dalam 10 – 15 menit anak tidak mau makan sebaiknya makan diangkat
-0o0-
CERELAC  NutriPuff adalah produk yang dirancang untuk si kecil, sebagai snack yang sehat dan bernutrisi,  menyenangkan sekaligus merangsang self feeding.
Dari penilitian 70% anak indonesia usia 10-24 bulan, sebagian besar konsusmsi snack yang dirancang untuk remaja atau orang dewasa.  Hal ini mendasari Nestle memperkenalkan CERELAC NutriPuff tersedia dalam 50 gram, rasa Banana Starwbery dan Banana Orange  Jelas Bernardo Rendita Kusomo , selaku Marketing Manager Baby Food Nestle Indonesia
Lima Fakta CERELAC NutriPuff untuk si kecil

  1. Berbentuk bintang agar ada sudut-sudutnya, sehingga mempermudah jari2 si kecil meraih dan memegang.
  2. Dipanggang bukan digoreng, (tidak banyak lemak)
  3. Formulasi dengan zat besi dan vitamin B1, Zat Besi  adalah Mikro Nutriuent bisa membantu mengurangi difiseinsi di Indonesia
  4. Diolah dari gandum utuh dan buah asli memiliki kebaikan tidak hanya dari dalam gandum tapi lapisan luarnya
  5. Produk dirancang bisa meleleh di mulut, dalam keadaan tidak dikunyah dalam waktu 20 detik.
Harga CERELAC NutriPuff untuk kemasan 50 gram dibandrol Rp. 17.000,-.  Sementara untuk sosialisasi Launching  CERELAC NutriPuff, Nestle melibatkan Blogger’s yang menjadi penggerak informasi digital.  Nestle juga memiliki 300 delegated Medical Communication, melalui tenaga kesehatan yang tersebar mulai dari Posyandu, Puskesmas atau Rumah Sakit” ungkap Bernardo Rendita Kusomo .
Launching CERELAC NutriPuff -dokpri
Laura Basuki seorang  Celebrity Mom, ditengah kesibukan main film tetap mengurus buah hati sendiri tanpa pengasuh. Sudah membiasakan Owen nama sang buah hati, makan di baby chair dan  televisi dalam keadaan mati agar makan lebih konsentrasi.
Snack sudah mulai 8-9 bulan, awalnya melenceng ke pipi tapi sekarang sudah terarah dan bisa pakai sendok. Prilaku happy saat snacking ditunjukkan, dengan memegang sendiri CERELAC NutriPuff dan memasukkan ke mulut” kisah Laura Basuki.
-o0o-
Acara launching semakin meriah, saat dua varian CERELAC  NutriPuff dipertunjukkan. Dengan musik yang semarak dan lampu sorot berputar, akhirnya tampak wujud CERELAL NutriPuff rasa Banana Strawberry dan Banana Orange.
Saya tak sabar melihat wujud aslinya, bentuknya yang lucu dan unik membuat penasaran memegang. Setelah saya coba mencicipi, rasa perpaduan buah pisang dan strawbeery kemudian pisang dan jeruk begitu menonjol.  Saya yakin, anak anak usia batita pasti akan suka.

2 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya