15 Des 2016

Bloggers Belajar Trading Saham

Bloggers belajar trading saham -dokpri
Pagi di lantai empat gedung Indosat Ooredoo, Blogger diajak menelisik lebih jauh tentang Trading Saham. Sungguh bagi saya adalah hal yang baru, tapi cukup membuat tumbuh rasa penasaran. Membayangkan pergerakkan angka-angka Saham, pasti membutuhkan ketelitian tingkat tinggi.
Kalau bicara investasi, sebagian besar blogger yang hadir masih berinvestasi yang lazim. Ada yang berinvestasi dalam bentuk Logam Mulia, ada juga yang masih investasi dalam bentuk Deposito atau Tanah. kegiatan investasi yang umum bagi orang awam, adalah dalam bentuk  tabungan, emas atau tanah masih dianggap aman dan simple. Nah, Indossat Ooredoo punya program ISTC
Apa itu ISTC ?
Indosat Ooredoo Stock Trading Contest (ISTC), adalah suatu program CSR dari Indosat Ooredoo di bidang Investasi. Bertujuan untuk mendukung generasi muda dan masyarakat umum, lebih tahu dan memahami apa itu investasi alternatif selain tabungan atau emas.
ISTC tahun 2016 adalah kali kedua diselenggarakan, bekerjasama dengan Bursa Efek Indonesia dan Trimegah Securities. Dibuatkan sebuah aplikasi virtual mobile trading yang menyenangkan, diharapkan masyarakat lebih mudah memahami tentang saham dengan cara mudah.
Data dari Bursa Efek Indonesia, hanya sekitar 529. 257 orang Indonesia berinvestasi saham. Artinya hanya sekitar 1%, dari total  jumlah penduduk Indonesia yang 250 juta. Dari angka tersebut hanya 34% yang aktif (Single Investor Identification ; ISD), kemudian hampir separuh total investor Indonesia ada di Jakarta.  Angka ini tentu sangat jauh, dibanding negara lain di Asean terutama Singapura atau Malaysia.
Per February 2016, jumlah investor di Indonesia meningkat 8% dengan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menempati urutan kedua terbaik di dunia.
Dengan diselenggarakan ISTC, sebagai upaya Indosat Ooredoo mendorong terwujudnya digital entrepreneurship. Utamanya bagi generasi muda terlibat aktif dalam pasar modal, dapat meningkatkan perdagangan saham dan perekonomian Indonesia.
Tahapan ISTC -dokpri
Untuk ISTC tahun 2016, ada tahapan- tahapannya ;
Launching ISTC ; 11 Agustuus 2016
Roadshow ; Agustus 2016  s/d Januari 2017
FGD ; s/d Januari 2017
Batas Akhir Kompetisi ; 31 Januari 2017
Bootcamp (16 finalis) ; 20 -21 Februari 2017
Awarding ; 22 february 2017
Pada kesempatan yang sama, bloggers diajak belajar trading saham. Sebelumnya dimulai blogger download aplikasi ISTC, bisa melalui Android atai IOS. Dengan diberikan modal sebesar limapuluh juta virtual money, blogger diajak simulasi sekaligus praktek membeli dan menjual saham.
Setelah melakukan regristasi dan mendapat email, baru bloggers bisa membuka aplikasi dengan bantuan PIN yang sudah dikirim. Kemudian kami mengisi eformulir, lengkap dengan nomor KTP dan masa berlakunya. Setelah data terekam dan memiliki real account, barulah simulasi trading saham dimulai.
Sungguh saya mulai kebingungan, bagaimana cara memperlakukan angka-angka beserta cara membawa grafik yang tampak. Namun mbak Della dar Trimegah Securitas Indonesia sangat membantu, dengan memandu bagaimana bertransaksi. Kami diajak memantau pergerakan saham, seolah berada di lantai bursa saham.
resume Simulasi trading saham -dokpri
Saya mencoba memantau saham, dari beberapa nama perusahaan terkenal. Pilihan sayapun jatuh pada saham Astra, Unilever dan BNI, total pembelian 4 Lots saham. Alhasil modal limapuluh juta virtual money menipis, setelah terpakai sekitar empat puluh juta lebih.
Cukup membuat kening berkerut, tapi setidaknya saya jadi tahu bagaimana kompleksnya pekerjaan di lantai bursa. Anda tertairik mengetahui lebih jauh, silakan kunjungi web dan medsos ISTC
Web ; www.indosatooredoo.com/istc
Twitter ; @isatooredooistc
FB ; Indosat Ooredoo ISTC
IG ; @indosatooredooistc
Bloggers semangat belajar trading saham -dokpri

5 komentar:

  1. aku kapan di ajari privat ??? #ngarep

    BalasHapus
  2. Adik saya kerja di BEI. Kayaknya saya belajar dulu ma dia, deh. Biar ngerti hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya langsung puyeng, liat angka-angka dan ga bisa cara bacanya hehhee

      Hapus
  3. Selamat Siang,
    saya sudah membaca blog anda, sangat mudah di pahami dan saya sangat tertarik untuk bekerja sama dengan anda, kami dari Forexmart menawarkan kerja sama affiliasi yang sangat menguntungkan untuk anda, jika anda berminat dan tertarik dengan penawaran ini bisa menghubungi email saya di hellokittykucing89@gmail.com dan saya akan memberikan informasi yang lebih lengkap mengenai penawaran kerjasama ini.
    Terima Kasih dan salam sukses untuk anda

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya