7 Jan 2016

"Country Branding" Tugas Kita Semua


Johnnie Sugiarto, Founder PT. El John Indonesia (dokpri)
Rabu siang (6/1'15), blogger  yang tergabung dalam Koalisi Online Pesona indonesia (Kopi) mendapat kehormatan memenuhi undangan dari  PT. El John Indonesia. Bertempat di kantor kawasan Slipi, kami disambut dengan ramah sang tuan rumah. Tak pelak suasana hangat dan akrab, menyertai sepanjang acara mini conference.

 
PT. El John Indonesia berdiri sejak 1974, bermula dari bisnis Radio Broadcasting. Pada 21 Mei 1977 pindah kantor, semula di Palembang ke Jakarta. Seiring perkembangan bisnis, kini memfocuskan diri pada 3 bidang, yaitu Tourism, Bussines dan Lifestyle. Selain itu ada satu bidang, yang  agak berbeda yaitu el Jhon Medika.
Johnnie Sugiarto, selaku founder  PT. El John Indonesia, terlihat antusias berkisah tentang kondisi Pariwisata Indonesia. Termasuk upaya yang tengah digiatkan, demi kemajuan Pariwisata tanah air.
"sampai saat ini belum pernah, Indonesia mengirim perwakilan untuk event Pariwisata International" jelasnya "event yang diselengarakan skalanya masih tingkat daerah seperti pemilihan Abang None, Kang Nong, Cak Ning, tapi setelah itu belum ada tindak lanjut"
PT. El Jhon Indonesia, dengan tekad kuat menyelenggarakan pemilihan Putri pariwisata sejak 2008. Berkat kerja keras selama ini, 10 franchise event international sudah dipegang. Ketekunan mulai membuahkan hasil, pada 2015 sebanyak 34 Provinsi mengirim perwakilan menjadi peserta di ajang pemilihan Putri Pariwisata.
Tak berhenti sampai penobatan Putri Pariwisata di tanah air saja, pemenang dikirim ke pemilihan Putri di tingkat International. Seperti Delvia Wirajaya, pemegang gelar Miss Tourism Queen of The Year International 2015. Dara cantik asal Ambon, selama tiga minggu di Malaysia mengikuti contest International. Selain itu ada Ivhanrel Sumerah sebagai World Miss University Indonesia 2015,  Cordelia Fidelia pemegang gelar  Miss Earth Indonesia Water 2015.
Ketiga dara cantik turut hadir dalam mini confrence, membagi pengalaman selama menjalankan tugas sebagai Putri.
"selama ini untuk pengiriman peserta ke luar negri, masih dilakukan secara mandiri oleh PT. El John Indonesia" ujar Johnnie Sugiarto "ke depan kami berharap, ada pihak sponsor baik pemerintah atau swasta demi mendukung kegiatan ini"
Dari perjalanan selama 8 tahun, Johnnie memiliki angan setiap putri dibekali keahlian menulis. Karena selama ini, masyarakat tidak pernah tahu behind the scene seorang Putri. Image yang berkembang di masyarakat tentang Putri, selalu hal-hal yang enak entah fasilitas atau kegiatan berkelas. Padahal dibalik perjalanan untuk terpilih sebagai pemenang, harus dilalui dengan kerja keras dan perjuangan.
Seperti mereka sudah standby di belakang panggung, bahkan tiga jam sebelum acara dimulai. Belum lagi harus berjibaku sendiri, mempersiapkan kostum agar bisa tampil maksimal. Saat event di German, harus berangkat sendiri dengan 4 koper.
"Dengan menulis baik dalam blog atau buku, masyarakat akan terbuka pandangan baru, siapa tahu bisa menginspirasi" tambah Johnnie
Oo0oO
Khusus pariwisata, memang harus di promosikan secara konsisten. Apalagi Indonesia adalah negera besar, menjadi tugas semua pihak bergandeng tangan. Perlu meyakinkan ke masyarakat international, bahwa kalau ada kejadian tak mengenakkan (misal) di timur Indonesia tak mempengaruhi di daerah lain.
"Red notice pada satu daerah, tak bisa disamaratakan pada semua daerah apalagi jaraknya berjauhan" tegas Johnnie "Panjang Indonesia, seperti London sampai Arab"
Maka komunikasi positiflah, yang diperlukan agar country branding bisa berhasil. Indonesia musti bisa memiliki identitas, agar bisa menjadi pembeda dengan negara lain. Seperti diketahui negara Thailand, mengedepankan sex dan casino demi mendongkrak pariwisata. Singapora meski negara kecil, mengedapankan shopping sebagai cara menarik wisatawan. Nah 70% kekayaan laut dunia, ternyata ada di Indonesia. tak ada salahnya, menjadikan maritim sebagi salah satu unggulan pariwisata.
Upaya pemerintah Indonesia tampak, dengan memberlakukan bebas visa. Hal ini ternyata berpengaruh pada promosi, namun belum terlalu signifikan pada kenaikan the real visitor. Pada 2014 jumlah wisman ke Indonesia sekitar 9.4 juta, pada tahun 2015 naik sekitar 600 ribu menjadi 10 juta.
Acara mini confrence masih berlangsung hangat, tiga Putri yang hadir membagi kisahnya. Bahwa menjadi Putri, harus mau action turun ke lapangan. 
Ki-Ka ; Ivhanrel Sumerah, Delvia Wirajaya, Cordelia Fidelia

Seperti yang dilakukan Cordella Fidelia, mengunjungi Pulau Untung Kepulauan Seribu. Tugasnya sebagai Putri, megharuskan gadis ini terlibat dalam menanam Mangrow di tanah becek. Sementara Ivhanrel menekankan promosi pariwisata, menjadi hal krusial agar Indonesia lebih dikenal. Sedang  Delvia bercerita pengalaman, selama mengikuti event di malaysia termasuk interaksi dengan putri dari negara lain. (salam)
Koalisi Online Pesona Indonesia dan 3 Putri (dok group WA)

2 komentar:

  1. wah anggota kopi banyaknya perempuan hehe *gagal fokus* kalau menjadi duta apalagi puteri memang harus melakukan hal2 yang menginspirasi, gak apa2 becek yg penting bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Evrina, boleh mendaftar menjadi Putri pariwisata #eh
      salam :)

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA