9 Des 2015

Panduan Menjadi Onlinepreneur dalam 5W1H Karya Yoris Sebastian



Yoris S bersama Dian Sastro (dokpri)
"Kita berada di era yang terbaik, era di mana peluang terbuka untuk siapa saja, di mana saja". Kaimat keren ini saya cuplik dari lembar Introduction, pada buku 5W1H karya Yoris Sebastian.
Siapa tak kenal nama Yoris Sebastian ?
Seorang praktisi kreatif, telah menyabet aneka penghargaan bergengsi.  Peraih International Young Creative Entrepreneur of The Year Awards 2006 dari British Council, kemudian tercatat  sebagai  GM Hard Rock Cafe termuda di Asia dan termuda kedua di dunia. Pada  April 2014, dinobatkan sebagai salah satu The Progresive Figures oleh Majalah Forbes Indonesia.
Rentetan prestasi Yoris yang lain tentu masih ada, semakin mengokohkan namanya sebagai tokoh muda Indonesia.

 
Nah, menjelang pergantian tahun, Yoris membawa kabar gembira. Meluncurkan sebuah buku inspiratif,  5W1H tentang jurus-jurus membuka bisnis online. Pada selasa 8 Desember 2015, diadakan Media Gathering 5W1H di Jakarta Selatan.
Jaman sekarang, kehidupan serba dimudahkan dengan kehadiran teknologi canggih. Media Sosial seperti facebook, twitter, Instagram, Path, sudah mewabah sedemikian rupa. Melalui medoslah keterhubungan  antar personal terjadi, melibas kendala jarak, ruang dan waktu.
Bagi kaum kreatif tak akan menyia-nyiakan peluang, kehadiran medsos sebagai sarana berkreasi. Sehingga membawa dampak positif, memberi value pada diri dan orang di sekitarnya.
Contohnya apa? Salah satunya dengan bisnis online.
Online Shop sedang mengalami trend peningkatan, selain modalnya relatif murah tak perlu sewa ruang display produk (mungkin ada alasan lain? Silakan tambahin sendiri).
Buku 5W1H dari Yoris, menawarkan jurus-jurus memulai bisnis online. Berisi pengalaman dan kisah menjalankan bisnis online, mulai dari public figure Dian Sastrowardoyo dan Onlinepreneur lainnya.
Apa saja 5W1H ?
1. Who Am I ?
2. What Am I Offering ?
3. Why Does It Matter ?
4. Whom Are We Talking To ?
5. When Is The Right Time ?
6. How To Attract Customer ?
Yoris Sebastian (dokpri)

Dian Sastrowardoyo dokpri)

Setiap bab disertakan kisah nyata, bagaimana Dian Sastrowardoyo dan onlinepreneur lain menerapkan 5W1H dalam bisnisnya.
Dian Sastrowardoyo bersama tiga sahabatnya, memiliki brand 3skinny minnies. Adalah catering khusus diet, menyediakan paket menu lunch dan dinner mulai senin sampai umat. Semula dipasarkan pada teman dekat, lama-lama menyebar. Dian memanfaatkan instagram dan group WA, untuk mempromosikan produk 3skinny minnies.
Samsung GALAXY Note 5, sangat membantu Dian Sastro menjalankan bisnisnya.  Apalagi untuk produk makanan siap saji, musti ditampilkan semenarik mungkin.
"Lightingnya harus diperhatikan, efek warna yang muncul dari makanan musti diperhitungkan agar tampil semenarik mungkin"jelas Dian sastro.
Kamera belakang 16 MP dengan OIS (Optical Image Stabilizer) dan Kamera depan 5 MP, keduanya memiliki realtime HDR dan aperture f 1.9. Fitur Off-Screen Memo membantu pengguna membuat note dengan segera, scroll capture untuk mengumpulkan screen shoot lebih dari satu halaman.
Yoris Sebastian mengaku cukup terbantu dengan samsung GALAXY note 5, terutama dalam menyelesaikan buku 5W1H.  Kebetulan untuk visual diserahkan pada  Andrian Dito, dan design cover dikerjakan Lolo Sianipar. 
"Meeting dan approval tentang visual dan design, tak harus dilakukan secara face to face" ujar Yoris "semua bisa dilakukan dengan bantuan Samsung GALAXY Note 5" tambahnya tersenyum.
Sementara pada kesempatan yang sama, hadir Vebbyna Kaunang selaku Marketing Director IT&Mobile Samsung Elektronics Indonesia. Beliau mengungkapkan. "Sebagai produsen teknologi terdepan, Samsung memiliki komitmen untuk terus mengerti kebutuhan konsumen dan salah satunya dengan mendukung trend yang ada di masyarakat yaitu berbisnis".
Pada sesi Q&A, Dian Sastro memberi tips bagi pemula dalam bisnis online. Musti percaya diri dengan bisnisnya, "Ya Saya Bisnis Makanan" kalimat Dian terdengar penuh keyakinan. Berani tampil beda dan memiliki kekhususan, sehingga konsumen percaya dengan product yang dibeli.
Ibu dua anak ini memberi contoh dilakukan pada 3skinny minnies, sebagai catering diet paling mahal di JABODETABEK. Alasan dikemukakan cukup masuk akal, semua bahan adalah bahan mahal, yang masak langsung ownernya, margin yang diambil juga tipis.
"Setiap pagi 3 owner dari 3 lokasi berbeda koordinasi, mengaduk masakan menu catering di rumah masing-masing" jelas Dian "Proses memasak tidak ada yang didelegasikan, sehingga taste makanan terjamin"
O0oo0o
Buku 5W1H (dokpri)
Dalam buku berukuran medium ini, pembaca akan dibantu Yoris Sebastian mengenal diri melalui pertanyaan 5W1H, sebelum memutuskan menggeluti bisnis. Rumus 5W1H dalam buku ini, beda dengan rumus yang diterapkan jurnalis atau blogger. Ilmunya sudah digunakan Yoris, dalam berbagai kesempatan seminar atau workshop seputar Creative Entrepreneur selama 8 tahun terakhir.
Bagi pembaca yang mulai penasaran, musti menahan sabar dulu. Buku 5W1H Jurus Jurus Memulai Bisnis Online, akan hadir di toko buku Gramedia seluruh Indonesia pada Januari 2016. (salam)

2 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya