10 Agu 2021

Kakek Budi (73 tahun) Berjuang Demi Sekolah Sang Cucu

 

Berawal dari ketidaksengajaan, team tim gerakan sosial MUDA (Mulai Dari Kita) melihat seorang kakek berjalan di kawasan Bunderan HI, Jakarta.

Di bawah terik, sang kakek menghampiri orang yang ditemui. Sembari menawarkan tentengan dibawa, meskipun keadaan sepi akibat pemberlakuan PPKM.

Melihat hal demikian, tim MUDA (Mulai Dari Kita) berhenti dan menghampiri kakek tersebut. Adalah Kakek Budi usia 73 tahun, dengan rambut memutih senada warna kemeja dikenakan.

Meskipun dengan wajah kelelahan, Kakek Budi menyambut team MUDA dengan senyum ramah.

Dari tuturnya terdengar cerita, lelaki berperawakan kurus berkeliling menjual buku-buku mewarnai dan teka-teki silang untuk menyambung hidupnya.

Semua Ia lakukan, untuk menabung demi keinginan membelikan cucunya sebuah laptop agar bisa lancar bersekolah di kampung.

Kakek Budi sendiri sekarang tinggal seorang diri, di kontrakan kecil dan kumuh di kawasan Abdul Muis, Jakarta Pusat.

Buku mewarnai yang dijual, dibandrol seharga Rp 2,500 sedangkan untuk teka-teki silang dijual Rp 2,000 perbuku.

Dengan lugunya si kakek mengaku tak banyak keuntungan didapat, itupun belum tentu laku terjual dalam sehari. Namun sorot mata pak Budi tetap penuh dengan semangat.

“Saya gak mau dikasihani, karena saya berjualan dengan hati, tanpa harus mengambil untung yang tinggi,” ucapnya seraya tertawa. “Alhamdulillah, saya masih dapat makan sehari tiga kali. Di luar sana, masih banyak yang hanya bisa makan sekali,” lanjutnya.

Gerakan sosial MUDA (Mulai Dari Kita) terherak, ingin membantu Kakek Budi menjual buku-bukunya dan membuka donasi melalui sosial media.

Dan hashtag #TebarkanKebaikan & #BantuPakBudi sempat viral di Twitter, Instagram dan Tiktok. Banyak orang dan selebgram yang sukarela membantu dan membeli buku-buku dari pak Budi.

Sampai artikel ini ditayangkan, jumlah pembelian dan donasi terkumpul mencapai angka kurang lebih Rp 13,000,000.

Rencananya, penjualan buku dan pengumpulan donasi akan terus dibuka dari tanggal 02 Agustus - 15 Agustus 2021.

Sementara penyerahan donasi, rencanya dilakukan pada tanggal 16 Agustus. Untuk informasi lebih lanjut, dapat membuka Instagram @mulaidarikita.idn.

Yuk! Jangan patah semangat dan jangan berhenti #TebarkanKebaikan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA