13 Mei 2019

Kini Tinggal Klik, Bisa Ikut Lelang Ibid Secara Online

Aplikasi Ibid balai lelang-dokpri

Saya tipe orang, yang kurang paham mesin dan spesifikasi mobil. Dulu, waktu dulu beli mobil bekas, saya mengandalkan kakak ipar yang paham seluk beluk mesin.
Kakak Ipar membantu nego harga harga, hingga akhirnya deal satu mobil dengan harga disepakati, setelah beberapa bulan berjalan ada masalah dengan mobil, saya mulai sungkan mengajak kakak ipar.


Saya sadar diri, bahwa tidak bisa selalu mengandalkan kakak ipar untuk membantu menangani mobil, apalagi beliau mulai sibuk (saat itu) menjadi caleg, otomatis waktunya sangat tersita.
Ketika ada masalah saya urus sendiri, dengan segala keawaman service ke bengkel satu, kemudian bermasalah service ke bengkel  lain sehingga pengeluaran ada saja.

Seandainya, dari awal beli mobil saya memakai jasa lelang yang kredibel, mungkin tidak akan terjebak perasaan sungkan atau tidak enak dengan saudara ipar.
Kalaupun pengin protes, saya bisa diungkapkan, karena semua tahapan lelang dilakukan dengan profesional dan transparan.

---------

Kamis sore (9/5’19) jelang berbuka, menjadi sore yang produktif, saya bisa bergabung dengan teman Blogger dan Jurnalis dalam acara “Buka Bersama Sera 2019”

PT Serasi Autoraya (SERA), anak perusahaan PT Astra International Tbk, dengan pengalaman 28 tahun bertumbuh,  kini bertransformasi dari perusahaan jasa penyewaan kendaraan menjadi jasa solusi transportasi, penjualan kendaraan bekas dan jasa pengelolaan logisktik.

Firman Yosafat Siregar, selaku Presiden Direktur Serasi Auto Raya, dalam sambutannya menyampaikan, Bahwa SERA kini menambah layanan customer yaitu online service, bisnis yang ditawarkan cukup seksi, yakni used car, sewa mobil dan lelang mobil, merupakan bisnis yang tumbuh paling cepat dalan 10 tahun terakhir.

Layanan ini juga sekaligus untuk lebih menjangka customer” ujar Firman
Transformasi Astra merambah bisnis berbasis digital bukan sekedar mimpi, ke depan Astra  bertekad menyediakan layanan yang membuat customer dimanjakan, dan memberikan customer experience terbaik.
acara peluncuran layanan digital SERA -dokpri

Kini Tinggal Klik, Semua Bisa Ikut Lelang di Ibid Balai Lelang Serasi.


Mendengar dan menyimak penjelasan karyawan Ibid, saya merasakan betapa mudah mengikuti tahapan lelang mobil, sekaligus menjadi solusi mencari mobil bagi konsumen awam seperti saya (tidak paham mesin).
Ibid Balai Lelang, semakin mempermuda calon customer, dengan mempersembahkan layanan lelang secara online digital (website dan aplikasi), sehingga lebih praktis.

Jadi langkah pertama, konsumen survey dulu untuk mendapatkan mobil yang diingini” ujar petugas “baru membeli NPL (Nomor Peserta Lelang).”

Sore itu, saya sangat terbantu, fitur MAP (Market Auction Price) di website www.ibid.astra.co.id, saya bisa mengetahui statsistik harga pasaran mobil lelang, dengan berbagai format grafik serta detil disesuaikan kebutuhan konsumen.
Daddy Doxa Manurung -dokpri


Daddy Doxa Manurung, selaku Presiden Direktur Ibid Balai Lelang Serasi, dalam presentasinya menyampaikan, di Ibid semua bisa menang lelang, karena menyediakan empat kelebihan membeli mobil dengan lelang ;
(1) Jumlah unit yang dilelang banyak (sehingga calon customer punya banyak pilihan),
(2) Harga kompetitif dan variatif sesuai budget,
(3) Lelang dilakukan dengan transparan (karena terbuka semua bisa ikut lelalng),
(4) Aman, sepanjang proses lelang dihadiri pejabat lelang dari dirjend kekayaan negara dan departemen keuangan (sehingga disyahkan pejabat berwenang)

Bagaimana tahapan Lelang di website/ aplikasi

  • Buat akun dulu di web Ibid, kemudian pilih mobil (bisa dari H-3), setelah menemukan mobil yang diincar, silakan beli NPL (tahapan ini seperti penjelasan petugas di atas)
  • Kemudian klik fitur “Jadwal Lelang” (nah kita bisa melihat jadwal lelang di 14 Kota di Indonesia)
  • Selanjutnya ada fitur terbaru yaitu “Live Auction” mengikuti proses lelang secara live, dan bisa melihat 4 kota secara bersamaan.
  • Begitu ada mobil yang dirasa cocok dan harga sesuai, bisa langsung membayar melalui virtual account.

Apa yang saya rasakan, ternyata sama dirasakan Gofar Hilman, Penyiar Radio anak muda, yang terbantu melihat kondisi mobil melalui fitur MAP, sehingga bisa menyesuaikan budget dimiliki.
Secara khusus, Gofar merasakan kelebihan lelang online adalah lebih fleksibel dari sisi waktu dan lokasi, artinya peserta bisa standby dari manapun dan bisa mengikuti lelang secara real time.
tampilan website ibid.astra.co.id

"Yang penting memenuhi syarat lelang," ujar Daddy
Memang, apa saja syarat lelang?
Syarat standart yaitu register, upload data (KTP, No rekening asli, email valid), memiliki virtual account.
Tidak perlu membership, tidak perlu deposit siapapun bisa gunakan live auction,” imbuh Daddy.

-------

“Nawaitu Shauma Ghadin An Adai...........” alhamdulillah, masih disampaikan pada taraweh malam ke delapan Ramadan.
Masih berkesempatan, merapalkan niat puasa keesokan hari, semoga  bisa tuntas puasa hingga genap tigapuluh hari—Amin.

Sebagian kita, mungkin sudah ada yang mempersiapkan mudik, dengan siap kendaraan, mengatur jadwal dan mendata siapa saja yang akan dikunjungi.
Budaya mudik di Indonesia, adalah budaya paling epic di seluruh dunia, melibatkan seluruh energi (tenaga, biaya, pikiran, sarana, prasarana dan lain sebagainya)

Untuk menghemat energi, urusan mobil bisa kenapa tidak memanfaatkan pembelian secara lelang online di Ibid balai lelang serasi. Selain cepat aman dan mudah, energi kita alihkan untuk urusan yang lainnya.

Selamat berpuasa, semoga Ramadan mengantarkan kita kelahiran menjadi pribadi lebih baik—wasalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya