28 Sep 2016

Reuni Bareng Team Nusantara Sehat Batam

Wefie Blogger bersama Team NS Batam -dokpri

Tahun belum berganti, saat bloggers berkesempatan bertandang ke Batam. Kunjungan kami pada April 2016, dalam rangka menyambangi Team Nusantara Sehat (NS). Team yang terdiri dari tenaga muda, mereka ahli di bidang kesehatan. Sesuai dengan program pemerintah "Nawa Cita", anak muda hebat ini berada di daerah Pinggiran, Perbatasan dan kepulauan. Team NS adalah wujud kehadiran pemerintah, ditengah masyarakat dalam upaya pembangunan di bidang kesehatan.
Masih terbayang, perlu perjuangan mencapai lokasi di Pulau Penawar Rindu- Belakang Padang Batam. Daerah ini tak terlalu jauh dari Singapore, dengan transportasi air sampai ke negeri singa.  Karena berhimpit dengan wilayah lautan, air bersih menjadi masalah untuk masyarakat daerah ini. Untuk sekedar berwudhu, takmir masjid mengalokasikan dana untuk pembelian air.
Sungguh perjuangan tak ringan, harus dihadapi adik-adik Team NS di daerah pengabdian. PR menanti team NS, melakukan edukasi dan advokasi kesehatan pada masyarakat setempat. Mereka dituntut bisa menempatkan diri, sebagai pendatang di tengah lingkungan baru. Masalah tentu dihadapi, terjadi perbenturan sudut pandang dan adat istiadat. Justru dinamika inilah harus dihadapi, sebagai batu ujian yang membentuk mental menjadi ksatria.
Saya yakin, tak hanya di Belakang Padang Batam. Tersebar team NS di penjuru negri, mengalami liku-liku perjuangan yang serupa. Beberapa anak muda Team NS di daerah lain, sempat menjalin komunikasi dengan saya via pesan medsos. Mereka berkisah pengalaman masing-masing, saya bantu menuangkan dalam bentuk tulisan.
dr. Prabjot Singh, team NS yang ditempatkan di Long Pahangai  Kab Mahakam Ulu - Kaltim- dokpri

Bu Elisa Koraag bersama pembicara lain -dokpri

Malam ini kami bersua, di bidadari room Hotel Mercure Ancol Jakarta Utara. Persuaan yang seru dan menyenangkan, sekaligus sebagai ajang reuni. Keberadaan mereka di team NS memiliki jangka waktu, sesuai kesepakatan dengan Kementrian Kesehatan selaku penggagas program Nusantara Sehat.
Pada acara di malam yang istimewa, menjadi tempat "Curcol" team NS. Termasuk harapan pada Kemenkes, tentang bagaimana kelanjutan pasca tugas NS. Ungkapan apresiasi pada dinas kesehatan setempat disampaikan, yang cukup responsif ketika perlu tindakan cepat. Seperti saat penanganan ibu melahirkan, disediakan alat transportasi untuk dirujuk ke Rumah Sakit di kota.
O'ya, Blogger diwakili Bunda Elissa Koraag didapuk maju ke panggung. Sebagai blogger yang turut berkunjung ke Batam, Bun Cha sapaan akrabnya memiliki harapan. Setiap team NS menulis kisahnya, yang diyakini akan sangat inspiratif. Saya pribadi bisa merasakan, ketika berinteraksi via chatting. Kisah mereka tentu menggerakkan hati, niscaya pembaca tersentuh dan peduli dengan suadara sebangsa.
Harapan blogger mendapat respon, saat ini sudah disiapkan website khusus oleh Kemenkes. Nah, website ini bisa diisi oleh setiap team NS bercerita.

Tak terasa dua jam berlalu, acara yang santai dari kita untuk kita sampai di ujung. Malam mulai meninggi, saatnya kami berpamitan. -Sukses selalu untuk team NS- 

4 komentar:

  1. Waahh ketemu lagi sama Jemris dkk ya, Mas. Itu semua NS di seluruh Indonesia kah yang datang kesitu?

    BalasHapus
  2. Iya mbak Dewi,NS penempatan seluruh Nusantara

    BalasHapus
  3. Seru ya kalo reuni gini, obrolannya bisa nggak selesai-selesai nih. Kerennya mbak Icha :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA