2 Apr 2017

Tips Membeli Mobil Bekas #mobil123

Ki- ka ;   Joe Dische (Chief Finance Officer dari PT iCar Asia), Hendrik Wiradjaja, Deputy Marketing Director dari PT. Hyundai Mobil Indonesia, Halomoan Fischer Lumbantoruan, Chief Operational Officer dari  Mobil 88,  ammish Stone (Chief Executive Officer dari PT iCar Asia)

Pasar mobil bekas tidak ada matinya, karena kebutuhan akan kendaraan juga tak ada habisnya. Sebagian besar orang memilih keputusan, membeli mobil bekas dengan aneka pertimbangan. Meski begitu harus mempertimbangkan, kelebihan dan kekurangan sebelum membeli mobil bekas.
Saya masih ingat, saat berniat membeli mobil pada enam tahun lalu. Bersama istri berunding, membeli mobil baru atau bekas. Karena baru pertama hendak memiliki mobil, kami putuskan membeli mobil second.
Pertimbangan terbetik saat itu, saya belum lancar stir mobil dan menghemat dana. Dengan membeli mobil bekas, dana di tabungan masih bisa disimpan. Kebetulan kami beli dari saudara ipar, jadi lebih mudah kalau ada masalah dengan roda empat.
Sungguh, keputusan saat itu berdasarkan isnting dan feeling saja. Tak ada pertimbangan lain, mengingat saya dan istri awam. Setelah tahun demi tahun berjalan, tindakan yang kami lakukan ternyata tidak salah. Pencerahan saya dapati, saat mengikuti acara Blogger Gathering mobil 123 Portal Otomotif no 1.
Pak Haloman Fischer Lumbantoluan, selaku Direktur Perseroan mobil 88 memberi pemaparan dalam acara Blogger Gathering.
Mobil 88 berdiri pada tahun 1988, merupakan bagian dari Astra Group yang kita kenal sebagai perusahaan besar dibidang otomotive. Mobil 88 melayani customer di 21 cabang, tersebar di 9 kota besar di suluruh Indonesia. Terbanyak ada di Jakarta 10 cabang, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Pakembang, Pekanbaru, Denpasar dan Balikpapan.
Mengapa mobil bekas?
Ada 3 alasan utama mengapa konsumen membeli mobil bekas

  1. Harganya lebih murah ; bisa mendapat mobil dengan fitur yang sama dengan harga lebih murah.
  2. Kendaraan bisa langsung pakai ; Kalau sudah cocok dan dibeli cash , kendaraan bisa langsung pakai. Hal ini tidak bisa pada mobil baru, karena musti menunggu proses pengurusan dokumen.
  3. Tingkat depresiasi rendah ; Penyusutan harga mobil dari tahun ke tahun semakin kecil. Misalnya pada tahun pertama pembelian turun 20 juta, maka pada tahun berikutnya harga turun lebih kecil. Tingkat depresiasi ini biasanya dimanfaatkan, sehingga penjual tidak terlalu menanggung rugi.
Namun membeli mobil bekas ada resiko.

  1. Sudah dipakai orang sebelumnya ; akibat pemakaian tersebut ada resiko yang timbul. Misalnya dari pemilik sebelumnya, ternyata mobil bermasalah dengan hukum pemilik ( seperti kriminal, penyucian uang) maka mobil bisa disita pihak berwenang.
  2. Kerugian Material ; Pada saat membeli mobil bekas dengan harga normal, tetapi ternyata mobil pernah (misal) tabrakan atau eks terkena banjir. Kejadian seperti tersebut, membuat struktur mobil berubah, harga bisa jatuh sampai 60%.
  3. Ancaman Keselamatan, mobil yang trekena struktur kehilangan kenyamanan, biasanya keseimbangannya tidak stabil,
  4. Balik Nama Terblokir,  Apabila tersangkut kasus kriminal, akan bermasalah saat balik nama. Misalnya, tanpa diketahui mobil yang dibeli ternyata mobil curian.
Sampai hari ini pasaran mobil bekas masih besar, tetap harus dijaga dan berhati hati sehingga benefit didapat dan resiko dihindari” Pesan Haloman.
Hendrik Wiradjaya (duduk) dan Haloman -dokpri
Hadir sebagai pembicara kedua, Bapak Hendrik Wiradjaya selaku Deputy Marketing Director PT. Hyundai Mobil Indonesia.
Saya yakin anda pasti mengenal  nama Hyundai, perusahaan otomotive ternama. Autosafe Hyundai Used Car, berada dbawah naungan PT. Hyundai Motor Indonesia. Memberi kenyamanan konsumen yang membutuhkan mobil second.
Jaminan beli kembali mobil Hyundai selama tiga tahun, terhitung sejak tanggal terjadi pembelian. Patokannya adalah waktu dan batasan kilometer, tinggal melihat mana yang dicapai lebih dulu.
Autosave memberi kepercayaan dan rasa aman pada pelanggan, yang akan resale value used car Hyundai. Hal ini dilakukan Hyundai, demi meningkatkan credit value bagi brand Hyundai. Selain itu mendukung penjualan kendaraan baru, sebagai sebuah akseletrasi marketing.
Sebagai price setter untuk harga pasar mobil bekas Hyundai, serta menjadi pilihan alternatif konsumen yang menginginkan used car Hyundai.
Pasar mobil bekas yang kian marak, tak bisa dipungkiri ada “permainan” oknum. Konsumen teruatama yang awam, bisa menjadi “sasaran” orang yang tidak bertanggung jawab. Membayar uang lebih, dengan benefit yang sangat timpang.
Autosafe Hyundai Used Car, mempersembahkan program “Buy Back Guarante Hyundai”. Program yang mampu mengontrol harga jual beli, sehingga market tidak semena menentukan harga. Endingnya customer tidak dirugikan, medapat harga yang pantas dengan mobil yang sesuai.
Buy Back Guarantee dijalankan sejak 2005, dengan mengkategorikan beberapa type. Manfaat bagi calon pembeli, bisa memprediksi value mobil bekas pada tahun pertam kedua dan seterusnya.
Bagi anda yang hendak membeli mobil bekas, ada baiknya mempraktekkan tips yang dipaparkan narsum. Kalau tidak mau ambil resiko, sebaiknya membeli di tempat yang sudah terpercaya.-salam-
Blogger Gathering mobil123 -dokpri

36 komentar:

  1. Beli mobil bekas juga tidak masalah asal tahu tips dan triknya ya Mas, maka kita bisa juga dapat mobil bekas yang masih bagus.

    BalasHapus
  2. ternyata pasar mobil bekas ga ada matinye...banyak yg berminat...maka tips sebagai panduan calon pembelinya sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju agar benefit didapat tetap bagus

      Hapus
  3. bermanfaat banget tipsnya ya. Apalagi saya baru tau ada situs mobil88 dan juga ada model bisnis Autosafe dari Hyundai yang menenangkan pemilik kendaraan negeri ginseng yang selama ini emang harganya ngga pasti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Autosafe Hyundai memotong rantai 'oknum' nakal

      Hapus
  4. pembeli sebagai raja sangat terasa ketika saya beberapa kali melakukan transaksi mobil bekas lewat mobil123 ini mang...makjleb lah pkoknya mah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mobil123 memberi yang terbaik utk konsumen ya kak

      Hapus
  5. Bermanfaat nih tips-tips yang dijabarkan untuk membeli mobil bekas dari event blogger gathering beberapa hari yang lalu. Jadi udah gak ragu lagi kalo misalnya mau beli mobil baru. :)

    BalasHapus
  6. Trimakasih om atas tips nya. Patut di coba n disegerakan nih. Beruntung bsa jadi bagian dari komunitas ISB dan Mobil123.com

    BalasHapus
  7. iya pak, ada plus dan minusnya. tergantung kita menyikapinya sih
    saya pribadi baru ngeh, ternyata beli mobil bekas banyak juga keuntungannya
    salah satunya, selain harga juga depresiasi yang rendah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asal tau tips dan trik benefit mobil bekas bisa didapat

      Hapus
  8. Wah sekarang saya jadi tau, kalau mau beli mobil bekas di mobil123.com saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, musti mencari portal terpercaya

      Hapus
  9. Boleh neh tipsnya, kali saja nanti saya mau beli mobil lagi ya. Amin

    BalasHapus
  10. Tipsnya cakep nih, buat catatan kalo mau cari mobil lagi

    BalasHapus
  11. Rata-rata pembelian mobil pertama sebuah rumah tangga biasanya mobil bekas dulu ya yang sesuai sama budget. Pastinya harus jeli banget milihnya.

    BalasHapus
  12. Tipsnya boleh juga Mas Agung, beli Mobil bekas ternyata banyak untungnya juga

    BalasHapus
  13. Setelah ikutan gathering Mobil123 jadi nggak khawatir lahi kalau mau beli mobil bekas, soalnya udah yau tips nya

    BalasHapus
  14. enaknya mobil bekas gitu ya, bisa langsung pakai dan ga usah menunggu proses plat nya jadi dan terpampang nyata hahaha, dan harga jual kembalinya pun akan lebih murah mobil baru tentunya

    BalasHapus
  15. wiii seperti biasa, tulisan mas Agung super lengkap dan informatif. Bagus banget nih infonya buat yang lagi nyari mobil bekas dan masih ragu ;p

    BalasHapus
  16. Mobil eropa oke juga lho yg bekas, rekomendasi eks bos dulu gitu.

    BalasHapus
  17. Wah, emang enak sih bli dr sodara, atau org yg kita kenal yaa :)

    BalasHapus
  18. beli mobil bekas cara aman begini nih

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya