Minggu, 13 Mei 2018

Jangan Sampai Ketipu, Banyak Beredar Tawaran Kerja di Danone Indonesia !

Danone Academy di gedung Cyber Jakarta Selatan - dokpri


Kalau mau mendapat informasi yang akurat, tentang lowongan pekerjaan di Danone Indonesia, jangan sampai tidak dari sumber yang tepat.
Satu diantaranya, bisa diakses melalui akun IG @Dancommunityid yang merupakan akun IG resmi dari Danone Indonesia.
Ketika saya mencoba intip, beberapa waktu lalu sudah dipublish lowongan pekerjaan di Danone Indonesia untuk  posisi ‘Human Resources Department.’

So, kalau kalian mau Kerja di Danone Indonesia, hindari mendapatkan informasi dari sumber yang tidak resmi atau tidak jelas.
Apalagi kalau ada point diminta trasfer uang, dijamin itu sebagai bentuk penipuan, logikanya kita bekerja untuk mencari uang, kok justru diminta setor uang duluan –aneh kan.

Saya cukup memahami, bagaimana dampak psikologis pencari kerja, setelah berusaha keras dan titik terang belum diraih.
Situasi ini kerap dimanfaatkan pihak mencari kesempatan dalam kesempitan, untuk mengeruk keuntungan pribadi.

Saya sendiri pernah merasakan, suka duka untuk mendapatkan pekerjaan. Waktu itu, cara melamar pekerjaan masih kirim surat lamaran melalui post (berarti saya sudah tua yak).
Tak kalah ribet persiapan mengirim surat lamaran, musti photo copy dokumen ini dan itu tak lupa menyertakan foto setengah badan ukuran 4 x 6.

Itu belum seberapa ribetnya, ada yang lebih ribet yaitu mengurus legalisir Ijazah bahkan ada yang mensyaratkan – dulu namanya --- Surat Kelakuan Baik dari Kepolisian (sekarang namanya SKCK).

Demi legalisir ijazah, saya musti balik kampung dan mengunjungi sekolah tempat menimba ilmu, demi mendapatkan stempel dan tanda tangan kepala sekolah.
Mengurus Surat Kelakuan Baik ke Kepolisian, musti minta surat pengantar dari RT tembusan ke RW baru dilampirkan di formulir isian Surat yang hendak diurus.

Menunggu datangnya surat balasan, tak ubahnya seperti menanti detik-detik pengumuman kelulusan sekolah.
Seminggu dua minggu berlalu, surat yang ditunggu tak kunjung tiba, akhirnya harapan pupus dan berusaha menguburnya. Hadeuh, ribet kan !

Jaman terus melaju, cara konvensional mencari pekerjaan mulai bertransformasi seiring dengan kemajuan jaman.
Kalau dulu, hunting lowongan pekerjaan melalui koran terbitan hari sabtu. Kini cukup lewat smartphone, mantengin situs lowongan pekerjaan atau medsos.

Meskipun masih dengan cara lamaran kerja konvensional, masalah penipuan lowongan pekerjaan juga sudah ada.
Penipuan lowongan pekerjaan –biasanya- menyebar dari mulut ke mulut, atau ada yang nekad kirim melalui pos dengan kertas surat berlogo perusahaan tertentu.

Penipuan di era digital menyesuaikan diri, tampil dalam kemasan digital dengan website atau akun medsos yang namanya dimirip-miripkan.
Iming- iming ditawarkan tak kalah menggiurkan, namun kejanggalan mulai terindikasi ketika pelamar diminta transfer sejumlah uang.

Danone Tempat Kerja Menyenangkan

Hari gini, siapa sih tidak kenal dengan Danone. Sebagai salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia, yang memiliki misi memberikan kesehatan kepada sebanyak mungkin orang.
Danone telah beroperasi di 160 negara, dengan jumlah karyawan mencapai lebih dari 100.000 orang di seluruh dunia.

Danone Indonesia, terdiri dari tiga kategori bisnis utama, yaitu Air minum dalam kemasan dan Minuman Non Karbonasi, Awal Kehidupan (Early Life Nutrition) dan Nutrisi Medis.
Memiliki 22 pabrik dan 2 mini plant, Danone Indonesia mempekerjakan lebih dari 15 ribu orang karyawan, berkomitmen menciptakan lingkungan dan suasana kerja yang ramah dan ramah keluarga.

Kebetulan saya punya saudara, yang bekerja di kantor pabrik Aqua di Sukabumi. Mendengar kesaksiannya, bahwa Danone tempat nyaman untuk bekerja , sontak saya amini.
Bagaimana tidak betah Kerja di Danone Indonesia, kalau kebutuhan karyawan untuk mengembangkan diri sangat diperhatikan.

Saya membuktikan kesaksian saudara tersebut, ketika terlibat dalam acara ‘Discovering Talent Management at Danone’ yang diadakan pekan kedua bulan Mei 2018.
Kegiatan yang melibatkan blogger ini, dirancang guna meningkatkan pemahaman masyarakat khususnya calon kandidat akan talen management yang telah dilakukan Danone Indonesia.
Program keren ini juga, dijadikan sarana menginformasikan beragam bentuk komitmen Danone Indonesia terhadap karyawannya.
searah jarum jam ; Danone Clinic, meeting room lt 12, Danlounge dan ruang lactasi lt 16 - dokpri

Sesi yang menunjukkan kenyamanan, adalah saat ‘Office Tour’ di lantai 12 dan lantai 16 Gedung Cyber 2 tempat Danone Indonesia berkantor.
Bagi karyawan yang sedang menyusui, tersedia ruang lactasi di lantai 16, yaitu ruang untuk memeras susu kemudian dikirim untuk bayi yang ada di rumah.

O’ya perlu diketahui, karyawan perempuan yang bekerja di Danone, berhak mendapatkan cuti melahirkan selama 6 bulan, sementara bagi karyawan pria yang istrinya melahirkan berhak mendapat cuti 10 hari.

“Danone menyadari bahwa 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK) adalah masa kemasan anak agar mereka tumbuh optimal. Parental Policy kami keluarkan untuk mendukung upaya pemenuhan hak perempuan dan anak atas pengasuhan dan tumbuh kembang yang baik dan sebagai upaya mendukung kualitas generasi Indonesia di masa depan,”ujar Evan Indrawijaya, HR Director Danone ELN Indonesia.

Sementara di lantai 12, terdapat banyak ruang meeting berbagai ukuran, Clinic dan ada juga Danlounge, tempat karyawan melepas penat menjelang pulang, bisa main PS4 atau bersantai sambil baca buku dan ngobrol.

gambar atas ; Evan Indrawijaya, gambar Bawah Corine Tap dan Gustavo - dokpri
Baik karyawan pria maupun perempuan, memiliki kesempatan yang sama untuk mengembangkan kemampuan dan karirnya.
Dalam kesempatan yang sama,  blogger diajak bertatap muka dengan Corine Tap – Presiden Direktur PT. Tirta Investama  (Danone-AQUA).
Di Danone Indonesia, kesempatan untuk berkembang tidaklah terbatas pada jenis kelamin baik pria maupun wanita. Saya adalah Presiden Direktur perempuan yang sangat merasakan dukungan yang diberikan oleh Danone Indonesia dalam mengembangkan karir saya.” Ujar Corine.

Beragam program talent management dipersembahkan, demi memastikan karyawan berkembang dan memberikan kontribusi terhadap perusahaan.

Apa saja programnya ?


  • Jaguar Program : Danone memberikan kesempatan bagi karyawannya yang berada di tingkat manajer untuk terlibat dalam proyek antar negara
  • Endeavor Program : ialah program pengembangan karyawan untuk menduduki posisi manager
  • International Assignment :  Secara regular mengirimkan karyawan ke Perusahaan Danone di Negara lain, untuk mendapatkan pengalaman internasional.  Dengan international assignment ini, mereka dapat membangun karirnya di lingkup yang lebih luas.
  • Talent assessment and development : Memastikan bahwa talent yang dimiliki  Danone sesuai dengan kriteria standar yang ditetapkan Danone secara Global, Danone melakukan penilaian dan mapping seluruh karyawan Danone Indonesia yang kemudian dikalibrasi oleh talent committee di tingkat departmen, business unit dan Negara (cluster).
  • Management Trainee : ialah program percepatan jalur karir, bagi para fresh graduate untuk menjadi pemimpin perusahaan, dimana mereka akan mendapatkan pelatihan, dukungan pengembangan diri dan terlibat dalam proyek-proyek menantang. Setiap tahunnya, Danone merekrut sekitar 60 Management Trainee dari universitas terbaik dari dalam maupun luar negeri dengan penempatan di departemen yang berbeda. Pelamar untuk program ini meningkat setiap tahunnya, tahun lalu lebih dari 40.000 pendaftar untuk program ini.


Saya juga menyadari bahwa karyawan yang bergabung di Danone memiliki tujuan lebih daripada sekedar bekerja, yaitu untuk belajar dan berkontribusi pada dunia yang lebih sehat.Saya berharap, dengan apa yang kami lakukan dapat menginspirasi karyawan untuk terus berkontribusi pada dunia yang lebih sehat serta berdampak juga terhadap masyarakat luas.” jelas Gustavo Hilden brand – General Manager Nutricia Sarihusada.

Bagi generasi millenial, saya yakin suasana yang ada di Danone sangat pas.  Selain sebagai tempat kerja yang menyenangkan, Danone tempat nyaman untuk bekerja.
Blogger 'Office Tour Danone Indonesia' - dokpri

1 komentar:

  1. mupeng sama karyawannya danone ih. hahahha.. bener bener di fasilitasi ya mas

    BalasHapus

Daftar Blog Saya