Sabtu, 10 Februari 2018

Visit Pabrik dan Merasakan Serunya Test Drive Mitsubishi Xpander



Mitsubishi Plannt Tour - dok WAG

“Awaaaaaas !!” reflek saya berteriak.
Mitsubishi Xpander tipe Ultimate, meluncur dengan kecepatan –lumayan--tinggi. Untuk test ABS atau Anti Lock Braking System, mobil sengaja melintasi jalan licin kemudian dilakukan pengereman mendadak.
Hal ini penting, guna menunjukkan bahwa roda tidak terkunci tapi beruntun. Dalam kondisi direm, pengemudi masih bisa mengendalikan mobil.

Saya duduk di jok tengah, mendadak urung duduk di kursi kemudi. Padahal, sebelumnya nama saya terdaftar sebagai driver.

Ya. Sesi test drive Mitsubishi Xpander –bagi saya—cukup menegangkan. Maklum, saya tidak pernah menyetir mobil dengan kecepatan (lumayan) tinggi—hehehe.

Satu dari empat lintasan test drive terlewati, tiga lintasan tak kalah seru. Tahan dulu, akan saya lanjutkan nanti.


Rabu, 7 Februari 2018
Team Blogger dari “Indonesian Social Bloggerpreneur” (ISB), sudah berkumpul di meeting point FX Sudirman dari jam 06.30 Wib.

Cuaca gerimis, sama sekali tidak menyurutkan langkah dan tekad bulat. Terbukti, --kecuali alasan force majour—kami datang tepat waktu.
Sepagi itu, Blogger ISB berangkat memenuhi undangan PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia melalui Mobil123 portal otomotif no 1
dokumentasi WAG

Perjalanan menuju Cikarang, ditempuh dalam waktu sekitar tiga jam. Meskipun jalan tol terbilang padat merayap, kami datang lebih cepat dari jadwal ditentukan.
Jam 11-an bus sampai di tujuan pertama, yaitu Rumah Makan Sederhana. Jadwal makan siang lebih awal, sekalian menunggu sholat duhur.

Setelah semua selesai, dibagikan kaos lengan panjang dan tanda pengenal. Blogger ISB masuk group D –satu group 20 angota--, nanti di lokasi acara bertemu dengan 3 group komunitas lainnya.

Dan perjalanan dilanjutkan menuju lokasi.
Gerimis belum sepenuhnya selesai, menyambut kedatangan blogger ISB  di Pabrik Mitsubishi Motors yang berdiri di atas lahan seluas 51 hektare.

Saat masuk ke lobby, tampak dua produk unggulan Mistubishi Indonesia dipajang. Adalah Mitsubishi Pajero Sport berada di sisi kiri loby, sementara di sisi kanan ada Mitsubishi Xpander.

Namanya juga Blogger, tidak afdhol kalau tidak berfoto-foto. Secara berkelompok, kami masuk dalam kabin Mitsubishi Xpander tipe Ultimate—nanti dinaiki saat test drive.
-00o00-

Bagi MMKSI, 2017 merupakan tahun berkesan untuk bisnis Mitsubishi Motors di Indonesia. Kami menjalankan pemisahan bisnis distribusi, pembangunan pabrik perakitan, dan peluncuran model kendaraan paling startegis dari Mitsubishi Motors Xpander,” Jelas Mr. Kyoya Kondo, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) saat memberi kata sambutan.

Kesuksesan peluncuran Mitsubishi Xpander, menghasilkan permintaan yang tinggi hingga lebih 50.000 pemesanan.
Sebegitu tinggi minat dan antusias konsumen Indonesia,  rela melakukan inden dan sabar menanti kedatangan Small MPV favorit ini—luar biasa. Konsumen indent, terhitung sejak bulan Agustus hingga akhir 2017.

Mitsubishi sendiri, saat ini mampu memproduksi, 1.000 – 2.000 an unit Xpander pada dua bulan pertama perakitan (September dan Oktober).
Kemudian pada November dan Desember, kapasitas produksi meningkat mampu mendekati angka 5.000 unit.
(kiri) Mr. Kyoya Kondo, (kanan) Mr.Takao Kato - dokumentasi pribadi

Menyambung sambutan pertama, Mr.Takao Kato, Presiden Direktur MMKI menambahkan, "bahwa pencapaian penjualan Xpander benar-benar di luar ekspektasi.Mitsubishi Xpander, hadir sebagai model yang benar-benar baru. Berencana untuk meningkatkan kapasitas produksi secara bertahap, untuk menjaga kualitas produk."

Ekspor Xpander telah disiapkan ke negara Asean, dalam beberapa bulan ke depan. Hal ini membuktikan, kualitas produk yang dihasilkan telah sesuai standar global Mitsubishi Motors.

Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi Xpander, turut hadir pada sesi presentasi. Menjelaskan spesifikasi produk, yang secara detil sangat dikuasai.
Konon tiga mobil Mitsubishi Xpander sudah nangkring di garasi rumah Rifat, satu unit lagi sedang dipesan menunggu untuk diantar.

“Dinamic Shield” menjadi identitas kendaraan Mitsubishi Xpander, dengan desain atraktif, bagian atap mengadopsi desain “Floating Roof.”
Desain Floating Roof, menciptakan kesan kabin yang lapang hanya dengan melihatnya. Sementara pada bagian roda, menggunakan velg 16 inch two-tone color terbesar di kelasnya memberikan tampilan yang gagah.

dokumentasi pribadi
Mitsubishi Xpander terasa spesial untuk market indonesia, penampilannya didesain cocok untuk generasi masa kini sekaligus bisa berkendara dengan nyaman.

Ada tiga titik lampu yang menentukan postioning mobil ini, yaitu bagian atap, lampu depan utama dan bemper.
Posisi lampu bagian dibemper tidak pada posisi rendah, standar futuristik yang diaplikasikan membuat lampu berada pada titik yang tinggi.

Mitsubishi Xpander, dikonsep dengan mesin 1500 cc, dengan tenaga yang cenderung memiliki porsi cukup baik.
Mesin berukuran kecil dan ringan, sehingga rendah getaran dan kebisingan, serta kebutuhan konsumsi bahan bakar yang efisien.

Handling nyaman dan stabil, sehingga nyaman digunakan di segala kondisi jalan, serta didukung sistem suspensi yang mengadopsi teknologi Lancer Evo X.

Tidak ketinggalan dilengkapi keamanan pasif, berupa Rise Body, Airbag di semua varian, Side Impact door beams, Pedestrian protection, seatbelt 3 titik di semua kursi serta ISO Fix.

00—00
Tour Visit menjadi sesi berikutnya, Blogger diajak menyaksikan langsung proses produksi. Sebelum berangkat, diberlakukan peraturan ketat, seperti tidak boleh membawa kamera, smartphone, voice recording dan alat eletronik lainnya.

Perlengkapan yang musti dipakai, adalah kaos lengan panjang, celana panjang, topi, kacamata serta sepatu yang menutupi seluruh kaki.

Serangkaian proses perakitan, menjadi pemandangan sepanjang pabrik. Mulai dari stamping, welding, painting, assembling hingga vehicle inspection prosess , sampai pada tahap akhir yaitu pengujian.
gooto.com
Nyaris semua proses di Pabrik Mitsubishi, mengandalkan tenaga robot, meskipun tenaga manusia tetap ada –porsi menyesuaikan.

Tidak terlalu lama meyaksikan proses perakitan, hanya beberapa menit dan langsung naik bus. Kemudian menuju lokasi test drive, menaklukkan lintasan yang dibuat Rifat Sungkar si Pembalap kebanggan Indonesia.
-00o00-

swafoto di dalam Mitsubishi Xpander - foto by Mas Ono
Rasa deg-degan –setelah melintasi rute pertama—belum selesai, kini rute kedua tidak kalah menantang.

Lintasan bergelombang di depan mata, dibuat persis seperti kalau kita melewati polisi tidur. Pada lintasan ini, saya bisa merasakan suspensi yang empuk.
Meskipun duduk di jok tengah, tidak merasakan guncangangan keras.

Dua tantangan terakhir segera dilewati, Mitsubishi Xpander berjalan zig zag kemudian berputar membentuk angka delapan.

Huuuh..., akhirnya selesai juga. Sesi tantangan test drive, yang mendebarkan dan memacu adrenalin. Kalau di suruh coba lagi, ya, MAU –hehehe.

70 komentar:

  1. Jalur test drivenya oke punya mas, jadi ngetesnya puas banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pwngin test tapi ga ngebut bisa ga ya :)

      Hapus
  2. Xpander booo, mobil keren, kece buat dipakai jalan jauh

    BalasHapus
  3. Dengkul nya keras nggak pas nikung angka 8 mas? Degdegser... Tapi asik

    BalasHapus
  4. ayo nyetirinnn..test ABSnya wani ra? :D

    BalasHapus
  5. Klo lagi di jalan liat expander lewat, hemmm bikin pengen. Hehe

    BalasHapus
  6. Mitsubishi terkenal bandel mesinnya, Mas. Kata temen temen sih. Xpander ini makin bikin keok merek lain walaupun dia muncul belaka. Bodi keren, fungsi optimal, cakep banget deh jd mupeng hehe. Harga jg relatif bersaing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. indentnya sudah sudah lima bulanan sekarang :)

      Hapus
  7. Sebelum launching kami sudah tertarik dengan mobil keluaran barunya Mitshubisi ini. Dulu pernah punya Lancer yang mesinnya bandel. Trus diganti karena butuh space yang cukup untuk membawa keluarga besar. Tapi sayangnya Xpander belum launching dan beli yang lain. Saat launching, kami langsung pingin tuker tuh mobil di rumah, dengan Xpander yang dari bodynya udah keren banget. Spesifikasi dan fiturnya gak kalah dengan mobil berharga 500 ke atas. kalau kata anakku, ini adeknya Pajero. Seneng ya bisa main ke Parbriknya dan test drive mobil impian semua orang ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menyenangkan dan menegangkan hehehe

      Hapus
  8. Cocok ini buat dibawa mudik. Anti seliiippp.

    BalasHapus
  9. Body oke mesin kuat semuanya luar biasa untuk Xpander

    BalasHapus
  10. Xpander emang top markotop ya... :)

    BalasHapus
  11. Oo kemarin ga jadi bawa XPander ya Mas. Emang ih, musti ngebut kemarin buat jajal ketangguhananya. Saya aja ampe pegangan, walo udah pasang seat belt ��

    BalasHapus
  12. seruuu, jalan2 informatif namanya nih. makasih yaa, jadi tau jg soal pabrik mitsubishi dan Xpander yg bikin ngiler ..

    BalasHapus
  13. Jadi tahu ya bagaimana sebuah mobil keren di rakit

    BalasHapus
  14. Mobil impiankuuu. Mobil keluarga yg muatnya banyak

    BalasHapus
  15. Keren ini expander! pengen juga nyoba test drive mobil kayak gini sekali2 hehe

    BalasHapus
  16. Mau banget punya mobil Mitsubishi Xpander. Kebutuhan masyarakat akan mobil lengkap fasilitas terjawab disini

    BalasHapus
  17. xpander dengan mukanya yang cakep dan pantatnya yang aduhai, benar2 menggoda untuk ditunggangi :)

    BalasHapus
  18. wow...wow... keren nih mobil. Lampunya jadi daya tarik tersendiri karena tinggi ya mas...

    BalasHapus
  19. Mobil idaman keluarga dengan interior yang Lux Dan glam. Tangguh.

    BalasHapus
  20. Ah senangnya bisa berkunjung kesana ke pabrik Mitsubishi.

    Saya pribadi suka mengamati sistem produksi apalagi produksi otomotif, terutama karena ingin melihat implementasi TPS yg demikian hebat diimplementasikan oleh Toyota.
    Kalau ada rencana plant visit lagi, ajak-ajak saya ya Mas...

    Salam dari saya di Sukabumi,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pantau di komunitas blogger mas

      Hapus
  21. Pengalaman seru ya mas, bisa liat pabriknya trus langsung nyobain mobilnya lumayan masih anget heee

    BalasHapus
  22. "Satu dari empat lintasan test drive terlewati, tiga lintasan tak kalah seru. Tahan dulu, akan saya lanjutkan nanti."

    waaaaah, iri banget, secara saya ga ikut, sim udah lama mati nih, belom diperpanjang hehehe

    BalasHapus
  23. test drive nya kurang lama ya... coba test drive nya sampe jakarta huehehehe

    BalasHapus
  24. Mobil impian aku nih Xpander, mitshubishi memang keren banget kalau buat mobil.

    BalasHapus
  25. Ini mah seru banget visitnya ya. Xpander idaman banget neh

    BalasHapus
  26. Xpander katanya jadi favorit nih, untuk nunggu mobilnya ada aja kudu PO berbulan2..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saking byk peminat sampai indent

      Hapus
  27. Seru ya Mas Agung bisa lihat langsung pabrik pembuatan mobilnya Mitsubishi.

    BalasHapus
  28. Wah. . keren nih Mas Agung berkesempatan ikutan test drive dan visit pabrik. Mitsubishi Expander. Memang harus diakui Mitsubishi berjaya di dunia otomotif Indonesia

    BalasHapus
  29. Deg-degannya cukup aku aja mas Agung, jangan kamu. Berat. Hahahai 🤣
    Eh ini lagi bahas deg-degan pas test drive loh yah. 😆

    BalasHapus
  30. Wah asyik ya bisa lihat langsung ke pabriknya. X-Pander futuristic banget bentuknya

    BalasHapus
  31. Wah kayaknya Pak Agung kebut-kebutan nih waktu test drive.

    BalasHapus
  32. Wah Asyik yaaa, Bisa berkunjung ke Pabriknya

    BalasHapus
  33. Mobil idaman aku banget nih hehe.

    BalasHapus
  34. bela2in kumpul setengah tujuh pagi, asyik ya bisa berkunjung ke pabriknya langsung dan dapet pengalaman seru

    BalasHapus
  35. Beruntungnya mas, bisa lihat langsung proses pembuatan mobil kece xpander ini

    BalasHapus

Daftar Blog Saya