23 Agu 2023

The Brandals Konsisten Suarakan Nurani Rakyat


The Brandals, band yang masih aktif hingga kini. Namanya hits di era 2000-an awal, dan baru-baru ini merelease album terbaru mereka. Dan single- single di album Era Agressor, bisa didengar di berbagai platform streaming digital.

Menariknya album Era Agressor, sebagai album yang paling tajam mengkritisi hal-hal yang terjadi di sekitar kita. The Brandals mencoba menyuarakan suara hati rakyat, menyampaikan kritik sosial dengan lantang dan tajam, tanpa kompromi.

Album ini mencakup berbagai isu, mulai dari perpecahan akibat Pilpres hingga kasus-kasus kekerasan dalam konteks militer, agama, dan antar golongan. Beragam drama dan peristiwa sosial politik yang terjadi di Indonesia terangkum di dalam Era Agressor.

Single “Retorika” dan “Suara Rumah Rakyat”, dua contoh judul lagu yang mewakili suara rakyat tentang kondisi akhir-akhir ini. Selain membingkai kondisi sosial politik, juga menyisipi lagu tentang pengalaman hidup para personelnya di 10 tahun terakhir. 

The Brandals sendiri, telah melewati jatuh bangun untuk bisa bertahan hingga kini. Bagi penikmat musik yang baru mengenal mereka, musti  mengintip album awal band ini. Group band yang berusia 20 tahun lebih, telah dibuatkan film dokumenternya. Film berjudul Marching Menuju Maut, merangkum sejak awal The Brandals terbentuk hingga era 2012-an.

Menampilkan sisi The Brandals yang liar tanpa sensor, disutradarai Faesal Rizal pada 2007 hingga 2012 silam.  Footage- footsge-nya, membuat penonton seolah melintasi zaman dan merasakan bagaimana The Brandals bertumbuh seiring perubahan zaman.

Tampil para personel dan mantan personel, seperti Eka Annash (vokal), Radit Syaharzam (bass), PM Mulyadi (gitar), alm Rully Annash (drum), Tony Dwi Setiaji (eks gitar), Bayu Indrasoewarman (eks gitar) dan Doddy Wiyono (eks bass). Juga tampak orang-orang dekat, seperti manajer hingga pengamat musik.

Merangkum perjalanan satu dekade pertama The Brandals dari 2001 sampai dirilisnya album DGNR8 (2011). Lalu apakah The Brandals yang dulu tetap seperti The Brandals yang sekarang, yang lantang bernyanyi mewakili suara rakyat?

Yuk saksikan film dokumenter Marching Menuju Maut, di Bioskop Online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA