10 Agu 2023

Healling Gratis di Danau Seputaran Jakarta

Jabodetabek, identik dengan kemacetan lalu lintas dan gedung pencakar langit. Rasanya penat saban hari dengan macet, maunya refreshing tipis-tipis saja. Agar stres menjadi fresh, sehingga lebih semangat berkarya dan lebih produktif.

Kabar gembira bagi warga Jakarta dan kota penyangga, tak perlu pergi ke luar kota menyiapkan biaya mahal.  Kalau sekadar melepas penat, ada banyak tempat refreshing murah meriah di seputar Jakarta.

Danau Srengseng  Hutan Kota ; Kalian yang sering lewat daerah Srengseng, utamanya Jl. Raya Haji Kelik - Srengseng, Krembangan Jakarta Barat. Bisa mendapati daerah sejuk, karena rerimbunan pepohonan. Tepatnya di Hutan Kota, hanya 300 meter dari Halte TransJakarta jalan Panjang Kebon Jeruk.

Tiket Masuk sangat terjangkau, dilengkapi fasilitas playgorund, di bagian tengah agak belakang ada Hutan kota dengan danau Srengseng-nya.  Berada di Hutan Srengseng, berbanding terbalik dengan suasana jalan panjang yang panas dan polusi. Ada kedamaian Danau Hutan Kota, terutama kalau sedang suntuk didera masalah kehidupan.

Danau Situ Gintung ; Danau Gintung atau Bendungan Gintung, pernah jebol pada awal tahun 2009. Pasca kejadian Pemda Banten bergerak cepat, merevilasi besar-besaran. Mengokohkan danau dengan pondasi beton, juga dibuatkan pompa untuk mengatur debit air.

Situ Gintung telah menjadi tempat wisata lokal, ramai pengunjung terutama minggu pagi atau hari libur lainnya. Di bagian inggir ada jogging track, cocok banget untuk olah raga atau jogging. Ada lokasi dijadikan tempat senam.

Untuk menikmati indahnya Danau Gintung, tidak perlu mengeluarkan uang. Bahkan sampai ke tengah danau, yang terdapat pulau gintung. Biasanya kalau senja, banyak warga sekitar memancing. Menikmati sejuknya udara danau, sembari menatap riak air tenang, tentu mengalirkan perasaan damai.

Danau Sunter ; Adalah salah satu danau tak jauh dari bypass Tanjung Priok - Jakarta Utara. Nama Sunter diambil dari sungai Sunter, yang artinya santer/banter (cepat/ deras). Danau Sunter cocok untuk berwisata, cocok sebagai tempat olahraga air dan atau memancing.

Kawasan Sunter sendiri dikenal sebagai kawasan perumahan elit, banyak pusat perbelanjaan, pertokoan, perkantoran, serta pusat pergudangan (karena dekat pelabuhan Tanjung Priok).

-----

Saya yakin, pasti masih banyak Danau ada di jakarta dan sekitarnya. Kalau kalian tinggal, atau tahu danau di sekitaran Jakarta, yuk komen di bawah. Mari berbagai informasi tentang lokasi wisata, memudahkan orang lain butuh rekomendasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA