7 Mei 2023

Memanfaatkan Hobi Sebagai Kekuatan di Pekerjaan

 

Tidak semua orang, bisa menemukenali kelebihan atau kekuatan super di dirinya sendiri. Padahal soal kelebihan diri, tidak melulu soal bakat terpendam atau kepintaran di satu bidang. Pun bagi orang dewasa, musti mengasah skill agar berkembang sejalan usia.

Episode DOMIKADO berjudul cita-cita, mengisahkan anak-anak yang berkumpul di Taman Domikado. Masing-masing bergantian, menceritakan apa cita-cita dan impiannya.

Kegiatan yang menarik, guna mengasah kemampuan kognitif tanpa batas usia. Menurut manajer rekrutmen di beberapa negara (termasuk Amerika dan Australia), beberap poin penting terkait hobi dan ketertarikan di luar dunia profesional menjadi penentu untuk memutuskan kandidat sebuah pekerjaan.

Kenapa dua poin ini dianggap penting?

Dengan mengikutsertakan hobi atau hal-hal yang diminati bisa menunjukan bagaimana kepribadian seseorang, sisi lain yang menyenangkan dan juga dinamika yang akan dibawa ke dalam tim.

Salah satu hobi yang patut disebutkan ketika mengirim lamaran kerja, misalnya bermain instrumen musik. Bisa bermain musik, menunjukan perbedaan dengan hobi sekadar mendengarkan musik.  Ada skill lain ditampilkan ketika bermain musik, proses belajar membaca not musik sampai berkoordinasi dalam grup.

Untuk kegiatan lain yang dianggap penting, adalah kegiatan atau berorganisasi voluntir alias pekerjaan sukarela. Banyak kegiatan sukarela yang bisa dilakukan terutama di bidang sosial. Sebut saja kegiatan bebersih sungai atau pantai untuk mengurangi potensi banjir di lingkungan sekitar. 

Nah, ternyata kemampuan atau kekuatan super bisa ada di mana-mana bahkan di kegiatan terkecil. Simak saja episode DOMIKADO ketika Cis-Cis diam-diam memiliki bakat terpendam yang ia tekuni sampai akhirnya berhasil menyelesaikan sebuah sweater.

Bisa juga mencontoh Cricket yang punya indera penciuman sensitif atau Beo yang tidak takut ambil komando di antara teman-temannya di Taman Domikado. Semua kekuatan akan berfungsi sebagai super power kalau kita bisa mengasah, memanfaatkan atau menggunakan semaksimal mungkin.

Jadi, jangan sampai kekuatan super tidak bisa dilihat orang lain karena kita tidak percaya dir menampilkannya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA