14 Sep 2022

Semangat Kolaborasi untuk Menguatkan Generasi Baru Industri Perfilman Tanah Air


Road to Jakarta Film Week (JFW), dibuka dengan acara luring. Kolaborasi JFW dengan SAE Indonesia, mengusung tema “Perspektif Film: Menonton Penonton” . Kegiatan diadakan di SAE Auditorium, Jakarta, menghadirkan Novi Hanabi, Program Manager JFW dan Anjas Artha Putra sebagai Sutradara dan Penulis Naskah.

“Hari ini sebagai pembuka, kami akan membahas tentang sudut pandang para pelaku industri film melihat karya mereka. Bahwa sebagai pelaku industri kita butuh memahami bagaimana sisi penonton menilai sebuah film,” ungkap Novi Hanabi,

Road to Jakarta Film Week dilanjutkan, dengan acara kolaborasi JFW bersama Lembaga Sensor Film (LSF). Berupa webinar dengan tema “Festival Film Sebagai Strategi Promosi Perfilman Nasional”. Dengan narasumber, Prof. Dr. H. Sjariefuddin Hasan, M.M., MBA. selaku Wakil Ketua MPR RI/Anggota Komisi I DPR RI, Rina Damayanti, Festival Director Jakarta Film Week, Tri Widyastuti Setyaningsih, M.Sn, Ketua Subkomisi Penyensoran LSF RI, Cornelio Sunny, aktor dan produser Film dan Edelin Sari Wangsa, S.Ds., M.Sn. dosen Universitas Multimedia Nusantara.

Rina Damayanti, berharap festival film 2022 lebih baik dari tahun sebelumnya, bisa menjadi momentum emerge atau munculnya kesempatan baru di industri film.  “Dengan kesempatan itu, maka akan sejalan dengan keinginan kita bersama, bahwa festival film dapat dijadikan strategi promosi perfilman nasional,” ungkapnya

Masih di rangkaian Road to JFW 2022, juga ada kolaborasi dengan Pacific Alliance - Indonesia. Yaitu pemutaran dua film pemenang Jakarta Film Fund 2021, “Ringroad” dan “One Night in Chinatown”.

Selanjutnya masih ada kolaborasi dengan Film & Animasi UMN, kegiatan luring diadakan di Gedung New Media Tower Universitas Multimedia Nusantara.

Mengangkat tema “Ngeri Ngeri Sedap: Behind the Film Publication”, dengan narsum Novi Hanabi, selain Manager JFW juga publisis film Ngeri-Ngeri Sedap, serta Content Creator akun @cinemuach.

Rangkaian Road to Film Week 2022 akan terus berjalan, seiring semakin dekatnya puncak Jakarta Film Week 2022. Dalam satu bulan kedepan, akan ada kolaborasi dengan sejumlah kampus.

Mengikutsertakan karya-karya film pendek terpilih mereka, yang bisa ditonton secara umum melalui Vidio.com. Setidaknya ada 24 judul film pendek terpilih, antara lain: JAP HD Office - Semarang, Color Film - Semarang, Mata-mata Project - Malang, Adoc Production - Aceh, Keep Roll Films in associate with Ravacana Films - Malang, Halaman Belakang Films - Palu, Kayu Hitam - Poso, MMD Creative - Malang, SAE Indonesia - Jakarta, BINUS Film & Animasi - Jakarta, FFTV Institut Kesenian Jakarta (IKJ) - Jakarta, dan International Design School (IDS) - Jakarta.

Update Jakarta Film Week 2022! Atau informasi terkait, bisa diikuti di www.jakartafilmweek.com dan instagram @jakartafilmweek, atau bergabung langsung di telegram ‘Info Jakarta Film Week’.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA