16 Sep 2022

Jangan Lewatkan “Jakarja Film Week’ di Bulan Oktober

 

Jakarta Film Week (JFW), festival film bertaraf internasional akan segera hadir bulan oktober> Kegiatan ini digelar daring dan luring, telah diawali dengan peluncuran JFW pada akhir pekan ini. Jakarta adalah kota yang merespon kegiatan ekonomi kreatif, memfasilitasi ruang dan kebutuhan film, baik dari penonton dan juga industri yang terus berkembang.

Jakarta Film Week kali ini mengusung tema Emerge, tema yang diinisiasi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta. Pemilihan tema berkaitan harapan baru, yang muncul pasca-pandemi.

Menurut Gumilar Ekalaya, Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta. Tahun kedua penyelenggaraan JFW, diharapkan menjadi wadah untuk emerge atau kemunculan baru bagi para film maker.

“Semoga di tahun-tahun berikutnya festival film bertaraf internasional ini tetap hadir meramaikan industri perfilman dan terus didukung oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta,” tutur Gumilar.

Jakarta Film Week 2022, memiliki dua program utama, yaitu program pemutaran film dan non pemutaran film. Selain itu ada sesi kompetisi, untuk penghargaan film panjang internasional, penghargaan film panjang Indonesia terbaik, penghargaan film pendek internasional terbaik, penghargaan film hasil produksi pemenang JFW, penghargaan film animasi pendek, dan penghargaan series orisinal yang tayang di OTT.

Untuk program non pemutaran film, terdiri dari, pelatihan untuk para profesional industri film, diskusi publik, ruang berbagi komunitas film, kompetisi ide cerita dan proposal terpilih akan mendapatkan dukungan produksi, teknis dan pelatihan.

Acara ini berkolaborasi dengan instansi edukasi film di Indonesia, berbentuk diskusi dan bincang dengan praktisi industri film.

JFW juga menayangkan film pendek secara eksklusif di Vidio.com, hasil kolaborasi instansi edukasi film di Indonesia, dan ruang pameran dan pertemuan untuk pekerja film, prakerja film, prakarsa teknologi, investor dan penonton.

Dengan program progam tersebut, menjadi wujud dukungan pada bangkitnya industri film pasca-pandemi. Tahun kedua JFW menghadirkan program-program baru dan program kolaborasi dengan berbagai mitra.

 

Jakarta Film Week diharapkan menjadi wadah bagi para pelaku industri film Indonesia, terutama di Jakarta agar semakin berkembang baik secara wacana, keterampilan juga pengembangan jaringan.

Selain itu dapat menjadi pemicu bagi industri film di daerah lain untuk semakin berkembang sehingga bisa meningkatkan kualitas industri film di Indonesia secara keseluruhan. Seluruh program dan informasi terkait Jakarta Film Week sudah dapat diakses di laman www.jakartafilmweek.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA