8 Mar 2017

Ingat Pisang Ingat Sunpride



Pisang Sunpride -dokpri
Sudah bukan rahasia lagi, brand Sunpride identik dengan Pisang Cavendish. Padahal kalau membuka sedikit saja pengetahuan, ada beberapa jenis buah lain berlabel Sunpride.
Hal ini tak lepas dari sejarahm sejak berdiri PT. Sewu Segar Nusantara (SSN) pada tahun 1995. Pada mulanya SSN focus pada Pisang Cavendish, belum ada buah lain ditangani.  Kemudian tahun 2003 berkembang, ekspansi pada jenis buah lokal lainnya. Pada tahun 2005 kembali melakukan terobosan, melakukan pengembangan dengan buah impor.
Komposisi buah lokal, yaitu 75% dari perkebunan di Lampung. Pada prosentase 15 %,  merupakan buah hasil sistem lokal partnership, sisanya buah impor sebesar 10 %.  Produck lokal partnership mencakup  buah Melon, Pisang Mas, Pepaya California dan Jeruk baby.
Lebih spesifik Produk Sunpride

  • ditanam di kebun sendiri dan sister company
  • Panen sepanjang tahun
  • Penerapan standar penanaman dan Proses Pasca Panen
  • Kualitas Terjaga

Khusus Pisang Cavendish, pembibitan dilakukan dengan metode kultur jaringan. Pisang jenis Cavendish, ditanam diatas lahan seluas 2.200 hektare. Mulai proses pembibitan sampai masa panen, membutuhkan waktu sekitar satu tahun.
Masa panen dikerjakan sangat teliti, buah pisang tidak boleh jatuh ke tanah. Pun quality control begitu berperan, dilakukan pencucian secara berkala dengan  diganti air. Hal ini dilakukan, untuk membersihkan getah agar bersih serta bebas jamur.
Pisang dipilih dan dipilah, sesuai standart untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Selain tampil dalam bentuk per-sisir, ada pisang single yang dikemas plastik. Demi memudahkan konsumen memilih, kalau kebetulan ingin lebih simple dan praktis.
Single Banana Cavendish -dokpri
Standart Product meliputi

  • Kemanisan
  • Tingkat Kematangan
  • Kualitas
  • Pisang Cavendish yang tampil menawan, dijamin bebas obat kimia atau disuntik apalagi diberi pewarna.
Hasil panen sunpride ditest secara berkala, setiap enam bulan sekali sample dikirm ke Scofindo. Hal ini dilakukan, untuk menjaga product Sunpride benar-benar aman.
Tahap penyimpan sangat diperhatikan, dengan menjaga kelembaban udara (H2o), temperatur, sirkukasi udara, kebersihan, cara simpan, O2 (oksigen) CO2 (Karbondioksida). Kondisi-kondisi ini  dijaga, sampai buah diterima oleh konsumen.
Tahap pengiriman tak kalah ketat, selalu dalam kontrol dengan tetap menjaga kelembaban. Suhu selalu dipantau, mobil juga dipantau melalui GPS sehingga terprediksi waktu tempuh termasuk kondisi lalu lintas.
Misalnya buah memerlukan waktu kirim dua hari, maka Sunpride mempersiapkan buah yang tahan lebih dari dua hari perjalanan.
Sedikit infomasi ini, membuat saya semakin melek dan paham. Mengapa Pisang Cavendish Sunpride, tampil begitu perfect dan menawan. Ternyata dibalik keanggunan pisang Sunpride, terdapat proses dan kerja keras luar biasa.
Saya jadi teringat satu kalimat "Hasil Tak Pernah Mengkhianati Usaha". Upaya maksimal SSN, membuat buah berlabel Sunpride identik dengan jaminan mutu. Konsumen tidak perlu bimbang, mengatakan dengan penuh keyakinan #BuahPastiSunpride (salam)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA